iklan banner

10 Tips Menentukan Kuliah Online Untuk Karyawan

Cara berguru ini menjadi pilihan yang pas untuk karyawan yang ingin menambah pengetahuan d 10 Tips Memilih Kuliah Online untuk Karyawan

Sekarang ini semua serba online, mulai dari belanja hingga belajar, bahkan kuliah. Kuliah online kini terkenal di kalangan karyawan.

Cara berguru ini menjadi pilihan yang pas untuk karyawan yang ingin menambah pengetahuan dan membutuhkan waktu berguru yang fleksibel di tengah kesibukan dalam bekerja.

Selain itu, kuliah online memungkinkan karyawan mendapat pendidikan di manapun dan kapanpun, tanpa terkendala oleh jarak dan waktu.

Jika Anda telah memutuskan untuk mendaftar kuliah online, Anda perlu selektif dalam menentukan jurusan atau aktivitas studi. Salah memilih, Anda malah bosan dan berhenti di tengah jalan sehingga rugi waktu dan biaya.

Untuk itu, 10 tips berikut akan membantu Anda menentukan kuliah online yang tepat.

1. Pertimbangkan Latar Belakang Pendidikan Anda Sebelumnya

Latar belakang pendidikan Anda sebelumnya sanggup menjadi pertimbangan pertama untuk menentukan aktivitas kuliah online yang tepat.

Tentu Anda tidak ingin berguru dari nol mengingat waktu yang Anda miliki begitu singkat sebab jadwal kerja yang padat.

Memilih jurusan atau aktivitas studi yang sejalan dengan latar belakang pendidikan sebelumnya membantu Anda memahami materi kuliah lebih mudah.

Namun, hal ini bukanlah satu-satunya penentu aktivitas yang akan Anda ambil nanti. Bisa jadi, Anda menentukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan jurusan Anda sebelumnya, entah di tingkat SMA/SMK maupun Strata-1.

Pastikan Anda mempunyai alasan yang berpengaruh (terutama untuk karier dan masa depan Anda) sebagai pertimbangan dalam menentukan aktivitas studi yang lain.

2. Pahami Diri dan Passion Anda

Bisa jadi ketika ini Anda masih kebingungan menentukan jurusan kuliah online yang tepat. Jangan khawatir, Anda sanggup melaksanakan tips berikut yaitu memahami apa yang Anda inginkan dengan baik dan mengenali passion Anda.

Walaupun Anda memutuskan kuliah untuk meningkatkan karier atau promosi jabatan, sebaiknya tetap mengindahkan minat Anda.

Karena minat atau passion Anda sanggup menjadi motivasi yang berpengaruh ketika menemui kesulitan dan hampir putus asa.

Mengerti apa yang Anda inginkan seringkali malah menjadi pekerjaan yang berat. Bertanyalah kepada rekan kerja (hindari rekan kerja penjilat) yang akrab dengan Anda.

Selain itu, bertanya wacana kekurangan dan kelebihan Anda kepada keluarga terdekat sanggup membantu Anda lebih percaya diri dan memahami diri dengan lebih baik.

3. Tentukan Tujuan yang Jelas

Dalam proses menentukan kuliah online yang tepat, Anda harus bertanya kepada diri, “Apa tujuan Anda mengambil kuliah online?”

Apakah Anda ingin mendapat gelar (misalnya sarjana, master, doktor, dan lain sebagainya), ingin mendapat promosi jabatan, ataukah hendak meningkatkan keahlian atau keterampilan di bidang tertentu biar sanggup bersaing secara elegan di daerah kerja?

Menentukan tujuan yang terang memberi titik terang wacana aktivitas kuliah online yang hendak Anda pilih. Setelah mengetahui tujuan dengan jelas, Anda sanggup menentukan aktivitas studi yang tepat, merencanakan sasaran dan masa studi yang cepat.

Selain minat dan passion, tujuan juga sanggup menjadi motivasi untuk menuntaskan studi dengan cepat. Jadi, apa tujuan Anda kuliah online?

4. Kenali Berbagai Pilihan Perguruan Tinggi

Saat ini ada banyak universitas dan institusi dalam dan luar negeri yang menyediakan kuliah online. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Anda mencari warta sebanyak-banyaknya wacana universitas-universitas tersebut.

Misalnya, mengecek legalisasi dari universitas pilihan Anda, memahami aktivitas yang tersedia, memilah keunggulan dan kelemahan dari masing-masing aktivitas dan membaca testimoni dari alumni yang pernah kuliah online di suatu universitas.

Sejak penerapan sistem kuliah online diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2014, selain Universitas Terbuka (UT), kini sudah ada 5 sekolah tinggi tinggi yang menyediakan kuliah online

Selain itu, beberapa universitas luar negeri juga menyediakan kuliah online. Bahkan ada yang tidak memungut biaya kuliah alias gratis menyerupai yang terdapat di Edx dan Coursera.

5. Cek Biaya Kuliah Online

Hal yang harusnya tak kalah luput dari perhatian Anda ialah biaya kuliah online. Satu aktivitas studi di sebuah universitas biasanya memerlukan biaya kuliah yang berbeda dengan aktivitas studi lain.

Misalnya, aktivitas studi Business Management di Binus University Online Learning memerlukan total biaya kuliah sebesar Rp 55.800.000.

Sementara itu, untuk aktivitas studi Sistem Informasi, Anda harus menyiapkan total biaya sebesar Rp 62.900.000.

Anda juga sanggup melaksanakan perbandingan biaya aktivitas studi di satu universitas dengan universitas lainnya. Dengan begitu Anda sanggup menentukan aktivitas kuliah online sesuai budget yang tidak akan menguras habis tabungan Anda.

Dalam melaksanakan pengecekan biaya kuliah, ketelitian sangat dibutuhkan. Jangan hanya menentukan sebab biayanya murah dan ternyata Anda harus mengeluarkan uang yang lebih untuk biaya-biaya lain.

Seperti buku, materi tambahan, biaya ujian, dan lain-lain. Pastikan total biaya kuliah online termasuk biaya-biaya tersebut.

Satu lagi, ada baiknya Anda mencari warta apakah universitas akan mengembalikan sebagian biaya kuliah kalau Anda tidak menuntaskan kuliah.

Bisa jadi di tengah jalan Anda tidak cocok dengan aktivitas kuliah tersebut atau harus berhenti sebab sesuatu hal.

6. Siapkan Persyaratan Kuliah Online

Sama halnya dengan mendaftar kuliah offline, Anda perlu mempelajari dan memenuhi persyaratan untuk mendaftar sebuah aktivitas kuliah online.

Umumnya, hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum melaksanakan registrasi adalah:

  • mengisi formulir pendaftaran
  • pasfoto terbaru (ukuran dan jumlah ditentukan masing-masing universitas)
  • fotokopi kartu identitas
  • fotokopi akte kelahiran
  • CV
  • fotokopi ijazah
  • traskrip nilai atau SKHUN

Biasanya karyawan yang sibuk bekerja akan kesulitan mengumpulkan semua persyaratan tersebut. Atur waktu kerja Anda dan jangan pernah menunda pekerjaan.

Jika Anda mempunyai waktu kini untuk menciptakan CV atau mengumpulkan persyaratan lain, lakukanlah segera. Semakin Anda menunda, semakin Anda menumpuk pekerjaan.

Selain itu, pastikan Anda memenuhi persyaratan untuk aktivitas kuliah dengan jenjang yang sesuai, apakah Anda ingin mengambil jenjang Diploma, Strata-1, Strata-2, atau Strata-3.

7. Pastikan Anda Memiliki Perlengkapan dan Fasilitas Belajar

Tidak menyerupai kuliah tatap muka konvensional, kuliah online memanfatkan teknologi dalam sistem perkuliahannya. Dengan kata lain, kuliah online sangat bergantung pada teknologi, sehingga Anda juga harus melek teknologi.

Setelah Anda menentukan sebuah aktivitas studi, pastikan Anda mempunyai perangkat yang diperlukan untuk sanggup mengikuti perkuliahan.

Anda sanggup mengecek di situs universitas atau mengajukan pertanyaan kepada admin perlengkapan apa yang perlu Anda butuhkan.

Misalnya word processing, spreadsheet, PowerPoint, graphics, image-manipulation, atau software lainnya.

Jika ada software khusus yang dipakai menyerupai Blackboard, WebTV, Angel, atau Sakai, sebaiknya Anda mempelajari aktivitas tersebut terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan komputer yang Anda gunakan untuk kuliah online sanggup menjalankan program-program tersebut dengan lancar.

8. Ketahui Penyampaian Materi Kuliah

Anda perlu ketahui bahwa tidak semua pertemuan dalam kuliah online dilakukan secara online.

Materi kuliah memang akan disampaikan secara teleconference di mana semua murid bertemu dengan guru secara online namun di daerah masing-masing atau dengan menunjukkan materi kuliah berupa rekaman audio.

Akan tetapi, dalam setiap aktivitas kuliah online biasanya ada suatu aktivitas (di awal pertemuan atau ketika ujian akhir) yang mengharuskan mahasiswa tiba ke pertemuan kelas (class meeting).

Hal ini tentu tidak akan menjadi sebuah perkara kalau Anda tinggal di kota yang sama daerah pertemuan kelas diselenggarakan. Akan sulit untuk dipenuhi apabila Anda berada di pulau yang berbeda bahkan negara yang berbeda.

Untuk itu, tanyakanlah apakah ada pertemuan fisik yang diwajibkan dan memungkinkan dilakukan via chatting melalui internet.

9. Pelajari Silabus dan Jadwal Kuliah

Saat Anda sedang mencari warta aktivitas kuliah online yang tepat, silabus dan jadwal kuliah menjadi hal yang dihentikan Anda lewatkan.

Di dalam silabus terdapat jadwal, tujuan program, materi kuliah secara umum, tuntutan aktivitas yang berisi tugas, proyek, dan kegiatan-kegiatan lain terkait aktivitas yang diambil.

Catatlah jadwal kuliah Anda dengan waktu yang benar dan pahami tugas-tugas yang harus Anda selesaikan nanti.

Sebelum Anda benar-benar terjun di kuliah online, ada baiknya Anda memahami bahwa kuliah online itu bersama-sama jauh dari kata santai. Malah, Anda harus lebih berdisiplin biar lebih cepat lulus sebab Anda sendirilah yang merupakan penentu kelulusan Anda.

Perhatikan jadwal kuliah online dan rutinitas Anda sehari-hari. Apakah jadwal kuliah online tersebut akan terbentur dengan kegiatan harian Anda? Jika Anda mempunyai perencanaan yang matang, tentu hal ini tidak menjadi persoalan.

10. Dapatan Informasi wacana Pengajar

Saya pikir tentu Anda tidak akan sembarangan menentukan aktivitas kuliah online. Ada banyak kriteria yang menjadi pertimbangan menentukan satu program. Jangan lupa bahwa warta wacana dosen yang mengajar Anda juga sanggup menjadi suatu pertimbangan.

Mengajar kelas konvensional dan kelas online itu berbeda. Cari tahu apakah dosen pengajar Anda mempunyai pengalaman dalam memberikan materi kuliah secara online.

Beberapa mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan online menyarankan sebaiknya menentukan dosen yang sudah pernah memberikan kuliah onlinekarena mengajar online juga membutuhkan tips dan trik khusus.

Apa alhasil kalau dosen pengajar Anda ternyata gaptek dan tidak sanggup mengoperasikam aktivitas komputer yang telah tersedia untuk memberikan materi perkuliahannya? Tentu hal ini akan merugikan Anda.

Penutup

Memilih kuliah online yang sempurna tidak menyerupai menentukan baju untuk dibeli dalam beberapa menit. Anda perlu waktu lebih banyak untuk mencari warta wacana kuliah online dan kunjungi situs sekolah tinggi tinggi terpercaya.

Persiapkan biaya kuliah, niat yang besar, tujuan yang jelas, dan atur waktu biar nantinya kuliah dan kerja tidak menjadi beban.

Jika ini ialah pengalaman pertama Anda, tidak ada salahnya Anda bertanya kepada rekan kerja atau berguru dari orang yang sudah pernah mengikuti perkuliahan secara online.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "10 Tips Menentukan Kuliah Online Untuk Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel