iklan banner

6 Cara Memulai Perjuangan Makanan Dengan Food Truck

Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck 6 Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food TruckBagaimana cara memulai perjuangan masakan dengan konsep food truck? Belakangan bisnis makanan dengan model food truck mulai menjelma animo di Indonesia. Konsep ini gotong royong diadopsi dari ide bisnis serupa yang sudah terlebih dulu berkembang pesat di Amerika. Di beberapa negeri asalnya, perjuangan macam ini sudah berkembang kolam cendawan di musim penghujan. Dan kelihatannya inilah yang menginspirasi banyak pelaku perjuangan lokal untuk menjalankan bisnis serupa di indonesia.


Hanya saja kebanyakan orang masih meraba bagaimana cara memulai perjuangan masakan dengan konsep food truck. Konsep ini memang berbeda dari kebanyakan perjuangan masakan lain. Ketika perjuangan masakan biasa membutuhkan ruang perjuangan menyerupai restauran atau warung, maka perjuangan food truck membutuhkan ruang perjuangan unik berupa kendaraan berukuran sedang setara ELF atau malah ukuran bus dan mini bus untuk disulap menjadi ruang usaha.


Dari satu sisi kelihatannya bisnis masakan macam ini memang mempunyai banyak kelebihan. Lokasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi bahkan juga bisa berpindah ke area dimana pasar potensial dari produk Anda berkumpul yakni salah satu kelebihan utama dari bisnis ini. Usaha masakan dengan konsep food truck ini juga memberi Anda beberapa dispensasi menyerupai bebas biaya sewa ruang, bebas biaya operasional perjuangan yang berat.


Hanya saja tidak sesederhana itu pula cara memulai perjuangan masakan ini begitu saja. Tidak semudah bayangan Anda memulai bisnis ini dan memasak kuliner dan melayani konsumen di atas kendaraan. Karena itu kali ini kami akan membantu Anda menemukan 6 hal  terkait cara memulai perjuangan masakan dengan konsep food truck.


Baca juga: Analisa Peluang Usaha Food Truck


Cara Memulai Usaha Kuliner Dengan Food Truck


1. Pastikan Anda mendapat kendaraan yang masih bagus

Anda bisa saja menentukan bus atau minibus bekas untuk menekan biaya. Tetapi tetap pastikan Anda memperhatikan kondisi dan kualitas kendaraan yang Anda beli. Jangan hingga Anda mengabaikan kondisi mesin demi menekan biaya. Anda tentu tidak ingin perjuangan Anda kesannya tersendat hanya lantaran kendaraan Anda terus saja ngadat dijalan. Itu pula sebabnya jangan pernah abaikan dilema perawatan pada masa yang akan datang.


2. Tentukan pasar potensial Anda

Anda mungkin sudah mempunyai citra kuliner apa yang akan Anda sajikan dengan food truck Anda ini. Dan karenanya penting untuk kemudian Anda pelajari lebih lanjut, siapa sasaran pasar yang sempurna untuk produk kuliner tersebut. Apakah Anda akan pasarkan sebagai hidangan kelas high end atau kelas atas, atau justru Anda akan jadikan sebagai konsep kaki lima dengan harga murah meriah. Ini akan berkaitan dengan konsep Anda dalam menata ulang interior dan eksterior dari kendaraan Anda, materi baku yang Anda pilih, pengemasan dan harga.


3. Persiapkan konsep masak dan pelayanan

Bagian tersulit dari perjuangan masakan food truck yakni bagaimana memastikan Anda bisa menyiapkan hidangan dan melayani konsumen Anda dengan tepat, sesuai keinginan dan memuaskan konsumen. Keterbatasan ruang selalu menjadi kendala, sehingga ini harus menjadi perhatian utama Anda. Bagaimana tata display interior kendaraan Anda bisa mewadahi kebutuhan Anda untuk memasak dan melayani konsumen. Bagaimana standar operasi terbaik untuk Anda terapkan dalam proses operasional nanti. Tentukan pula konsep kemasan, desain truck, sumber suplai materi baku dan lain sebagainya dalam tahap ini


4. Manfaatkan pakar

Kadang Anda perlu menyisihkan sedikit dana Anda untuk mempersiapkan konsep perjuangan yang matang. Libatkan tenaga masak profesional untuk membantu Anda mendapat standar operasi yang tepat, libatkan andal interior untuk membantu Anda mendapat desain display yang paling nyaman dan efisien di dapur Anda, libatkan pakar teknologi untuk mendapat informasi lengkap teknologi untuk proses masak yang lebih efisien.


5. Pastikan dilema perijinan

Meski perjuangan Anda memang tidak mempunyai gedung permanen, tetapi kebanyakan kota di Indonesia juga menerapkan beberapa regulasi terkait perjuangan food truck. Pastikan perjuangan Anda sudah lolos semua regulasi yang ditetapkan sebelum kesannya perjuangan Anda hanya disita oleh pihak berwenang.


6. Promosikan dulu

Yang perlu Anda lakukan sebelum mulai duduk di belakang kemudi dan berdiri di belakang kompor Anda, yakni duduk manis di hadapan gadget Anda untuk mulai mempromosikan perjuangan food tuck Anda. Dan cara terpraktis dalam mempromosikan sebuah food truck yakni dengan media sosial. Promosikan menu Anda, truck yang sudah Anda dandani, informasikan lokasi-lokasi dimana Anda akan menggelar usaha, dan umumnya aktivitas promosi Anda, Pastikan Anda membangun komunitas di dalam dunia maya untuk mendapat cukup perhatian di dunia nyata. Temukan pula event di kota Anda sebagai kesempatan emas berpromosi dan perkenalan produk.


Itulah 6 hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebagai cara memulai perjuangan masakan dalam konsep food truck. Pastikan di awal perjuangan Anda sudah cukup matang sebelum Anda benar-benar menjalankan bisnis ini.


sumber gambar: tes.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "6 Cara Memulai Perjuangan Makanan Dengan Food Truck"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel