iklan banner

Nawarin Barang Dagangan Kok Kayak Gitu!

Kaprikornus pedagang itu berat, bener kadang masih disalahin, apalagi sengaja salah, dapat jadi target kemarahan pembeli yang maha benar. Pernah mengalami hal menyerupai itu? Saya yakin para pedagang pernah mengalami keadaan menyerupai itu ketika menghadapi pembeli yang kurang lezat buat diajak bertransaksi.



Nah kali ini saya mau dongeng pengalaman ketika berdagang, tapi bukan urusan sama pembeli aja.

Ceritanya temen lagi main di lapak dan duduk manis di belakang layar, maksudnya di belakang etalase. Terus ada pembeli datang, liat-liat barang dan saya tunjukkin satu per satu dan ku jelaskan apa adanya. Si pembeli kelihatan galau menentukan barang sampai ia meminta saya buat ngasih rekomendasi barang yang bagus.

Singkat dongeng si pembeli nurut sama saya dan membeli produknya, ia terlihat bahagia dengan pilihan yang ku rekomendasikan. Aku juga ikut bahagia daganganku laku. Tapi ternyata temenku memperhatikan prosesi penjualan yang saya lakukan dan sesudah si pembeli pergi, ia malah agak memprotes caraku jualan.

Temen : kau yah, jualan kok kayak gitu.
Aku : Kayak gitu gimana bro?
Temen : yang namanya jualan yang kau mengunggulkan produk yang kau jual, terus kau gak usah bilang kelemahannya. Ini mah, kau tunjukkin mana kelemahan dan kelebihannya sekalian, pembelinya jadi galau kan?
Aku : Lah emang harusnya kayak gitu kan? Pembeli harus tahu kelebihan dan kekuarangan barang yang mau dibeli.
Temen : kalo kayak gitu ya bisa-bisa gak laris daganganmu.
Aku : problem mau beli apa enggaknya kan urusan pembeli, tugasku ya cuma nawarin dan ngasih tahu kondisi barangnya.
Temen : ya gak usah jujur-jujur amat dong, pake trik dikit.
Aku : lah buat apa saya jualan kalo gak dapat jujur? Kalo terpaku sama duit, maka orang gak akan dapat berdaulat atas dirinya sendiri.
Temen : lah terserah.

Yah kira-kira menyerupai itu percakapannya, pada dasarnya beliau gak mau saya jualan terlalu jujur dan penginnya saya agak ngetrik dikit biar pembeli yakin dengan daganganku, tentunya dengan cara yang menurutku kurang baik.

Bagiku, pembeli harus mendapat haknya untuk mengetahui kualitas produk, mengetahui kelebihan dan kekurangannya juga. Itu gres adil! Kalo pembeli merasa ditipu alasannya yakni klarifikasi yang kurang, tentunya reputasi kita sebagai penjual juga akan menurun, bukan?!

Aku si bukan orang yang baik pake banget, apalagi orang yang suci. Tapi setidaknya sebagai seorang pedagang, saya berusaha untuk dapat berniaga dengan cara yang baik. Karena nyatanya Rasulullah SAW sudah memperingatkan kepada para pedagang semoga tidak curang.

Sumber http://wirausahakan.blogspot.com

0 Response to "Nawarin Barang Dagangan Kok Kayak Gitu!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel