iklan banner

Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini

gambar panduan cara menanam merica image Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini
gambar panduan cara menanam merica

Merica atau lada ialah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji yang dipanen dari flora dengan nama yang sama. Manfaat merica sebagai rempah-rempah penghangat badan sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia semenjak zaman dahulu, itulah kenapa bangsa Eropa pada masa kemudian berdatangan ke Indonesia sampai terjadilah kolonialisme yang diawali dengan mendaratnya bangsa Portugis pertama kali di Maluku.


Cara menanam merica tidaklah terlalu sulit, bahkan saking gampangnya flora merica hampir sanggup tumbuh di seluruh wilayah tropis di Indonesia. Budidaya merica yang dilakukan oleh para petani sebagai komoditi ekspor Indonesia.


Merica atau lada dari Indonesia sudah dikenal di seluruh dunia sebagai komoditi dengan kualitas terbaik. Maka jikalau Anda ingin mencoba untuk budidaya merica, potensi pasarnya sangat terbuka lebar dari pasar lokal sampai mancanegara. Selengkapnya inilah cara menanam merica, rempah kecil andalan ekspor Indonesia yang populer diseluruh dunia :


Syarat Tumbuh Merica



  • Cara menanam merica yang baik berada di lahan dengan curah hujan antara 2.500 – 3.000 mm / tahun.

  • Mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam / hari dengan suhu udara 20 – 34 derajat celcius.

  • Tahan subur dengan PH 5 – 7 , serta berada di ketinggian antara 300 – 1.500 meter diatas permukaan maritim merupakan lokasi yang tepat untuk cara menanam merica.

  • Contoh tanah yang baik untuk cara menanam merica antara lain jenis lateritic, utisol, podsolik, dan latosol.


Pembibitan Merica


Langah awal untuk cara menanam merica ialah memilih hibrida biar flora merica yang dihasilkan sanggup menghasilkan panen yang maksimal. Beberapa ciri bibit merica unggul antara lain :



  • Bibit merica bebas dari hama dan penyakit

  • Bibit berasal dari flora induk merica yang sehat

  • Kemurnian bibit merica terjamin

  • Untuk satu hektar lahan, dibutuhkan kurang lebih 2.000 bibit merica


gambar panduan cara menanam merica image Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini
gambar panduan cara menanam merica langkah pemilihan bibit

Mengolah Lahan Cara menanam Merica



  • Cangkul lahn sedalam 30 cm sampai menjadi gembur

  • Untuk tanah ber PH kurang dari 5, tambahkan kapur dolomite 500 kwintal pada lahan kemudian diamkan selama 4 ahad sebelum masa tanam dimulai

  • Berikan pupuk sangkar yang telah difermentasikan untuk menambah kesuburan lahan, dan diamkan kembali selama 2 ahad biar nutrisi tercampur tepat di dalam lahan.


Cara Menanam Merica



  • Cara menanam merica sanggup dilakukan dengan sistim monokultur maupun tumpangsari dengan jarak antar flora 2 x 2 meter.

  • Buatlah lubang tanam berbentuk limas dengan kedalaman 50 cm, ukuran bawah 40 x 15 cm, serta ukuran atas 40 x 35 cm.

  • Diamkan lubang tanam selama 2 ahad sebelum mulai menanam

  • Waktu untuk memulai cara menanam merica yang baik ialah di awal trend penghujan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari mengenai bibit yang gres ditanam.

  • Setelah bibit di tanam, taburkan pupuk kompos dengan takaran 100 gram / flora kemudian sirami dengan air secukupnya.


Tahap Pemeliharaan Tanaman Merica


Pembuatan Sulur

Buatkan atap di atas flora merica dengan materi bamboo atau kayu, kemudian ikatkan tali dari atap dan julurkan ke bawah sampai mengenai flora sebagai media untuk merambat.


Penyiangan Tanaman

Cara menanam merica juga diharapkan pencucian rumput atau gulma yang mengganggu di sekitar tanaman, lakukan penyiangan rutin setian 3 bulan sekali.


Perempelan Tanaman

Pangkaslah batang, ranting, maupun dahan flora yang layu atau terindikasi terjangkit hama penyakit untuk meremajakan flora merica.


Pemupukan Susulan

Seperti pada flora lainnya, cara menanam merica juga membutuhkan pemupukan susulan untuk menjaga nutrisi tanah biar tetap terjaga. Lakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali dengan pupuk sangkar atau kompos.


Penyiraman Tanaman

Untuk menjaga flora merica biar tumbuh dengan baik, maka lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali serta ciptakan drainase yang baik biar ketika trend hujan tiba, air tidak menggenangi lahan budidaya merica.


gambar panduan cara menanam merica image Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini
gambar panduan cara menanam merica pemeliharaan flora merica

gambar panduan cara menanam merica image Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini
gambar panduan cara menanam merica dan mengetahui buah siap panen

Panen Merica


Dengan mempraktekkan cara menanam merica yang sesuai dengan fatwa budidaya, maka Anda sudah sanggup memanen merica pada ketika umur flora menginjak usia 3 tahun. Ciri-ciri flora merica siap panen ialah tangkai biji atau buah mulai terlihat menguning serta warna buah kuning kemerahan.


Cara memanen merica ialah dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan memakai tangan. Dengan melaksanakan cara menanam merica yang benar, flora merica Anda sanggup terus di panen sampai usia produktif flora kurang lebih 8 sampai 15 tahun tergantung dari varietas bibit merica yang Anda tanam.


Demikianlah gosip singkat mengenai cara menanam merica, semoga bermanfaat. Baca juga artikel perihal panduan mudah budidaya flora lainya. Baca Selengkapnya..




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel