iklan banner

Pengertian Simulasi Visual 3D Dan 2D

Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D - Simulasi Visual yaitu video animasi 3D (3 Dimansi) yang mewujudkan ilham dan gagasan secara visual (dapat dilihat dengan mata) untuk memecahkan suatu persoalan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam memberikan gagasan diharuskan mempunyai kemampuan memvisualkan materi informasi biar menjadi sarana komunikasi yang lebih gampang disampaikan dan dicerna.

Proses Pembuatan Simulasi Visual 3D san 2D
Cara menciptakan animasi 3D terdiri atas proses: ilham gambar, pemodelan, texture, menganimasikan terakhir merender (rendering). Pemodelan 3D meliputi pola, pola dan sesuatu yang akan dibuat. Pembuatan animasi 3D mempunyai tahap-tahap pembuatan yang panjang akan tetapi model sanggup disimpan, dilihat dari banyak sekali sudut pandang dan proses animasinya menjadi mudah.

Animasi 3D merupakan teknik yang paling terkenal untuk memvisualisasikan gagasan dan informasi lainya. Biasanya animasi 3D dibentuk untuk menciptakan film animasi

Sementara itu, pembuatan animasi 2D, objek/karakter bisa di kerjakan dalam waktu singkat namun justru menganimasikannya membuthkan proses yang panjang alasannya harus dilakukan berulang-ulang.

Aplikasi untuk menciptakan animasi 3D yang bisa anda dipakai antara lain 3DsMax, Cinema 4D, Maya, dan Blender. Simulasi Visual memakai perangkat lunak Blender alasannya merupakan aplikasi gratis dengan file instalasi yang tidak besar. Aplikasi Blender sanggup di instal di sistem operasi Linux, Windows dan Mac.

Gambar di bawah ini yaitu hasil cuplikan gambar dari pola video simulasi visual wacana visualisasi pemijahan ikan gurame, video tersebut bisa menvisualkan kehidupan ikan di dalam air sehingga terlihat nyata.

 yang mewujudkan ilham dan gagasan secara visual  Pengertian Simulasi Visual 3D dan 2D
Pemijahan Ikan Gurame


Fungsi Simulasi Visual
Simulasi visual berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan pemikiran atau konsep dalam bentuk simulasi dalam format digital. Bentuk simulasi visual biasa kita jumpai pada iklan, presentasi produk dan visual guide. Simulasi visual sangat membantu para penonton untuk lebih terang mendapatkan informasi.

Visual guide biasa ditemukan dalam pembuatan tutorial atau proses kerja suatu dan bagaimana penggunaan serta perawatannya. Kemajuan teknologi grafik animasi 3D mendukung tampilan untuk menjelaskan suatu kejadian atau proses secara lebih konkret dan rinci.

Manfaat Simulasi Visual
Era digital modern menuntut konten yang bukan hanya sekadar sebuah teks dan gambar grafik 2D. Hal ini didukung oleh perangkat lunak untuk menciptakan animasi 3D yang sangat beragam. Perangkat elektronik ibarat smartphone, laptop dan lain-lain sudah bisa membaca banyak sekali materi bimbing digital ibarat ebook (buku elektronik) dengan ekstensi format file *epub (electronic publication) yang di dalamnya tidak hanyaberupa saja, melainkan juga bisa membaca gambar dan format video. Dalam hal ini, tentu simulasi visual 3D sanggup menciptakan konten pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Dalam artikel selanjutnya kita akan membahas cara menciptakan simulasi visual memakai perangkat lunak yang berjulukan Blender .

Kesimpulan
- Ilustrasi secara visual akan memudahkan pencernaan informasi yang diterima.
- Simulasi visual berfungsi sebagai sarana untuk memberikan gagasan atau konsep dalam bentuk visual rekaan dalam format digital.

- Aplikasi yang diharapkan untuk menciptakan simulasi visual yaitu Blender, sebuah perangkat lunak GRATIS untuk pembuat animasi 3D opensource.

- Simulasi visual pada biasanya dipakai untuk menciptakan 3D visualization pada produk atau presentasi obyek berbasis 3D.

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Pengertian Simulasi Visual 3D Dan 2D"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel