iklan banner

Contoh Soal Melukis Bayangan Pada Cermin Datar Yang Ada Matanya

Dari pertanyaan seorang anak Sekolah Menengah Pertama yang menghubungi aku melalui sebuah pesan singkat. Anak tersebut bertanya ' Bagaimana cara melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar, tetapi ada posisi matanya kak?'

Sebenarnya, untuk melukis benda pada cermin datar tidak terlalu susah. Anda harus benar benar memahami prinsip aturan Snellius. Sudut pada sinar tiba sama dengan sudut sinar pantul. Inilah yang diaplikasikan untuk melukis atau menggambar bayangan pada cermin datar. Baca dasar melukis bayangan pada Cermin datar: Langkah dan Cara Melukis Bayangan Benda (Titik) pada Cermin Datar.

Berikut kita contohkan, Akan dilukis bayangan lampu pada cermin yang dilihat oleh mata.
Di sini akan dipakai dua sinar tiba yang melalui benda dan dipantulkan oleh mata. Syarat berikutnya, sinar tersebut harus melewati benda. Perhatikan lagi gambar di atas, aku akan buat 2 sinar yang melewati benda.

Perpanjang garis pantulan masing masing di belakang cermin sampai berpotongan pada suatu titik.
Kemudian buatlah dari perpotongan tersebut benda yang serupa dengan benda pertama. Itulah bayangan pada cermin datar tersebut.

Cukup gampang bukan. Silakan dipahami dan biar anda dapat menggambar bayangan pada cermin datar jikalau ada soal dengan posisi matanya tersebut.
Sumber http://www.marthamatika.com/

0 Response to "Contoh Soal Melukis Bayangan Pada Cermin Datar Yang Ada Matanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel