iklan banner

Bimbel, Peluang Perjuangan Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Bimbel alias Bimbingan Belajar Bimbel, Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah TanggaAnda mencari peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga? Saat-saat kini ini memang merupakan kondisi yang cukup sulit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Harga-harga kebutuhan hidup yang terus melambung, pendapatan keluarga seringkali pas-pasan bahkan terkadang kurang.


Faktor tersebut mendorong banyak ibu-ibu rumah tangga turut membantu meringankan beban suami dengan menjalankan peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga. Usaha yang bisa mereka lakukan di rumah, sesuai passion, hobby dan kemampuan, tanpa mengganggu kegiatan utama mereka sebagai ibu rumah tangga.


Faktor lainnya, kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga sebelum mereka berkeluarga, mempunyai profesi sebagai perempuan karier dengan penghasilan yang cukup baik. Hal tersebut seringkali menciptakan mereka rindu untuk mempunyai penghasilan sendiri. Tak heran bila dikala ini, muncul banyak sekali jenis peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga yang berawal dari passion, hobby dan kemampuan.


Mungkin Anda salah satu dari sekian ibu-ibu rumah tangga yang terdorong ingin menghasilkan uang sendiri, sukses dengan peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga. Sehingga Anda tidak hanya berhasil membantu meringankan beban suami, namun juga mempunyai pujian tersendiri alasannya kesuksesan yang Anda miliki.


Baca Juga:

Usaha Mandiri Modal Kecil Dengan Kursus Bahasa Asing Rumahan


Dan bagi Anda yang mempunyai kelebihan menguasai bidang ilmu tertentu, mempunyai passion di dunia pendidikan dan anak-anak, serta bahagia mengajar, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk membuka bimbel (bimbingan belajar) kecil-kecilan.


Ya, mengapa tidak ? Kecil-kecilan dalam arti Anda tidak perlu space ruangan yang besar dan luas layaknya bimbel komersil pada umumnya. Anda bisa memanfaatkan ruang tamu misalnya, sebagai daerah untuk belajar.


Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan kelengkapan berguru mengajar seperti: papan tulis atau whiteboard, spidol boardmarker aneka warna dan penghapus untuk whiteboard. Ada baiknya bila Anda pun mempunyai buku-buku pelajaran referensi yang dipakai di sekolah-sekolah, sehingga Anda pun menguasai bahan yang akan Anda ajarkan kepada siswa siswi bimbel.


Sebelum memulai peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga ini, ada baiknya Anda melaksanakan survey terlebih dahulu. Survey tersebut akan membantu Anda dalam memilih target market, durasi kegiatan berguru mengajar, tarif mengajar dan mata pelajaran yang akan Anda ajarkan. Anda bisa memulai survey dengan mendata jenjang sekolah apa saja yang ada di sekitar lingkungan daerah tinggal Anda, jam masuk dan keluar sekolah, serta apakah pihak sekolah mewajibkan suplemen berguru di sekolah.


Selain itu, Anda juga perlu melaksanakan survey ke beberapa forum penyelenggara bimbel komersil untuk mengetahui durasi setiap kegiatan berguru mengajar, mata pelajaran yang diajarkan, serta tarif atau biaya yang dibebankan kepada siswa siswi, apakah dibayarkan setiap pertemuan, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap semester.


Setelah Anda mendapat data-data hasil survey, saatnya Anda memilih mata pelajaran apa yang akan Anda ajarkan kepada siswa siswi bimbel. Ada baiknya bila Anda fokus pada 1 (satu) atau 2 (dua) mata pelajaran, sehingga dalam hal penyampaian materi, Anda benar-benar menguasainya dengan baik, dan siswa siswi bimbel Anda akan lebih gampang mengerti dan memahami.


Selain itu, supaya proses berguru mengajar berjalan baik, efektif, nyaman dan menyenangkan, Anda bisa memberlakukan kuota maksimal siswa/siswi dalam tiap jenjang kelas, misalkan maksimal 5 (lima) orang per-jenjang kelas.


Dalam hal penentuan tarif mengajar, sebaiknya Anda cermat, sehingga tarif yang nantinya Anda bebankan ke siswa/siswi bimbel, sesuai dengan kualitas Anda dalam mengajar, dan tarif tersebut bersaing dengan bimbel komersil di sekitar lingkungan daerah tinggal Anda.


Baca Juga:

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin


Analisa Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Modal Usaha Bimbel Rumahan



  • Spidol, Whiteboard, dan Penghapus: Rp 500.000,-

  • Kursi: Rp 1.500.000,-

  • Buku Pelajaran: Rp 500.000,-

  • TOTAL: Rp 2.500.000,-


Operasional Usaha



  • Litrik dan Spidol: Rp 300.000,-

  • Lain-lain: Rp 200.000,-

  • TOTAL: Rp 500.000,-


Omset


Rp 5.600.000,- (Uraian di bawah)


Keuntungan


Rp 5.600.000 – Rp 500.000 = Rp 5.100.000,-


Sebagai gambaran, penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari perjuangan bimbel kecil-kecilan ini, yakni sebagai berikut. Tarif per-siswa per-pertemuan berkisar antara Rp 20,000 – Rp 35,000. Jika dalam 1 (satu) kali pertemuan mempunyai durasi selama 90 menit, dan 1 (satu) kelas maksimal ada 5 (lima) orang, maka Anda bisa mendapat penghasilan sebesar Rp 100,000 – Rp 175,000 per-pertemuan.


Andaikata sehari Anda hanya sanggup mengajar 2 (dua) jenjang kelas (misal kelas 2 dan 4 SD) yang terbagi dalam 2 (dua) pertemuan yang berbeda waktu belajarnya, maka dengan perkiraan jumlah siswa/siswi per-pertemuan yakni tetap 5 (lima) orang, maka penghasilan harian Anda berkisar antara Rp 200,000 – Rp 350,000.


Selanjutnya asumsikan Anda hanya bisa meluangkan waktu 4 (empat) hari dalam seminggu untuk mengajar. Maka, penghasilan Anda seminggu berkisar antara Rp 800,000 – Rp 1,400,000, atau dengan kata lain total penghasilan Anda perbulan berkisar antara Rp 3,200,000 – Rp 5,600,000. Angka yang dihentikan Anda remehkan bukan? Bagaimana, Anda tertarik mengajar? Peluang perjuangan rumahan untuk ibu rumah tangga ini tidak bisa Anda remehkan.


sumber gambar: infoloka.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Bimbel, Peluang Perjuangan Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel