iklan banner

Apakah Penghasilan Yang Anda Terima Sudah Pantas Dan Sesuai?

Saya sering mendengar teman yang punya honor pas-pasan dan merasa cukup, namun tak jarang ada yang punya honor berlimpah namun selalu mengeluhkan perihal nominal gajinya. Pun begitu dengan para pedagang, sebagian ada yang merasa cukup dan sebagian ada yang merasa kurang. Lalu bagaimana mengetahui kriteria pendapatan yang sekiranya pantas dan sesuai dengan pekerjaan kita selama ini?


Menurut saya, ada 3 faktor yang sanggup dijadikan rujukan untuk menilai apakah pendapatan kita memang pantas. Apa saja itu?

1. Kebutuhan anda tercukupi

Saya menyampaikan kebutuhan yang tercukupi alasannya ialah memang itulah sesuatu yang penting dalam hidup ini. Namun perlu diingat bila yang penting itu kebutuhan, bukan keinginan. Keduanya akan nampak sama bila anda tidak sanggup membedakannya.

3 kebutuhan pokok yang selama ini kita kenal yaitu sandang, pangan dan papan. Jika anda sanggup membeli pakaian yang pantas, makan sempurna waktu tanpa harus kelaparan dan punya rumah atau setidaknya masih lancar menyewa kontrakan, maka aku pikir honor anda masih aman.

Saya tambahkan kebutuhan di kala modern ini dari pulsa handphone, pembayaran iuran (misalnya BPJS) dan anggaran kondangan mantan :P. Dulu ini masih masuk dalam kategori yang bukan kebutuhan, namun kini sudah masuk ke dalam kebutuhan alasannya ialah kemajuan jaman dan memang diperlukan.

Sedangkan harapan anda, mungkin untuk jajan atau hiburan, bila sanggup terpenuhi sebagian kecilnya saja, maka pendapatan anda sudah lumayan.

2. Anda dijauhkan dari utang

Kebutuhan terpenuhi dengan baik tanpa anda harus gali-tutup lobang untuknya, itu kan yang tolong-menolong anda butuhkan untuk hidup tenang. Gak ada yang ngetuk pintu mau nagih utang, gak harus alesan ini dan itu untuk menolak bayar hutang dan gak perlu kabur atau sembunyi dari penagih hutang.

Masalah hutang ini tolong-menolong bukan alasannya ialah semata-mata akhir mepetnya kebutuhan, namun lebih kepada administrasi keuangan anda. Saya punya teman yang gajinya tidak mengecewakan besar, toh duitnya habis terus dan hutangnya kemana-mana, bukankah memalukan?!

3. Tabungan anda terus terisi

Setelah kebutuhan terpenuhi tanpa harus berurusan dengan utang, maka ada poin terakhir yang berdasarkan aku penting. Anda harus punya tabungan dari sisa pendapatan anda, setidaknya sebulan sekali. Entah itu hanya puluhan ribu, ratusan ribu atau jutaan Rupiah setiap bulannya, tabungan anda akan memilih seberapa layaknya pendapatan anda selama ini.

Saya pernah punya penghasilan di kisaran 1jutaan, dari penghasilan itu aku sanggup menabung di kisaran 100-300ribu per bulan sampai sanggup aku gunakan untuk membeli sesuatu yang nominalnya tidak mengecewakan besar. Saya juga tak perlu utang ke tetangga saat ada kebutuhan mendadak menyerupai untuk berobat dan lain sebagainya.

Tabungan itu sangat penting, maka sebaiknya kita menekan pengeluaran dengan seminimal mungkin demi sanggup memperbesar jumlah uang yang sanggup ditabung setiap bulannya.

Itulah kriteria yang sanggup memilih seberapa layaknya jumlah penghasilan kita selama ini. Namun kembali lagi pada faktor 'jatah dari Tuhan', berapapun yang kita dapatkan tolong-menolong sangatlah cukup, tergantung bagaimana kita mengelola keuangan kita sendiri. Penuhi kebutuhan, jauhi utang dan perbanyak tabungan kita.

Sumber http://wirausahakan.blogspot.com

0 Response to "Apakah Penghasilan Yang Anda Terima Sudah Pantas Dan Sesuai?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel