iklan banner

Harus Termotivasi, Inilah 6 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Asia


Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia sangat penting untuk kita ketahui, alasannya ialah negara-negara tersebut akan sangat memotivasi bangsa, dan diri kita sendiri untuk senantiasa berjuang untuk memajukan mutu pendidikan.


Banyak sekali memang faktor penentu mutu penidikan, selain kurikulum, sarana dan prasarana, pendidikan, prestasi siswa, dan guru atau dosen, dan masih banyak hal lainnya lagi.


Melalui goresan pena ini, blog akan merangkum setidaknya ada 6 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Apakah Indonesia tercinta termasuk di dalamnya ? Mari kita cek bersama daftarnya di bawah ini .

Negara yang  Memiliki Sistem Pendidikan Terbaik di Benua Asia

1. Korea Selatan

Image via Istimewa
Negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia yang pertama akan kita bahas ialah Korea Selatan. Bukan cuma tingkat Asia, bahkan negara ini didaulat sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Korea Selatan juga bisa dibilang sudah sukses dalam bidang literasi.

Selain sistem pendidikannya yang bermutu, tingginya tingkat kesadaran para siswa untuk senantiasa terus berguru dan menyebarkan diri, membuat daya dorong yang begitu besar lengan berkuasa sehingga pendidikan di Korea Selatan bisa berkembang dengan sangat pesatnya.

Namun demikian, di Korea Selatan para pelajarnya tidak pernah mencicipi yang namanya hari libur, sehingga mungkin tidak sedikit yang merasa tertekan. Alasan besar lengan berkuasa ingin memajukan diri, bangsa dan negaranya ialah kekuatan utama sehingga mereka selalu semangat dalam belajar.

2. Jepang


Jepang merupakan salah satu negara yang telah menjajah negara kita tercinta. Sejarah mencatat, setidaknya selama 3,5 tahun negara ini menjajah Indonesia.

Dan tahukah sobat, ternyata Jepang juga masuk dalam nominasi negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Lebih dari itu, bahkan juga menjadi salah satu yang terbaik di tingkat dunia.

Dibandingkan ilmu pengetahuan, negara ini ternyata jauh lebih mengutamakan pendidikan moral. Sehingga tak heran, jikalau semenjak kecil warga negaranya sangat terbiasa hidup disiplin dan berkarakter.

Salah satu manfaat kemajuan pendidikan di negara ini, ialah kemampuannya dalam membuat aneka macam teknologi canggih, dimana kemudian produk-produk tersebut banyak dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jika kita menengok sejarahnya, sudah sepatutnya jikalau kita termotivasi. Seperti kita tahu, usai 6 hari sehabis dua kota penting di Jepang dijatuhi bom atom, yakni Nagaski dan Hiroshima, maka negara ini mengalah tanpa syarat pada Perang Dunia II yang berlangsung dari tahun 1942 sampai 1945.

Setelah itu Kaisar Hirohito yang bertahta dari tahun 1926 sampai 1989, optimis untuk berupaya membangun kembali bangsa dan negarnya yang telah porak-poranda tersebut. Upaya yang selalu diingat dan menginspirasi banyak bangsa di dunia, dimana ketika itu dirinya memerintahkan para mentri untuk menghitung jumlah guru yang masih hidup yang ada di Jepang.


Salah satu sumber menyebutkan, jikalau jumlah guru yang tersisa di negara tersebut ketika itu ialah empat puluh lima ribu orang. Saat itulah, kemudian Kaisar Hirohito bergeriliya untuk mendatangi eksklusif para guru tersebut, untuk memberinya perintah dan arahan. Rakyat Jepang pun menjunjung tinggi titah kaisar tersebut, dan dilaksanakan dengan penuh kesungguhan. Hingga kesudahannya Jepang pun perlahan-lahan bangkit, dan bisa mengalahkan negara-negara lain yang lebih dulu maju darinya.

3. Singapura


Meskipun singapura mempunyai luas negara yang sangat kecil, yakni hanya 721,5 km², namun siapa sangka jikalau negara ini juga masuk dalam jajaran negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia.

Pada dasarnya, pendidikan di Singapura tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, dimana negara ini juga mengadakan ujian nasional menyerupai halnya negara kita.

Namun, Singapura sangat fokus dalam memajukan pendidikan dasar, sehingga kemudian sanggup menjadi negara maju di Asia Tenggara.


4. Hongkong


Dalam hal sistem pendidika, Hongkong telah mengadopsi dan menyebarkan sistem pendidikan Eropa. Dimana sistem pendidikan ini mempunyai fokus pada pengetahuan, keahlian khusus, kemampuan interpersonal, praktik, serta aneka macam topik sosial budaya.

Sistem pendidikan Hongkong yang kompetitif telag menyebabkan para pelajarnya mempunyai jiwa persaingan yang tinggi. Selain itu, tingginya kualitas tenaga pendidiknya, juga telah membuat atmosfer bagi warga negaranya senantiasa meningkat.

5. Taiwan


Taiwan merupakan salah satu negara yang sistem pendidikannya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini salah satunya dibuktikan dengan tingginya minat mahsiswa absurd untuk kuliah di negara dengan ibu kota Taipei ini.

Dalam hal sistem pendidikan, negara ini memberlakukan pendidikan 10 tahun belajar, dan mengintegrasikan pendidikan SMP, SMA, dan SMK. Semuanya sangat tertata rapi dan tersistem sehingga segalanya senantiasa menjadi baik, khususnya dalam bidang pendidikan.

6. Finlania







Sebelum jadwal kuliah gratis dihapus, sistem pendidikan Finlandia sangat direkomendasikan dunia. Namun sehabis jadwal tersebut dihapus, peringkat negara ini pun kesudahannya turun menjadi nomor 6.
Itulah sobat Membangun Inspirasi, 6 negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia. Semoga dalam waktu dekat, negara juga bisa termasuk di dalamnya, bahkan bukan cuma tingkat Asia namun juga terbaik tingkat dunia.

Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Harus Termotivasi, Inilah 6 Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Di Asia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel