iklan banner

Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia

Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia
Dalam badan insan terdapat begitu banyak tulang-tulang yang membentuk tubuh, dari ujung kaki sampai ujung kepala, terdapat jenis dan nama tersendiri, secara niscaya dikala insan beranjak cukup umur terdapat 300 tulang yang melekata pada badan manusia, untuk lebih memahami dan mengenal nama dari satu persatu tulang mari simak pembahasan dibawah..

Dalam badan insan terdapat begitu banyak tulang Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia

Baca juga bahan khususnya untuk persiapan SKB klik Pengertian Sendi Dan Macam Sendi

Tulang insan sanggup dibedakan menurut bentuk tulang, terdapat 5 penjabaran yang berbeda diantaranya ialah :
1. Tulang pendek
Namnya tulang pendek, niscaya secara anatomi ukuran benuk tulang ini niscaya pendek, ukuran tulang ini sepanjang lebar dan berbentuk dadu atau bundar, referensi tulang pendek antara lain : tulang carpal (tulang yang membentuk pergelangan tangan, tulang tarsal (tulang yang membentuk pergelangan kaki .
2. Tulang pipih
Dari namanya tulang pipih berarti sanggup diketahui bahwa tulang ini berbentuk pipih, tulang ini mempunyai ukuran yang sangat tipis, namun untuk tulang pipih bentuk dan ukuran sedikit berbeda dengan tulang yang lain alasannya ialah mempunyai variasi yang sangat banyak. Contoh untuk tulang pipih diantaranya ialah : tulang tengkorak (carnial), tulang dada (sternum), tulang belikat (scapula). Tulang rusuk (rib)
3. Tulang panjang
Tulang ini berfungsi sebagai penopang kerangka badan manusia, untuk referensi tulang panjang antara lain : tulang humerus, tibia, fibula, tibia, metatarsal,phalang.
Tulang humerus, uluna dan radius ialah tulang yang membentuk lengan.
Tulang femur ialah tulang paha
Tulang fibula adlah tulang pada betis
Tulang metatarsal ialah tulang pada telapak kaki
Tulang phalang ialah tulang jari-jari
Tulang metacarpal ialah tulang telapak tangan
4. Tulang tidak beraturan
Untuk tulang tidak beraturan bentuknya tidak sesuai dengan bentuk tulang yang lain, bentuknya cenderung tidak teratur tidak sesuai dengan tulang bentuk lain, Contoh tulang tidak beraturan ialah :
Tulang coccygeal adalah tulang ekor
Tulang sphhenoid ialah tulang pipi
Tulang veterbree ialah tulang belakang
5. Tulang sesamoid

Tulang sesamoid ialah tulang yang tertanam pada jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dan tulang, referensi tulang ini ialah tulang pada tempurung lutut atau sering disebut patella.

Sumber http://olagragasport.blogspot.com

0 Response to "Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel