iklan banner

Apa Saja Ciri-Ciri Ekonomi Di Indonesia ?

 Sistem ekonomi nasional yang menurut  Pancasila dan Undang Apa saja ciri-ciri Ekonomi di Indonesia ?
Sistem ekonomi nasional yang menurut Pancasila dan UUD 1945 disusun untuk mewujudkan demokrasi ekonomi dan dijadikan dasar pelaksanaan pembangunan ekonomi.
Sistem ekonomi nasional mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Perekonomian disusun sebagai perjuangan bersama menurut asas kekeluargaan.
  2. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai negara.
  3. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai pokok-pokok kemakmuran rakyat dikuasai oleh negara dan dipakai untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
  4. Sumber kekayaan dan keuangan negara dipakai dengan permufakatan forum perwakilan rakyat dan pengawasan terhadap kebijaksanaannya ada pada forum perwakilan rakyat pula.
  5. Perekonomian tempat dikembangkan secara harmonis dan seimbang antar tempat dalam satu kesatuan perekonomian nasional. Dengan mendayagunakan potensi dan tugas serta tempat secara optimal, dalam rangka perwujudan wawasan nusantara dan ketahanan nasional.
  6. Warga negara mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
  7. Hak milik perseorangan diakui dan pemanfaatannya dihentikan bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
  8. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
Dalam demokrasi ekonomi yang menurut Pancasila harus dihindarkan hal-hal berikut.
  • Sistem free fight liberalism yang menumbuhkan eksploitasi terhadap insan dan bangsa lain. Sistem tersebut menimbulkan kelemahan struktural ekonomi nasional dan posisi Indonesia dalam perekonomian dunia.
  • Sistem statisme, ialah negara beserta apratur ekonominya bersifat dominan. Hal itu sanggup mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
  • Persaingan tidak sehat serta pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok. Hal itu menimbulkan aneka macam bentuk monopoli dan monopsoni yang merugikan masyarakat dan bertentangan dengan sila keadilan sosial.

Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Apa Saja Ciri-Ciri Ekonomi Di Indonesia ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel