iklan banner

Cara Menanam Cabai Dalam Pot | Alternatif Bertani

gambar cara menanam cabai dalam pot image Cara Menanam Cabe Dalam Pot | Alternatif Bertani
gambar cara menanam cabai dalam pot

Budidaya cabe, jikalau Anda mendengar kata “budidaya” tentu yang terlintas yakni lahan? kebun? atau juga tegalan? Namun Anda tidak usah membayangkan terlalu jauh. Karena kali ini kami akan membahas bagaimana tips cara menanam cabai dalam pot.


Mengingat cabai yakni  salah satu jenis sayuran yang sangat penting untuk mengugah selera makan, tentu kebutuhan cabai mesti harus Anda sediakan dirumah tiap harinya. Meskipun belakangan ini harganya terus naik. Maka bagi Anda yang tidak mempunyai lahan, tidak usah kawatir. Simak berikut alternatif bertani dilahan sempit “tips cara menanam cabai dalam pot” untuk Anda baca..


Cara menanam cabai dalam pot sanggup Anda lakukan sendiri di halaman atau pekarangan rumah Anda. Caranya terbilang mudah, hampir sama dengan cara menanam tomat dalam pot ataupun cara menanam sayuran dalam pot lainnya.


Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda, cara menanam cabai dalam pot juga sanggup dimanfaatkan untuk menambah penghasilan Anda dengan menjual hasil panen tumbuhan cabai Anda. Cara menanam cabai dalam pot juga merupakan cara penanaman bagi Anda yang tinggal dikota besar, dimana ketersediaan lahan untuk bercocok tanam sudah sulit. Maka, cara menanam cabai dalam pot yakni salah satu solusi terbaiknya.


Cara menanam cabai dalam pot sanggup dilakukan bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi maupun dataran rendah yaitu dalam kisaran ketinggian 0 meter hingga 2000 meter diatas permukaan laut. Sedangkan suhu terbaik dalam budidaya cara menanam cabai dalam pot yakni 24 hingga 27 derajat celcius.


Berikut tahapan cara menanam cabai dalam pot yang sanggup Anda praktekkan sendiri disekitar rumah Anda. Sebagai rujukan kami akan memakai cabai keriting sebagai materi artikel ini, dikarenakan cabai keriting umumnya mempunyai tingkat perkembangan dan ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan varietas-varietas cabai lainya.


Panduan Cara menanam cabai dalam pot


a. Bibit Cabe

Cara menanam cabai dalam pot tahap pertama yaitu mendapat bibit unggul yang nantinya akan sangat menghipnotis hasil panen dari tumbuhan cabai Anda. Ada aneka macam jenis cabai rawit di pasaran, diantaranya varietas bibit unggul maupun varietas lokal.


Mendapatkan bibit cabai dengan kualitas unggul, terbebas dari segala macam hama penyakit, dan mempunyai hasil panen yang melimpah merupakan beberapa syarat utama pada dikala Anda menentukan bibit cabe. Setelah bibit cabai didapat, tahap selanjutnya yakni menyemaikan benih cabai tersebut.


b. Persemaian Benih

Setelah bibit cabai didapat, sebaiknya disemaikan terlebih dahulu sebelum ditanam di dalam media pot yang sebenarnya. Hal ini bertujuan semoga tumbuhan cabai sudah tumbuh tunas, serta untuk menyeleksi beberapa benih yang ternyata pertumbuhannya kerdil ataupun kurang maksimal.


Cara menanam cabai dalam pot untuk tahap persemaian benih sanggup dimulai dengan langkah – langkah :



  • Siapkan polibag ukuran 8cm x 9 cm , petakan tanah, dan daun pisang

  • Buatlah petakan tanah yang dicampur dengan pupuk kompos hingga merata.

  • Usahakan butiran tanah sanggup diolah sehalus mungkin semoga nantinya akar bibit yang disemai sanggup menembus dengan gampang ketika mencari nutrisi kedalam tanah.

  • Ketebalan petakan tersebut antara 5 cm hingga 10 cm.

  • Masukkan benih cabai kedalam larikan kemudian ditutup dengan adonan tanah dan abu, kemudian disirami dengan air secukupnya.

  • Tutuplah petakan tanah persemaian yang sudah ditanami cabai tersebut dengan karung goni berair hingga 3 hingga 4 hari.

  • Bibit akan mulai muncul sehabis umur tanam 4 hari, sehabis bibit keluar, ambil karung goni berair tersebut dan gantilah dengan pemasangan naungan buatanb untuk melindungi bibit gres dari sengatan sinar matahari maupun derasnya air hujan.

  • Cara menanam cabai dalam pot yang tolong-menolong yakni sehabis usia persemaian memasuki umur 4 minggu, pada dikala itu biasanya tumbuhan cabai sudah mulai berdaun hingga 3 – 4 helai.


c. Persiapan Media Tanam Dalam Pot

Cara menanam cabai dalam pot tentu saja juga membutuhkan persiapan media tanam itu sendiri. Siapkan pot ataupun polybag ukurang  > 30 cm, tujuan dari media pot yang besar yakni semoga media tanam bisa dengan baik menopang pengakaran tumbuhan pada dikala nanti tumbuhan cabai sudah menginjak usia dewasa.


Kemudian isi pot atau polybag tersebut dengan beberapa adonan tanah, pupuk kompos / kandang, arang sekam, dan juga sekam padi dengan komposisi 1 ; 1 ; 1 ; 1. Setelah semuabahan dicampur merata, langkah selanjutnya yakni mengayak adonan tanah tersebut semoga menghasilkan media tanam sehalus mungkin.


d. Cara Menanam Cabe Dalam pot

Setelah media tanam siap, selanjutnya yakni memindahan benih yang sudah mempunyai helaian beberapa daun tersebut kedalam media tanam pot. Pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari yang panas.


Pindaahkan benih cabai dengan hati – hati beserta dengan tanah yang masih menmpel bersama akar tumbuhan cabai tersebut kedalam lubang tanam di dalam pot tersebut. Kemudian tutup kembali dengan tanah semoga tumbuhan cabai yang gres tidak gampang roboh.


e. Perawatan Tanaman Cabe

Lakukan perawatan secara bersiklus untuk cara menanam cabai dalam pot semoga menghasilkan panen yang sempurna.  Lakukan pemupukan susulan rutin untuk menambah kekayaan unsur hara yang dibutuhkan tanamn cabai didalam pot tersebut. Pemupukan biasanya dilakukan 1 bulan sekali hingga masa panen tiba.


Tanaman cabai membutuhkan intensitas penyiraman ang cukup tinggi, rutinlah menyirami tumbuhan cabai dalam pot Anda setiap pagi dan sore hari. Cara menanam cabai dalam pot juga diharapkan adanya penopang tumbuhan semoga tumbuhan tidak gampang roboh. Biasanya awal pembuatan penopang pada dikala ketinggian tumbuhan cabai mencapai 20cm atau lebih.


gambar cara menanam cabai dalam pot image Cara Menanam Cabe Dalam Pot | Alternatif Bertani
gambar cara menanam cabai dalam pot

Cara menanam cabai dalam pot yaitu berkebun meskipun minim ketersediaan lahan. Akan lebih indah dan memuaskan jikalau Anda dapat memetik cabe sendiri bukan ? Selamat Mencoba




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Cara Menanam Cabai Dalam Pot | Alternatif Bertani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel