iklan banner

Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo

 warna buahnya coklat muda hingga coklat bau tanah Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo
gambar khasiat & manfaat buah sawo

Rasanya manis, daging buahnya sangat lembut, warna buahnya coklat muda hingga coklat tua, itulah buah sawo. Penyebarannya sekarang sudah hampir ada di seluruh pecahan dunia. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengupas lebih jauh perihal manfaat buah sawo.


Sawo atau Achras sapota memang dikenal dengan buah dengan rasa manis dan disukai banyak orang. Namun agaknya masih banyak yang belum tahu manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah ini memiliki khasiat yang sangat banyak,  berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.


Sebelum  mengupas lebih jauh manfaat buah sawo. Ternyata buah sawo mempunyai beberapa jenis, diantaranya sawo manila merupakan jenis buah sawo terpaling terkenal di kasawan  Asia Tenggara, ada juga jenis sawo kecik, sawo duren, dan jenis sawo mentega.


Dan jenis yang satu ini yaitu sawo mentega atau Pouteria campechiana merupakan jenis sawo favorit banyak kalangan, lantaran daging buah menyerupai ubi, kekuningan dengan tekstur yang cukup lembut. Buah sawo dikenal dalam bahasa Inggris, yaitu buah Sapodilla , yellow sapote atau canistel.


Manfaat buah sawo tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Beragam kandungan mineral yang ada di dalam buah sawo diantaranya adalah Kalium, Natrium, Riboflavin, Niacin,  Kalsium, Magnesium, Fosfor, Seng, Asam Folat, hingga Zat Besi yang sangat baik untuk nutrisi badan Anda.


Belum cukup hingga disitu, buah sawo juga mempunyai kandungan beberapa Vitamin salah satunya ialah Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin E Vitamin C, serta Vitamin B1. Makara tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak mengkonsumsi buah yang kaya akan manfaat ini.


Berikut 8 manfaat buah Sawo :


1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat buah sawo untuk pencegahan osteoporosis dini. Dengan kandungan kalsium dan fosfornya ialah sebagai nutrisi untuk tulang Anda sehingga bisa mencegah pengeroposan tulang atau bersahabat disebut Osteoporosis.


2. Mencegah Berbagai Penyakit Mata

Kandungan vitamin A yang melimpah pada buah sawo sangatlah bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Mengkonsumsi secara rutin, manfaat buah sawo sanggup menjaga kesehatan mata.


3. Sebagai Nutrisi Kulit Anda

Dalam buah sawo terdapat Vitamin E yang sangat dibutuhkan kulit, berperan memperbaiki jaringan kulit rusak jawaban radikal bebas dan paparan sinar Ultraviolet. Manfaat buah sawo sanggup menciptakan kulit Anda semakin halus tentu dengan secara rutin Anda mengkonsumsinya.


Artikel Terkait : Manfaat Buah Sawo | Inilah Rahasia Menjaga Kebugaran Tubuh | Mengupas Peran Manfaat Buah dan Sayur !!


4. Mencegah Penyakit Wasir

Manfaat buah sawo sanggup terlihat dari kandungan serat yang tinggi. Buah ini sangat baik bagi badan Anda, untuk menghindari kurangnya asupan serat. Kekurangan serat dapat menyebabkan Anda terkena penyakit wasir.


5. Mengobati Diare

Manfaat buah sawo lainnya ialah membantu menghentikan mencret atau Diare. Dengan kandungan tannin dan senyawa polifenolik yang terdapat pada buah sawo bermanfaat sebagai anti inflamasi serta anti kuman penyebab Diare.


6. Mencegah Sariawan

Sawo juga sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Manfaat buah sawo sanggup memenuhi kebutuhan Vitamin C badan Anda sehingga terhindar dari penyakit Sariawan.


7. Sebagai Obat Disentri pada Anak

Jika anak terjangkit disentri, maka ambil saja sawo yang masih muda, tumbuk halus, tambahkan sedikit garam lalu dikonsumsi ramuan tersebut dengan takaran dua kali sehari.


8. Mengobati Penyakit Radang Mulut Akut

Manfaat buah sawo yang tidak kalah ampuhnya ialah sebagai obat radang lisan yang merepotkan makan Anda. Daun sawo sanggup Anda manfaatkan, basuh hingga higienis lalu direbus selama kurang lebih 10 menit dan gunakan air tersebut untuk berkumur.


 warna buahnya coklat muda hingga coklat bau tanah Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo
gambar khasiat & manfaat buah sawo

 warna buahnya coklat muda hingga coklat bau tanah Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo
gambar khasiat & manfaat buah sawo

Buah sawo juga mempunyai khasiat yang sangat manis untuk Ibu hamil. Beberapa manfaat buahsawo bagi ibu hamil ialah :



  • Buah Sawo yang banyak mengandung Vitamin C sangat manis dikonsumsi oleh Ibu hamil sebagai penagkal zat radikal bebas, dan meningkatkan imunitas badan biar terhindar dari banyak sekali macam penyakit .

  • Serat yang sangat melimpah dalam buah sawo juga merupakan asupan yang dibutuhkan bagi Ibu Hamil untuk mencegah penyakit sembelit yang biasanya hinggap di ibu hamil.

  • Manfaat buah sawo lainnya ialah Vitamin B pada buah ini terbukti efektif mengurangi muntah dan tanda-tanda mual yang sering dialamai oleh para Ibu selama proses kehamilan.

  • Kandungan Asam Folat yang dimiliki buah sawo juga sangat baik bagi pertumbuhan dan nutrisi otak janin di dalam perut Ibu hamil.


Namun demikian, khusus untuk para ibu hamil tidaklah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sawo dalam jumlah yang banyak, alasannya ialah kandungan getah dikhawatirkan akan mengakibatkan imbas samping bagi ibu hamil.


Selain banyaknya manfaat buah sawo menyerupai yang disebutkan diatas, ternyata lateks atau getah yang ada pada buah sawo sekarang dimanfaatkan sebagai materi dasar untuk menambal gigi berlubang. Demikian rangkuman kami tentang manfaat buah sawo.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel