iklan banner

Ini Ia 5 Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang

Daun bawang ialah salah satu jenis sayuran yang paling sering dipakai di dalam banyak sekali Ini Dia 5 Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang
Panduan cara menanam daun bawang

Daun bawang ialah salah satu jenis sayuran yang paling sering dipakai di dalam banyak sekali macam olahan masakan khas Indonesia. Dari masakan berat sampai cemilan, dari hanya menggoreng telur dadar sampai soup ayam kampung, semuanya biasanya memakai daun bawang sebagai penambah cita rasa masakan. Kali ini kami akan mengupas panduan mudah cara menanam daun bawang untuk Anda, selamat membaca.


Cara menanam daun bawang juga terbilang paling mudah, berbeda dengan cara budidaya bawang merah. Pada daun bawang Anda tinggal menancapkannya di lahan. Tanpa perlu repot menyemaikan bibit, bahkan ribet bikin naungan. Meskipun cara menanam daun bawang terlihat mudah, anehnya jarang sekali petani yang menanamnya. Hal ini justru menjadi kesempatan emas bagi Anda, alasannya ialah persaingan akan petani daun bawang sangatlah kecil padahal potensi pasarnya terbilang luar biasa.


Tahapan budidaya daun bawang ialah sebagai berikut,  pertama dimulai dari proses awal persiapan bibit, penanaman, perawatan, sampai penanaman. Untuk lebih jelasnya Kami akan bahas satu per satu tahapan cara menanam daun bawang untuk Anda.


Berikut gambar-gambar manfaat daun bawang untuk Anda ketahui terlebih dahulu :




5 Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang


Cara menanam daun bawang yang kami bahas ini dengan metode organik, jadi Anda tidak perlu repot untuk menambahkan pupuk jenis pupuk kimia lainnya.


1. Bibit Daun Bawang


Bibit terbaik untuk cara menanam daun bawang sebisa mungkin Anda mendapat bibit yang sudah berumur bau tanah dan sehat. Daun bawang yang sudah bau tanah sanggup ditandai dengan kondisi batangnya yang lebih tipis namun lebih padat dibandingkan daun bawang muda. Untuk daun bawang yang terdapat di swalayan biasanya masih berumur muda sehingga sebaiknya Anda mencari daun bawang pribadi kepada para petani yang biasa menanam daun bawang.


2. Mempersiapkan Media Tanam


Media tanam sebaiknya dilakukan pertama kali dalam cara menanam daun bawang. Sebab harus ada jeda waktu, minimal 2 sampai 3 ahad media tanam tersebut sudah siap sebelum Anda memulai waktu menanam daun bawang. Tujuan dari pinjaman waktu jeda tersebut ialah semoga racun tanah yang sanggup mengakibatkan penyakit pada tanaman daun bawang sanggup memuai terkena terpaan sinar matahari sebelum waktu menanam dimulai.


Hal ini perlu diperhatikan btul dalam cara menanam daun bawang. Sebab tanaman daun bawang termasuk jenis sayuran yang gampang terjangkit penyakit ibarat bercak daun yang usang – kelamaan akan menjadikan daun bawang menjadi layu kemudian mati membusuk. Pemberian jeda waktu sebelum waktu menanam daun bawang ialah salah satu tindakan preventif untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut pada tanaman daun bawang Anda.


Mengenai media tanam terbaik untuk cara menanan daun bawang ialah perpaduan antara tanah dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos. Perbandingan takaran media tanam tersebut ialah 50 pupuk kompos dan 50 tanah. Dan akan lebih maksimal bila Anda memakai pupuk kompos yang sudah matang atau sudah terfermentasi dengan baik.


Anda sanggup menentukan salah satu dari jenis pupuk kompos yang biasa dipakai oleh para petani antara lain :

 Pupuk kompos jerami

 Pupuk kompos serbuk grajen

 Pupuk kompos bekas media tanaman jamur

 Pupuk kompos limbah dapur

 Pupuk kompos dedaunan


Anda juga sanggup memakai alternative pupuk kascing sebagai adonan media tanam daun bawang Anda. Pupuk kascing ialah sejenis pupuk kompos yang berasal dari media ternak cacing tanah. Pupuk kascing yang sarat akan kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan tanaman daun bawang Anda sanggup didapat di toko – toko pertanian terdekat.


Setelah menentukan pupuk jenis pupuk kompos yang akan digunakan, maka hancurkan pupuk kompos tersebut sampai lembut benar sebelum dicampur merata dengan tanah berpasir dengan perbandingan 50 : 50. Setelah kedua materi tersebut tercampur merata, barulah dipindahkan kedalam media pot maupun polybag sebagai media tanam cara menanam daun bawang dan tempatkan di lokasi yang sanggup terkena sinar matahari langsung.


3. Cara Menanam Daun Bawang


Setelah media tanam siap dan telah didiamkan kurang lebih 2 – 3 minggu, selanjutnya Anda tinggal menanam bibit daun bawang tersebut. Benamkan bibit daun bawang kedalam media tanam sedalam 5 cm, kemudian tutup kembali dengan tanah, kemudian disiram dengan air secukupnya. Posisi tanaman ketika ditanam boleh tegak, maupun dimiringkan beberapa derajat asalkan posisi tersebut tidak merusak pengakaran dari bibit daun bawang itu sendiri.


4. Penyiraman dan perawatan intensif


Setelah final ditanam, tahap selanjutnya dari cara menanam daun bawang ialah dengan rutin menyiraminya semoga kebutuhan tanaman akan air sanggup tercukupi dengan baik. Penyiraman sanggup dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore ketika animo kemarau, serta cukup sehari sekali bila animo penghujan.


Daun bawang ialah salah satu jenis sayuran yang paling sering dipakai di dalam banyak sekali Ini Dia 5 Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang
pemeliharaan – cara menanam daun bawang

5. Penentuan Waktu Panen


Merawat daun bawang tidak serumit budidaya sayuran lainnya, asalkan Anda rutin menyiraminya, tanaman daun bawang Anda sudah sanggup dipanen pada ketika usia tanaman berumur 2 sampai 2,5 bulan.


Nah demikianlah cara menanam daun bawang, Jika sanggup menanam sendiri mengapa harus beli. Berkebun bermanfaat untuk mengisi hari libur Anda bersama keluarga dirumah. Untuk tips-tips lainya Baca : Solusi Cerdas Dilahan Sempit Gunakan Metode Hidroponik Ini




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Ia 5 Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel