iklan banner

Apa Perbedaan Paket Data Unlimited Dan Paket Data Kuota ?

Apa perbedaan paket data unlimited dan paket data kuota ?

Kartu perdana ketika ini mempunyai peraturan baru  yang dikeluarkan oleh KOMINFO yakni harus mempunyai NIK (nomor induk kependudukan) untuk melaksanakan pendaftaran kartu perdana, dan satu nomor NIK hanya sanggup dipakai untuk meregistrasi 3 nomor kartu sim yang berbeda. Kaprikornus pengguna sim card di tanah air tidak sanggup seenaknya saja buang dan pakai kartu begitu saja. Nah terkait hal itu kemudian bagaimana dengan kartu perdana yang hanya dipakai untuk internetan saja ? Apa iya harus gonta ganti kartu perdana ? Yah bagi sebagian orang yang biasa memakai kartu khusus paket data hanya memakai kartu sim nya hanya dalam beberapa waktu saja. Setelah paket data yang ada didalamnya sudah habis, kemudian kartu tersebut dibuang dan diganti lagi dengan kartu paket data yang baru. Namun hal itu sudah tidak sanggup kau lakukan lagi loh. Kaprikornus kau harus terbiasa dengan banyak sekali pilihan paket data yang disediakan oleh provider (operator) atau penyedia layanan internet.
Apa perbedaan paket data unlimited dan paket data kuota  Apa perbedaan paket data unlimited dan paket data kuota ?

Semakin hari penyedia/provider layanan internet menunjukkan paket data yang dibedakan menjadi dua jenis yaitu paket kuota dan paket unlimited. Kedua jenis paket data ini terang mempunyai perbedaan yang signifikan baik dari masa berlaku hingga kecepatannya. Nah sebelum membahasnya lebih lanjut apa itu paket data kuota dan unlimited ? Paket data kuota merupakan paket yang besaran datanya "dijatah" atau dibatasi dalam jumlah tertentu dan selama batas waktu tertentu. Dalam paket kuota seseorang sanggup memakai jatah kuota nya hingga habis dalam waktu tertentu. Namun jika  jatah kuotanya telah habis dipakai semuanya sebelum final masa penggunaannya maka paket data jenis ini sudah tidak sanggup lagi dipakai untuk mengakses internet. Jika dipakai untuk mengakses internet maka akan dikenakan biaya suplemen sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan oleh provider/penyedia layanan internet. Sedangkan paket data unlimited merupakan paket data yang penggunaannya "tidak terbatas" selama pemakaiannya masih dalam batas waktu paket tersebut, meski penggunaanya tidak terbatas namun dibatasi oleh batas pemakaian wajar  atau FUP ( Fair Usage Policy ) semisal ada paket data unlimited dengan FUP sebesar 2 GB maka kita akan diberikan kecepatan kanal penuh selama belum melampui batas pemakaian 2 GB, namun sesudah melampui penggunaan sebesar 2 GB maka kecepatan kanal internet akan diturunkan dalam batas standar yang telah ditentukan oleh provider layanan internet.

FUP ( Batas Pemakaian Wajar ) yaitu “batasan” dari paket internet unlimited yang diberlakukan oleh provider atau penyedia layanan internet sebagai syarat dan ketentuan bagi pelanggannya.
FUP itu mirip mirip jatah kuota dengan kecepatan maksimal yang sanggup kita dapatkan dari sebuah paket unlimited. Dan sesudah batas FUP sudah terlampaui/terlewati, maka kecepatan internet bakal diturunkan (dalam batas standar) sesuai yang ditetapkan oleh provider.

Pada paket data unlimited kita sanggup menggunakannya untuk mengakses internet selama paket tersebut masih aktif hingga batas waktu yang telah ditetapkan semisal 1 bulan, namun selama 1 bulan tersebut kita diberikan batas pemakain masuk akal ( FUP ) selama belum melewati batas pemakaian masuk akal tersebut kita sanggup mengakses internet dengan kecepatan penuh namun sesudah batas pemakaian masuk akal tercapai kecepatan untuk mengakses internet akan diturunkan hingga beberapa kbps sehingga waktu yang diharapkan (loading) untuk memuat sebuah halaman menjadi sedikit lama, sehingga banyak pengguna paket unlimited yang mengeluhkan lemotnya atau lambatnya kecepatan yang diberikan. Kaprikornus sesudah kita telah melewati batas FUP, maka kecepatan kanal internet akan dikurangi dengan signifikan walaupun kita akan tetap sanggup mengakses internet sesuka hati selama paket tersebut masih aktif.

Pada paket kuota kita sanggup menggunakannya untuk mengakses internet hingga jatah kuota kita habis. Jika kita sudah menghabiskan jatah kuota kita sebelum final batas penggunaan maka kita sudah tidak sanggup menggunakannya untuk mengakses internet dan jikalau kita ingin mengakses internet maka akan dikenakan biaya suplemen yang besarnya bervariasi untuk tiap provider penyedia service internet. Keunggulan pada paket kuota ini yaitu kita sanggup mengakses internet dengan kecepatan penuh selama jatah kuota kita masih ada. Selain kecepatan penuh untuk mengakses internet paket kuota biasanya menunjukkan bandwidth atau kuota yang lebih besar jikalau dibandingkan dengan "jatah" FUP (batas pemakaian wajar) pada paket internet unlimited.

Perbedaan paket kuota dan unlimited

Paket unlimited: 

  1. Terbatasnya kecepatan kanal internet (FUP)
  2. Tidak ada batasan pada besaran bandwidth data
  3. Kecepatan untuk mengakses halaman web membutuhkan waktu yang lebih usang jikalau FUP sudah terlampui
  4. Dapat dipakai untuk mengakses internet selama jangka waktu paket tersebut.
Paket Kuota: 

  1. Kecepatan penuh untuk mengakses internet selama jatah kuota masih ada 
  2. Bandwidth atau besaran data dibatasi 
  3. Kecepatan penuh untuk mengakses halaman web
  4. Jika kuota atau bandwidth sudah habis maka akan dikenakan biaya suplemen untuk mengakses internet

Nah itulah beberapa klarifikasi mengenai paket unlimited dan paket kuota. Tentu saja kedua pilihan paket tersebut mempunyai untung ruginya masing-masing. Karena memang diubahsuaikan untuk kebutuhan masing-masing pengguna. Pilihan paket berbasis kuota akan lebih menguntungkan jikalau kita tidak terlalu banyak memakai service internet (misalnya pengguna smartphone) alasannya yaitu lebih murah dan cepat. Namun pilihan paket kuota tidaklah cocok untuk para pengguna yang "benar-benar hidup tanpa batas berinternet" atau para pecandu d0wnl0ad dengan besaran bandwidth yang diatas rata-rata alasannya yaitu terbatasnya jatah dan akan dikenakan biaya suplemen jikalau telah melewati jatah tersebut. Sedangkan untuk paket unlimited sangat cocok bagi mereka yang "hidup dengan internet" alasannya yaitu "daya browsing" mereka tidak dibatasi, namun mereka juga harus sedikit bersabar untuk menunggu "loading" alasannya yaitu kecepatan yang dibatasi sesudah lewat FUP. Kaprikornus kalian pilih yang mana ? Keputusan ada pada palu hakim kalian masing-masing hhe. Sekian terimakasih.


Sumber http://mmustanger.blogspot.com

0 Response to "Apa Perbedaan Paket Data Unlimited Dan Paket Data Kuota ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel