7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda
Anda sibuk namun tidak ada satu pun pekerjaan yang selesai? Anda merasa punya sedikit waktu mengerjakan semua kiprah kantor?
Atau Anda sering pusing sebab di simpulan hari masih banyak kiprah yang belum diselesaikan?
Jika tanggapan Anda ya untuk satu pertanyaan di atas, Anda sanggup jadi belum produktif.
Guna membantu Anda meningkatkan produktivitas kerja, berikut ialah tujuh cara yang layak Anda coba.
1. Rencanakan apa yang akan dikerjakan
Biasakan diri untuk merencanakan pekerjaan Anda. Ada dua pendekatan yang sanggup Anda coba.
Pertama, merencanakan pekerjaan sehari sebelumnya. Kedua, merencanakan pekerjaan mingguan di Minggu sore atau malam.
Secara pribadi, saya lebih suka perencanaan mingguan. Mengapa? Karena saya sanggup memperoleh citra pekerjaan yang akan dikerjakan dalam seminggu ke depan.
2. Perkirakan waktu pengerjaan
Setelah merencanakan, perkirakan juga waktu untuk mengerjakan setiap kiprah atau pekerjaan. Akan lebih baik lagi kalau Anda menciptakan seni administrasi untuk menuntaskan pekerjaan tersebut lebih cepat.
Sebagai contoh, kiprah A diperkirakan membutuhkan waktu 3 jam. Buat seni administrasi untuk menuntaskan kiprah tersebut dalam 2,5 jam (setengah jam lebih cepat).
Dengan demikian. Anda mempunyai waktu luang untuk rehat sejenak atau mengerjakan kiprah berikutnya.
3. Fokus pada 3 kiprah terpenting
Sebagai karyawan, Anda mempunyai setumpuk pekerjaan yang harus diselesaikan setiap harinya, bukan?
Jika Anda stres memikirkan tumpukan pekerjaan tersebut, mulai kini hilangkan rasa tersebut. Yang pertama Anda lakukan ialah mengelompokkan pekerjaan tersebut menurut tingkat kepentingannya.
Setelah itu, fokus mengerjakan 3 kiprah terpenting dalam satu hari kerja. Biasakan mengerjakannya seawal mungkin, contohnya dari jam 8 hingga 11:30.
Mengapa? Karena pada waktu tersebut stamina dan konsentrasi Anda masih baik.
Bila tugas-tugas terpenting Anda sudah selesai, Anda sanggup mengerjakan tugas-tugas lain yang tingkat kepentingannya rendah.
4. Hilangkan gangguan
Serapi atau sebaik apa pun Anda merencanakan pekerjaan, semua itu tidak akan membantu kalau banyak gangguan.
Tidak ada jalan lain, Anda harus menghilangkan gangguan-gangguan yang akan muncul sehingga Anda sanggup fokus menuntaskan pekerjaan Anda.
Untuk tujuan tersebut, beberapa cara di bawah ini mungkin cocok bagi Anda:
- Pasang label “Jangan Menggagu” di pintu ruangan Anda
- Matikan atau senyapkan telepon genggam Anda
- Matikan koneksi internet ke laptop Anda
- Jadwal ulang rapat yang kurang penting
- Katakan pada teman kerja bahwa Anda sedang fokus bekerja
- Menghindari teman kerja yang malas
5. Delegasikan kiprah yang kurang penting
Cara lain untuk meningkatkan produktivitas ialah dengan mendelegasikan tugas-tugas yang kurang penting kepada bawahan Anda (jika Anda seorang atasan).
Ini penting sebab akan menciptakan Anda fokus kepada pekerjaan penting yang membutuhkan konsentrasi dan waktu Anda.
Di sisi lain, Anda juga menawarkan iman kepada bawahan untuk mengerjakan beberapa kiprah Anda.
6. Lakukan kaji ulang mingguan
Trik lain meningkatkan produktivitas kerja ialah dengan melaksanakan kaji ulang mingguan (weekly review).
Aktivitas ini gampang dilakukan sebab Anda tinggal membandingkan pekerjaan yang selesai dengan sasaran atau planning pekerjaan Anda.
Jika sasaran pekerjaan belum tercapai, Anda harus mengetahui penyebabnya. Di hari-hari berikutnya, hindari penyebab tersebut sehingga Anda menjadi lebih produktif.
7. Lakukan olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur sanggup juga meningkatkan produktivitas kerja Anda. Jamak diketahui, jam-jam kerja penuh tekanan dan membutuhkan konsentrasi tinggi sehingga badan Anda lelah.
Dengan berolahraga (misalnya seminggu tiga kali), stamina dan konsentrasi Anda akan terpulihkan. Karena itu, kalau Anda karyawan yang bekerja dari pagi hingga sore, jangan tidur sepulang kerja.
Upayakan berolahraga minimal 30 menit, contohnya dengan jalan kaki, lari, atau bermain futsal.
Penutup
Meningkatkan produktivitas kerja memang membutuhkan seni administrasi tertentu. Anda perlu mencoba bermacam-macam cara sehingga menemukan cara yang cocok untuk lebih produktif.
Sebagai permulaan, tidak ada salahnya kalau Anda mencoba ketujuh cara di atas. (Sumber gambar: Leonardo Rizzi)
Sumber https://www.duniakaryawan.com
0 Response to "7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda"
Posting Komentar