iklan banner

Pakan Ayam Petelur Dengan Penemuan Probiotik, Tingkatkan Hasil Panen Jauh Lebih Tinggi!!

Dalam menjalankan perjuangan ternak ayam petelur tidak kurang dari dua pertiga jumlah total biaya pengeluaran atau cost yang dipakai merupakan biaya pembelian pakan ternak. Hal ini kerap menjadi problem kebayakan peternak yang balasannya gulung tikar, tanggapan kenaikan harga biaya pakan yang tak sebanding dengan produksi telur maupun daging yang dihasilkan.


Untuk mengatasi pengeluaran yang tinggi maka Anda memerlukan penemuan atau terobosan gres yang sanggup menekan biaya pengeluaran pakan tersebut. Biasanya pakan ayam petelur yang umum dipakai yaitu berupa voer dengan dicampur dedak maupun konsentrat lainya.


Dalam menjalankan perjuangan ternak ayam petelur tidak kurang dari dua pertiga jumlah total bia Pakan Ayam Petelur Dengan Inovasi Probiotik, Tingkatkan Hasil Panen Jauh Lebih Tinggi!!
pakan ayam petelur

Pakan ayam petelur yang berkualitas harus mengandung unsur protein, mineral, karbohidrat, lemak dan juga vitamin. Pemberian pakan yang berlebih juga kurang baik alasannya yakni selain berdampak pada biaya pakan, ternak ayam petelur pun menjadi kurang produktif tanggapan pertumbuhan lemak yang tidak sebanding dengan pembentukan telur ayam.


Untuk itu takaran pakan ayam petelur haruslah sesui dengan kebutuhan ayam tersebut. Salah satunya yakni dengan pengunaan probiotik sebagai nutrisi embel-embel yang sanggup membantu proses pencernaan ayam sehingga nutrisi pakan sanggup terserap  dengan baik, sehingga produktivitas telur menjadi kian lancar.


Cara Kerja Probiotik Nutrisi Pakan Ayam Petelur


Probiotik yakni mikroorganisme yang terdapat dalam badan binatang ternak, yang bekerja  secara aktif dalam organ pencernaan dan bermanfaat sebagai organisme untuk memperbaiki keseimbangan  pada bab mikroflora usus. Probiotik pakan ayam petelur mengandung basil yang menguntungkan dan sanggup bekerja menekan pertumbuhan pathogen pada organ pencernaan ayam, sehingga menyebakan ternak menjadi lebih tahan terhadap serangan penyakit.


Berikut 3 prosedur kerja dari probiotik dalam pencernaan ayam yang perlu Anda ketahui yaitu :



  1. Probiotik sanggup menekan mikroba jahat melalui persaingan perembesan nutrisi, dengan cara mengaktifkan senyawa antimikroba, sehingga nutrisi pakan ayam petelur sanggup diserap ternak dengan sempurna.

  2. Probiotik mengandung imun yang sanggup menstimulasi peningkatan kadar antibodi dan sanggup dengan gampang mencerna basil dan sisa-sisa sel dalam jumlah yang banyak (makrofag). Dengan demikian kekebalan badan terhadap serangan penyakit menjadi semakin meningkat.

  3. Probiotik sanggup merubah metabolisme pada mikrobial dengan secara cepat meningkatkan dan menurunkan acara enzim pencernaan.


Keuntungan Pengunaan Probiotik Sebagai Pakan Ayam Petelur


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Ghiyas menyebutkan “Penambahan pakan ayam petelur berupa probotik sebanding dengan  rasum pakan ayam yang memliki kandungan 90% protein NRC yang sanggup mendorong produktivitas telur ayam”.


Dapat disimpulkan bahwa dengan Anda mengunakan probiotik sanggup mendorong peningkatan pencernaan dan perembesan zat nutrisi pakan ternak ayam untuk pembentukan telur.


Contoh perkara lainnya pada ayam petelur jenis White Leghorn pada usia 57 minggu, diberikan probiotik sebanyak 1.0% oligofructose selama 4 ahad berturut-turut, sanggup memperoleh hasil peningkatan produksi telur sebesar 13,35%, dan besar lengan berkuasa pada bobot telur yang dihasilkan sebanyak 12,35% pada oligofuktosa dan 10,9% pada inulin.


Dengan kata lain pengunaan embel-embel pakan ayam petelur berupa probiotik ini sangat membantu Anda untuk mendorong produktifitas ternak ayam petelur yang dijalankan.  Hasil kajian dari peneliti Haghihi dan Panda, “dengan menambahkan probiotik pada pakan ayam petelur secara alami akan mendorong anti bodi dalam usus ayam sepeti IgA, IgM dan IgG terhadap beberapa integen asing”.


Berdasarkan penelitian tersebut ditemukan beberapa temuan pada sepesies ayam yang diteliti mempunyai antibody lebih kuat terhadap basil pathogen berbahaya yang menyerang kekebalan badan ternak. Dengan demikian kontribusi probiotik pada rasum pakan ayam petelur sanggup memperlihatkan nilai nyata terhadap karakteristik produksi ayam petelur.


Cara Membuat Probiotik Pakan Ayam Petelur


Jika Anda ingin menciptakan probiotik untuk pakan ayam petelur maupun ayam pedaging bekerjsama Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Karena probiotik sanggup Anda buat dengan bahan-bahan alami yang tersedia dilingkungan Anda berada.


Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana tips cara meramu pakan ayam dengan probiotik sebagai berikut :



  1. Sediakan materi utama menyerupai : dedak padi, dedak jagung atau kedelai sebanyak kurang lebih 20 Kg.

  2. Tambahkan cairan 0,25 liter probiotik, 0,25 lt tetes tebu dan tambahkan air sebanyak 10 liter.

  3. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 1 hari penuh (24 jam). Agar mengalami proses fermentasi.

  4. Kemudian Anda masukan adonan tersebut kedalam tong atau kolam plastik yang sudah disiapkan. Ingat kolam yang anda gunakan harus sanggup ditutup dengan rapat.

  5. Setelah 3-4 hari mengalami penyimpanan didalam kolam yang terhidar dari sinar matahari, maupun suhu yang panas, pakan ayam petelur dengan rasum probiotik sudah sanggup Anda gunakan.


Rasum pakan tersebut sanggup disimpan selama 1 bulan untuk terus Anda gunakan, dan untuk dosisnya Anda sanggup memperlihatkan 5 kg pakan probiotik dicampur 100 kg pakan tepung atau konsentrat yang sanggup Anda gunakan.


Cara diatas sanggup Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas mutu dari materi baku menyerupai dedak atau bekatul, jagung, voer atau gabungan lainya. Dengan mengunakan pakan ayam petelur yang di inovasikan mengunakan campuran probiotik produksi telur lebih tinggi, ekonomis biaya pakan, dan kotoran ayam yang dihasilkan juga tidak berbau serta lebih cepat untuk diolah menjadi pupuk kandang.


Itulah gosip yang sanggup kami berikan bagi Anda, biar penemuan pakan ayam petelur ini sanggup menambah wawasan Anda.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Pakan Ayam Petelur Dengan Penemuan Probiotik, Tingkatkan Hasil Panen Jauh Lebih Tinggi!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel