Skripsi Pendidikan Pkn Dampak Metode Pembelajaran Kooperatif Nht (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Mencar Ilmu Pkn Kelas Iv
(KODE : PEND-PKN-0014) : SKRIPSI PENDIDIKAN PKN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN KELAS IV
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pada masa globalisasi ibarat kini ini, perkembangan zaman yang semakin modern menuntut adanya sumber daya insan yang berkualitas tinggi. Peningkatan kwalitas sumber daya insan merupakan pra syarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Kemajuan suatu bangsa tidak lepas dari kwalitas pendidikan itu sendiri. Pendidikan yakni perjuangan sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya insan melalui pengajaran.
Undang -Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan membuatkan insan Indonesia seutuhnya yaitu insan yang bertakwa Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan berdikari serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Sejalan dengan hal tersebut, mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan bisa melakukan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Di SD mata pelajaran PKn mempunyai tujuan biar siswa sanggup berpikir secara kritis dan kreatif, serta berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab. Pada masa ini, proses pembelajaran, salah satunya pembelajaran PKn, masih banyak ditemui seorang guru dalam mengajar hanya mengandalkan metode konvensional. Dengan guru hanya mengandalkan model konvensional, siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran.
Hal tersebut kuat pada hasil berguru siswa. Maka dari itu, pada kegiatan pembelajaran guru perlu menerapkan taktik pengajaran yang tepat. Strategi pengajaran terdiri atas metode dan teknik yang menjamin siswa mencapai tujuan. Dengan taktik yang tepat, hasil berguru siswa akan sanggup meningkat.
Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV hasil berguru siswa kelas IV di SDN X pada mata pelajaran PKn rendah, sehabis diadakan ulangan diketahui bahwa dari 32 siswa yang nilai ulangannya memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hanya 5 siswa saja. Guru kelas IV tetapkan KKM untuk mata pelajaran PKn yaitu 65. Selain itu guru kelas juga memberikan aktivitas mata pelajaran PKn pada jam terakhir. Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan diatas, maka harus segera dilakukan tindakan biar permasalahan pembelajaran sanggup terselesaikan. Salah satu solusinya yakni dengan memakai metode pembelajaran yang sempurna yaitu yang bisa melibatkan seluruh siswa dalam kegiatan pembelajaran, bisa menjalin kerjasama yang baik antar siswa sehingga sanggup meningkatkan hasil berguru siswa. Salah satu alternatif yang sanggup dilakukan oleh guru di SDN X guna untuk melihat efek model atau metode pembelajaran terhadap hasil berguru yang diperoleh siswa pada mata pelajaran PKn yaitu memakai metode pembelajaran kooperatif NHT (Numbered Heads Together).
0 Response to "Skripsi Pendidikan Pkn Dampak Metode Pembelajaran Kooperatif Nht (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Mencar Ilmu Pkn Kelas Iv"
Posting Komentar