iklan banner

Strategi Mempromosikan Perjuangan Kursus Komputer

Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer ini merupakan bab terpenting dari proses memperkenalkan bisnis anda dibidang kursus komputer untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya calon penerima kursus ke forum anda. Semakin anggun taktik promosi yang dirancang maka semakin besar pula kemungkinan mendatangkan calon penerima kursus ke forum anda. Dan semakin banyak calon penerima kursus tiba ke forum anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat penerima kursus baru. Dan tentu banyaknya penerima kursus di forum anda merupakan indikator keberhasilan bisnis anda.


Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer Strategi Mempromosikan Usaha Kursus Komputer


Untuk merancang taktik promosi yang tepat, diharapkan manajemen yang bagus. Pada artikel kali ini admin web modulkomputer.com akan memperlihatkan taktik pemasaran kursus komputer tersebut. Dengan artikel ini anda akan mendapat gambaran, atau rujukan proses menyusun taktik marketing perjuangan kursus komputer. Dan tentu ini akan sangat bermanfaat, terutama untuk anda yang gres memulai perjuangan dibidang kursus komputer, dengan perkiraan forum kursusnya sudah ada.


Jadi pada artikel ini kami tidak lagi membicarakan pemilihan daerah yang strategis, kegiatan kursus yang ditawarkan, dan manajemen kursus lainnya. Karena topik tersebut sudah kami bahas pada artikel panduan dan cara mendirikan kursus komputer, artikel kali ini fokus pada taktik pemasaran saja.


Tahapan Rencana Promosi


Untuk menghasilkan taktik promosi kursus komputer yang bagus, diharapkan tahapan sebagai berikut:


1). Menyiapkan SDM

Suksesor utama dari taktik mempromosikan bisnis kursus komputer ialah SDM. Kuantitas dan kualitas SDM menentukan tingkat keberhasilan, semakin banyak orang yang terlibat dalam promosi maka semakin gampang pula menjangkau target-target promosi. Semakin berkualitas tiap individu yang terlibat dalam promosi, maka semakin besar pula tingkat keberhasilan promosi.


Berapa jumlah individu yang terlibat dalam promosi anda?


Ketika anda mendirikan perjuangan kursus komputer, kami yakin tidak banyak individu yang bisa anda libatkan, biasanya hanya beberapa orang yang merupakan bab dari manajemen yang anda buat, karenanya anda harus memanfaatkan betul jumlah individu tersebut. Langkah pertama yang harus dibentuk ialah pembentukan tim promosi, siapa ketua, sekretaris dan lain sebagainya. Ini fungsinya untuk mempermudah dalam hal pertanggungjawaban dan evaluasi.


Seberapa anggun kualitas masing-masing individu?


Dalam menyusun taktik promosi, anda juga harus paham masing-masing kualitas individu yang akan terlibat atau dilibatkan dalam kegiatan promosi. Kualitas tersebut mencakup kemampuan komunikasi mulut individu, kemampuan mempengaruhi orang lain, kemampuan disain visual, dan lain sebagainya.


Percaya atau tidak, dalam promosi kita sangat membutuhkan individu yang mempunyai kualitas komunikasi mulut yang baik, orang-orang yang berani malu, berani berbicara didepan orang lain yang belum dikenalnya.


Bagaimana kalau diantara tim promosi yang ada, tidak menemukan talenta-talenta yang disebutkan terebut? Salah satu solusinya dengan menguatkan penggunaan media promosi menyerupai brosur, pamplet, foster, iklan baris surat kabar, iklan melalui sosial media dan lain sebagainya.


2). Menyiapkan Media Promosi


Setelah SDM sudah ada, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya. Berikutnya yang harus disiapkan ialah media promosinya. Apa saja media promosi untuk mempromosikan perjuangan kursus komputer?


Tidak beda jauh dengan media promosi perjuangan lainnya, yang harus disiapkan antaralain:



  • Brosur

  • Spanduk

  • Proposal kerjasama dengan sekolah / instansi

  • Stiker


Empat media tersebut, sudah cukup sebagai media promosi untuk mempromosikan perjuangan kursus komputer. Anda bisa memakai media lainnya menyerupai beriklan di media masa, dan sosial media. Tapi 4 media promosi diatas tetap harus ada.


3). Menentukan Target Promosi


Promosi boleh kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja. Anda boleh beropini demikian. Dan tidak salah memang. Tapi semoga promosi anda sempurna sasaran, dan biaya yang dikeluarkan untuk promosi epektif maka sasaran promosi harus benar-benar tepat.


Maka menentukan sasaran promosi merupakan suatu keharusan.


Cara menentukan sasaran diubahsuaikan dengan kegiatan kursus yang diselenggarakan. Misalnya forum kursus anda menyelenggarakan kegiatan kursus paket office untuk level SD, maka sasaran promsi anda siswa SD, daerah yang strategis untuk melaksanakan promosi kepada siswa SD yang pertama tentu di SD sekitar forum kursus, yang kedua anda bisa tiba eksklusif door to door ke rumah di sekitar forum kursus.


Begitupun dengan sasaran promosi untuk kegiatan kursus lainnya, sesuaikan dengan sasaran input calon penerima kursus yang diselenggarakan.


Pada akibatnya targeti promosi itu meliputi;


Orang yang akan didatangi; anak-anak, remaja, atau dewasa


Lokasi; sekolah, kampus, rumah, atau daerah keramaian yang strategis


Waktu; pagi, siang, sore sesuai kemungkinan berkumpulnya masa


Saatnya Melakukan Promosi


Tahapan planning promosi sudah selesai, semua kebutuhan promosi sudah siap, maka sekarang saatnya anda dan tim beraksi / turun ke lapangan menemui sasaran sesuai yang telah direncanakan.


Pada ketika berhadapan dengan target, maka kemampuan komunikasi sangat menentukan tingkat keberhasilan promosi anda dan tim. Bagi yang sudah terbiasa berbicara didepan umum kegiatan promosi tak beda jauh dengan kegiatan pidato, cuma bedanya pesan yang disampaikan ialah penawaran produk dalam hal ini kegiatan kursus.


Tapi bagi pemula, yang sebelumnya tidak punya pengalaman berbicara didepan umum dengan jumlah masa yang banyak, maka kemungkinan nervous / grogi akan ada, untuk itu jauh-jauh hari sebelum kegiatan promosi sebaiknya berlatih terlebih dahulu.


Berlatih cara berbicara didepan umum, cara menyempaikan kegiatan kursus, cara memikat calon penerima kursus dengan kosa kata yang menarik, berlatih cara meyakinkan calon penerima kursus dengan kegiatan kursus yang anda tawarkan, berlatih menjawab pertanyaan dengan memprediksikan kemungkinan pertanyaan yang akan disampaikan audiens.


Contoh kata-kata promosi


Buat anda yang belum terbiasa promosi, tentu anda akan grogi dan kebingungan menentukan kata-kata promosi yang tepat, alih-alih memberikan pesan promosi malah ngalor ngidul tidak produktif. Berikut pola kata-kata promosi yang bisa anda pelajari sebelum action kelapangan;


“Selamat pagi ade-ade semuanya, apakabar? Kami dari forum kursus ……… yang beralamat di ………ingin membuatkan informasi dengan kalian. Bagi ade-ade yang belum bisa komputer, bisa mengetik di komputer, ade-ade bisa berguru komputer di forum kami dengan mengikuti kegiatan kursus paket ceria…. waktunya bisa diubahsuaikan dengan mau pagi, siang atau sore sepulang sekolah, atau hari sabtu dan ahad saja pada waktu libur sekolah….


Silahkan anda menambahkan kata-kata diatas sesuai dengan kelengkapan informasi dan retorikan yang anda kuasai, ingat sesuaikan gaya bicara dengan target, kalau yang dihadapi ialah anak SD maka sesuaikanlah cara berkomunikasi anda yang tidak terlalu formal, tapi disisipi becandaan atau humor-humor lucu lainnya.


Membagikan brosur promosi


Membagi-bagikan promosi biasanya dilakukan sehabis berpidato / berkomunikasi eksklusif dengan target, fungsi brosur intinya untuk mengingatkan kembali keberadaan forum kursus anda, termasuk kegiatan kursus, biaya dan lain sebagainya yang sebelumnya sudah anda sampaikan secara verbal.


Bagi yang berminat kursus, biasanya brosur ini dibawa pulang, tapi bagi yang tidak berminat biasanya brosur yang sudah susah payah forum anda buat dibuang begitu saja.


Untuk itu berhemat-hematlah membagi-bagikan brosur. Bagikan secukupnya saja sesuai jumlah orang sasaran penerima kursus anda.


Adakalanya anda membagi-bagikan kursus di jalanan, atau didepan pintu gerbang sekolah pada ketika siswa keluar sekolah sehingga siapa saja mengambil brosur anda dan eksklusif membuangnya. Karena siswa pada ketika mengambil brosur tidak mau berlama-lama berurusan dengan tim promosi anda, untuk kegiatan promosi menyerupai ini sebaiknya dihindari lantaran tidak epektif.


Dapatkan Modul Kursus Komputer Paket Office Word & Excel disini


Evaluasi Promosi


Setelah kegiatan promosi jangan lupa anda mengevaluasinya. Berapa sasaran yang sudah ditemui, berapa jumlah brosur yang sudah tim anda bagi-bagikan, sudah berapa usang dari kegiatan promosi dilakukan hingga waktu penilaian dilakukan, dan tentu sudah berapa calon penerima kursus yang mendaftar di forum anda.


Itu semua harus menjadi point-point penting dalam evaluasi. Kalau banyak yang mendaftar menjadi penerima kursus di lemabag anda, berarti semua kegiatan promosi sudah berhasil, tapi apabila calon penerima kursus nihil maka ini ada yang salah dalam promosi tim anda.


Demikian artikel strategi mempromosikan kursus komputer kali ini, semoga sanggup membantu anda dalam mempromosikan forum kursus komputer anda ketika ini.



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Strategi Mempromosikan Perjuangan Kursus Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel