iklan banner

Mengenal Fitur Pada Software Blender

Pengenalan Fitur Blender - Pada ketika menginstalasi Blender, alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer. Jika memakai sistem operasi Windows terdapat 32 bit dan 64 bit, maka pada ketika melaksanakan instalasi kita harus memakai aplikasi yang sesuai. Untuk mengetahui jenis sistem operasi windows 32 bit atau 64 bit sanggup anda lakukan dengan cara-cara berikut;

a. klik start kemudian pilih computer
b. klik kanan kemudian pilih properties.

Baca juga: Pengertian Blender dan Fungsinya

Selain sanggup di instal pada sistem operasi windows, Blender juga sanggup anda install di sistem operasi Mac OS dan Linux.
1. Cara Instal Blender
a. Siapkan aplikasi Blender dengan mengunjungi situs resminya https://www.blender.org/d0wnl0ad/
b. Jika installer blender sudah anda d0wnl0ad, Buka aplikasi Blender tersebut dan Install aplikasinya.
c. Pilih I Agree.
d. Centang semua checkbox tersebut kemudian  tekan next.
e. Selanjutnya akan keluar tampilan dimana anda harus pilih install.
f. Tunggu proses instalasi hingga final kemudian tekan finish, tunggu hingga instalasi Blender selesai.

2. Pengenalan Fitur Blender
Pada ketika membuka aplikasi Blender (tampilan default) yang akan muncul ialah ibarat berikut.
Coba Klik kiri pada sembarang kawasan untuk menampilkan factory settings pada Blender, sehingga akan tampil fitur ibarat berikut.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender
Fitur Blender
Header : Adalah sajian utama  Blender yang  terdiri dari File, Add, Render, dan Help.
Viewport : Merupakan tampilan  yang  terdiri dari objek  3D atas objek lainnya.
Toolbar : adalah  daftar tools yang  mempunyai sifat dinamis berdasarkan objeknya.
Outliner : Struktur data dari objek pada Blender.

Properties : Panel ini memuat banyak sekali macam perintah untuk memodiļ¬kasi objek dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.
Timeline : Instruksi yang terkait  dengan frame animasi  atau untuk sequencer.

a. Screen Layouts
Saat membuka aplikasi Blender, tampilan layar menampilkan secara default ibarat pada gambar di atas. Tampilan tersebut sanggup diganti sesuai kebutuhan dan impian anda, misalnya untuk kebutuhan pada ketika simulasi visual, Pilihlah layout animation yang merupakan tampilan untuk mengerjakan animasi dan lain-lain. Screen Layouts ini berada pada pojok kiri atas layar, dan termasuk pada bab dari Main Header.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender


b. Splitting Windows
Splitting windows ialah pembagi tampilan lembar kerja pada aplikasi Blender, Splitting windows kerap kali dipakai pada ketika pembuatan simulasi visual 3D. Contohnya dalam pemodelan 3D diharapkan lebih dari 1 windows.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender

Splitting windows berfungsi untuk membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan sanggup dilakukan secara horizontal maupun vertical. Berikut cara melaksanakan splitting windows.
Arahkan kursor pada sudut windows yang dilingkari merah, maka  kursor akan bermetamorfosis tanda plus (+). Setelah itu klik tombol kiri mouse, tahan kemudian geser ibarat gambar di atas.

Note : ”Untuk melaksanakan splitting windows secara vertical, tidak jauh berbeda ibarat splitting windows secara horizontal, namun pada hasil splitting windows secara vertical akan mendapat dua windows atas dan bawah.” Changing the Editor Type
Ada beberapa jenis “editor” yang secara default tidak ditampilkan oleh Blender, Anda sanggup mengganti dengan jenis “editor” lain. Sesuai dengan kebutuhan Anda

c. Shortcut of Numpad
Bagi anda yang memakai laptop atau notebook, saya sarankan untuk mengaktifkan Emulate Numpad, alasannya sangat mempunyai kegunaan untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga sanggup memakai perintah Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bab atas.

Untuk mengaktifkan Emulate Numpad, silahkan klik File pilih User Preferences kemudian ikuti langkah  ibarat pada gambar di bawah ini.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender

Berikut ini ialah fungsi angka-angka pada numpad sebagai shortcut:
Tekan Nomor 1 Tampak Depan
Nomor 2 Tampak Kanan
Nomor 4 Tampak Atas
Nomor 5 Putar bawah 15 derajat
Nomor 8 Putar atas 15 derajat
Nomor 4 Putar Kiri “15derajat”
Nomor 9 Putar Kanan “15derajat”
Nomor 6 Orthographic atau Perspektif 
Nomor 0 Camera Perspektif
CTRL + 2 Menggeser View Objek Ke atas
CTRL + 8 Menggeser View Objek Kebawah
CTRL + 4 Menggeser Objek Kesamping Kanan
CTRL + 6 Menggeser objek kesamping kiri

d. Snap 3D Cursor

Pada dasarnya 3D Cursor dipakai untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap ialah sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan. Cara melaksanakan snap 3D cursor ialah dengan menekan tombol kombinasi SHIFT+S. Selain itu, Snap juga sanggup anda dipakai pada ketika mentransformasi objek dengan cara menekan CTRL sambil merubah objek, sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender


e. Adding Object
Adding Object merupakan sebuah sajian untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Lakukan dengan cara menekan tombol kombinasi SHIFT +A atau pilih sajian Add pada Header menu.

 alangkah baiknya terlebih dahulu anda menentukan system jenis komputer Mengenal Fitur Pada Software Blender

Dalam menambah objek pada Blender akan menemukan dua jenis mode, yaitu Object Mode dan Edit Mode.

Kedua mode tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Edit Mode berfungsi untuk melaksanakan pengeditan pada objek  dengan menentukan titik tertentu, sedangkan Object Mode berfungsi untuk pengeditan objek secara keseluruhan.

Untuk menentukan modus Object Mode atau Edit mode, silahkan tekan tombol Tab pada keyboard. Tampilan kedua Mode tersebut ibarat pada gambar di bawah ini.

f. Transformation
Transformation ialah upaya untuk menggeser atau memutar atau mengubah ukuran objek.
Dasar transformasi dalam Blender, meliputi:
Grab / Move : menggeser objek dengan menekan tombol [G]
Rotation : memutar objek dengan menekan tombol [R]
Scale : menskala  (memperbesar  atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S]
Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu ( x, y, z ), Anda sanggup memakai shortcut keyboard,
Grab / Move [G]
[G]+[X] : objek akan bergeser pada sumbu X.
[G]+[Y] : objek akan bergeser pada sumbu Y.
[G]+[Z] : objek akan bergeser pada sumbu Z.
[G]+[Shift ]+[X] : objek akan bergeser pada sumbu Y dan Z alasannya sumbu X telah dikunci biar tidak berubah

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Mengenal Fitur Pada Software Blender"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel