iklan banner

Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Terkenal Dikala Ini

gambar bunga kaktus mini nan eksotik image Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Populer Saat Ini
gambar bunga kaktus mini nan eksotik

Anda harus siap untuk mengantri kalau mengunjungi toko bunga Rizal di tempat Lembang, Bandung. Terlebih kalau ingin membeli bunga kaktus dalam pot hasil kreasinya. Bahkan di salah satu dinding toko bunganya tersebut, berderet daftar pesanan kaktus mini hingga Maret 2015. “ setiap tahun pesanannya rata-rata 35.000 pot bunga kaktus, sebagian besar untuk keperluan souvenir pernikahan,” ungkap Pria yang mempunyai nama lengkap Rizal Djafaarer ini.


Untuk memesan kaktus mini dalam pot kreasi Rizal, sebaiknya memesan dari jauh hari. Sebab Rizal dan ketiga anak buahnya hingga hari ini sudah kerepotan untuk memenuhi pesanan hingga bulan Maret 2015. “ sebaiknya pesan 3 bulan sebelumnya, apalagi kalo untuk souvenir, dari pada nanti pas program nikah souvenir bunga kaktus belum jadi kan repot,” begitu canda Rizal.


Pemintaan akan bunga kaktus mini berdasarkan Rizal terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan tahun ini peningkatannya mencapai angka 40%. Rata-rata Rizal bersama anak buahnya bisa memproduksi souvenir bunga kaktus hingga 3.000 buah setiap bulannya. “ kebanyakan sih buat program pernikahan, tetapi banyak juga yang pesan buat ulang tahun, program perusahaan, serta program keagamaan,” kata Rizal menceritakan asal pesanan souvenir kaktus tersebut.


Peluang Pasar Agri Bunga Katus Mini


Berdasarkan pengalamannya itulah, Rizal berani menyampaikan bahwa pangsa pasar  bunga kaktus mini masih terbuka lebar bagi siapa saja. “Sangat potensial, pasar souvenir kaktus sangat luas dan berumur panjang”,  ujar Pria yang telah membudidayakan tumbuhan kaktus semenjak 26 tahun silam tersebut.


Harga yang di tawarkan oleh Rizal kepada konsumennya beragam, mulai dari Rp. 7.500 hingga Rp. 20.000 tergantung besar kecil bunga kaktus serta tingkat kesulitan model kemasan yang diminta konsumen. Penjualan tumbuhan kaktus bagi Rizal terpelajar balig cukup akal ini mengalami peningkatan alasannya yakni tren akan kembali ke alam maupun global warming yang sedang di dengungkan oleh siapa saja.


Hal senada juga menjadi alasan bagi Rita untuk memesan souvenir bunga kaktus kepada Rizal menjelang pernikahannya bulan depan. “Saya sama calon suami setuju menentukan bunga kaktus untuk souvenir nanti, selain bentuknya yang lucu dan unik, hal ini sejalan dengan warta go green yang sedang marak,” ungkap perempuan yang bekerja di sebuah organisasi evakuasi lingkungan tersebut.


Tangan Kreatif Mengubah Bunga Kaktus


Salah satu daya tarik dari souvenir kaktus yakni bentuknya yang unik mempunyai keistimewaan tersendiri. Jenis- jenis kaktus yang paling diminati oleh para konsumen antara lain mammillaria compressa, chamaechereus sylvestrii, notocaktus scoppa, hingga gymnocallisium mihanovichii.


Rizal menempatkan jenis-jenis kaktus tersebut dengan kemasan yang berbeda-beda tergantung dari kemauan konsumen. “paling banyak sih dibungkus plastik mika, selain murah, plastiknya yang transparan sanggup memperlihatkan warna dan bentuk kaktus yang unik sehingga menciptakan konsumen tertarik,” ulas Rizal yang memakai plastic mika berbentuk bundar dengan panjang 14 cm dan diameter 8 cm tersebut.


gambar bunga kaktus mini nan eksotik image Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Populer Saat Ini
gambar kaktus bentuk souvenir rangkaian

gambar bunga kaktus mini nan eksotik image Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Populer Saat Ini
gambar kaktus mini bentuk souvenir rangkaian di hias pita

Untuk mempercantik dan memudahkan untuk membawa souvenir kaktus tersebut, Rizal juga memperlihatkan pita warna-warni sehabis kaktus tersebut di bungkus oleh plastic mika. “ kalo udah di masukin plastic mika dan di kasih pita, Anda beli seharga 7.500 rupiah itu terasa murah sekali alasannya yakni kecantikannya, hahaha,” kelakar Rizal yang mengerjakan kesemuanya itu dengan di bantu oleh tiga anah buah.


Untung Jutaan Rupiah Dari Bunga Kaktus


Ketika Kami menanyakan berapa omset yang diperoleh Rizal dari bunga kaktus, jawabannya benar-benar menciptakan Kami semua kaget dan setengah tidak percaya. “ Rata-rata omsetnya setiap bulan 22 hingga 25 jutaan lah, itupun alasannya yakni tenaga Kami sudah tidak bisa memenuhi pesanan bunga kaktus yang terus berdatangan,” ungkap Rizal tersipu malu.


gambar bunga kaktus mini nan eksotik image Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Populer Saat Ini
gambar kaktus mini bentuk souvenir

Hal tersebut memang diakui oleh ketiga anak buahnya yang ketika itu sedang menciptakan souvenir bunga kaktus untuk pemesan dari Surabaya. “Apalagi bulan-bulan demam isu nikah semisal rajab dan syawal mas, wah kalo Pak Rizal tidak menolak pesanan, bisa hingga lembur Kami mengerjakannya,” demikian kata Agus, salah satu anak buah yang sudah bekerja di toko bunga milik Rizal semenjak 5 tahun lalu.


Setiap lahan 100 m2 milik Rizal bisa menanam 17.000 hingga 18.000 pot bunga kaktus. Setelah masa perawatan selama tiga bulan, dan tingkat maut dari kaktus tersebut tidak lebih ari 25%, maka sebanyak 13.000 kaktus dalam pot siap untuk di jual oleh Rizal. Jika harga termurah di tingkat produsen yakni Rp.5000 saja, maka omset mencapai angka fantastis yaitu 21 juta setiap bulannya.


Sementara itu untuk pengeluaran yang antara lain untuk pembeliat pot, bibit kaktus, dan perawatan lainnya, Rizal mengeluarkan dana sekitar Rp. 5.500.000 setiap bulannya. Itu artinya pendapatan higienis Rizal sebagai pengrajin souvenir kaktus mencapai Rp. 15.500.000 setiap bulannya. Penghasilan Rizal dari kaktusnya ternyata bisa melebihi penghasilan rata-rata manager perusahaan di Indonesia. (Sumber : Trubus)


gambar bunga kaktus mini nan eksotik image Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Populer Saat Ini
gambar kaktus mini bentuk souvenir

Apakah Anda berniat memulai perjuangan souvenir bunga kaktus, tidak ada salahnya kalau Anda mencoba menekuni bisnis  tanaman bunga kaktus untuk merambah pasar souvenir.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Bunga Kaktus Mini | Bisnis Agri Terkenal Dikala Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel