iklan banner

Mau Ujian Skripsi ? Ini 10 Persiapan Ujian Skripsi Biar Berhasil Dengan Nilai Maksimal

Persiapan ujian skripsi yaitu informasi penting yang harus diketahui mahasiswa, sehingga sanggup lulus dengan nilai memuaskan. Ujian skripsi sendiri yaitu suatu tahapan yang harus dilalui seorang mahasiswa, sehabis sebelumnya selesai menyusun skripsi dan sudah disetujui pembimbing untuk diikut sertakan dalam ujian.

Setiap universitas tentu mempunyai tahapan yang berbeda, dimana umumnya sebelum tahapan ini mahasiswa juga telah melalui banyak sekali tahapan lain. Adapun tahapan tersebut diantaranya adalah  pengajuan judul skripsi, pengajuan proposal skripsi, seminar proposal skripsi, penelitian, pengolahan data dan penulisan, pengujian atau sidang skripsi, dan revisi.

Bagi seorang mahasiswa, ujian skripsi merupakan usaha simpulan untuk mereka memperoleh gelar suatu sarjana. Untuk hasil maksimal, tentu seorang mahasiswa perlu mempersiapkan ujian skripsi dengan sangat matang.

Bagi kau yang kebetulan hendak ujian, berikut persiapan ujian skripsi yang sanggup dilakukan, sebagai upaya supaya hasilnya sanggup maksimal.

1. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing


Beberapa hari sebelum ujian skripsi diselenggarakan, sebaiknya kau segera konsultasi dengan dosen pembimbing.  Dengan hal ini, maka segala hal yang kurang kau pahami dalam skripsimu sanggup ditanyakan.

Meskipun sudah mendapat ACC, sebaiknya kau cek kembali semua hal yang ada pada skripsimu. Jika ada teori, metode dan lainnya yang kurang kau kuasai, maka segera tanyakan pada dosen pembimbing, lantaran boleh jadi itulah yang akan diujikan nanti.

Dengan memimalisir ketidak pahaman terhadap skripsimu, maka setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen penguji mempunyai peluang besar untuk sanggup kau jawab dengan baik. Sebab pada ketika ujian nanti, dosen penguji akan mencecar kau dengan banyak sekali pertanyaan terkait skripsimu.

2. Pelajari Inti dari Materi Skripsi

Persiapan ujian skripsi yang paling penting yaitu materi skripis, oleh lantaran itu pelajarilah dengan baik inti dari skripsimu, sehingga dengan hal ini kau tidak akan mati gaya ketika ujian nanti. Jangan lupa persiapkan juga catatan kecil terkait banyak sekali poin penting, sebagai alat pengingat ihwal banyak sekali poin yang ada dalam skripsimu. Selain itu, kau juga harus mempunyai banyak sekali asumsi terkait pertanyaan yang akan diajukan oleh dosen penguji, sehingga kau mempunyai persiapan yang semakin matang.


Dalam pelaksanaan ujian skripsi ini, setiap kampus juga mempunyai sistem yang berbeda-beda. Beberapa kampus ada yang secara otomatis mengurus pelaksanaan sidang skripi mahasiswa, sehingga para mahasiswanya tak perlu repot lagi mengumpulkan banyak sekali syarat yang diperlukan. Namun ada juga beberapa kampus, yang memberlakukan hukum mandiri. Sehingga setiap mahasiswanya, harus mengumpulkan berkas-berkas syarat yang dibutuhkan untuk keperluan ujian.

Apabila kampus kau memberlakukan peraturan kedua ini, singkirkan buang rasa malasmu jauh-jauh. Segera bergegas, urus banyak sekali berkas yang telah ditentukan. Simpan juga semua berkas dengan rapi pada stopmaf, sehingga ketika hendak pelaksaanaan ujian kau tidak dibentuk gundah diakibatkan berkas yang berceceran.

3. Jangan Begadang



Ketika kegiatan ujian skripsi kau sudah keluar, sebaiknya perbaiki contoh tidurmu. Jika biasanya kau tidur terlalu larut, berhentilah segera. Tidak sedikit para mahasiswa yang ketika kegiatan ujian sudah keluar, mereka menentukan untuk ekstra belajar, menghapal dan memahami isi skripsi hingga malam suntuk.

Jika kau melaksanakan ini, hal ini hanya akan menciptakan tubuh kau cepat lelah, sehingga tidak menutup kemungkinan kau akan sakit atau gampang mengantuk, ketika ujian skripsi benar-benar harus dilaksanakan. Belajarlah seperlunya saja, refresh kembali hasil belajarmu dengan mengulasnya kembali usai sholat shubuh. Selain itu, belajarlah dengan memahamai cuilan pentingnya saja. Dengan hal ini, maka setiap pertanyaan dari dosen penguji sanggup kau jawab dengan leluasa, dengan penuh eksplorasi balasan yang baik dan berkualitas.

Selain jangan begadang, persiapan ujian skripsi yang dilarang kau spelekan yaitu makanan yang kau konssumsi. Pastikan kau senantiasa memakan makanan yang bergizi, sehingga kebutuhan gizi otak dan tubuhmu selalu terpenuhi. Jangan lupa perbanyak minum air putih, sehingga kau tidak cepat kelelahan, dan kurang fokus lantaran kurang cairan.

4. Jangan Lupa Berdo'a dan Minta Restu Orang Tua

Sebagai insan yang terdiri jasad dan ruh, kita harus senantiasa sadar bahwa ada kekuatan lain selain kekuatan yang kita lihat. Kekuatan lain itu, pada hakikatnya justru yaitu inti dari segala kekuatan yang ada di alam ini, yakni kekuatan yang bersumber dari Tuhan.

Berdoa'a bukanlah sesuatu yang boleh dispelekan, meski tak jarang orang yang banyak yang mengabaikannya. Padahal do'a sejatinya merupakan sumber kekuatan utama, dimana melalui perantaranya kita meminta kepada Sang Pemilik Segalanya.

Selain berdoa secara individu, penting bagi kau juga untuk meminta do'a kepada orangtua. Orang bau tanah yang senantiasa mendoakan kesuksesan dan kelancaran bagi ujian skripimu, yaitu bekal terbaik untuk kau mempunyai kekuatan lahir batin, sehingga semua potensi yang diberikan Tuhan untukmu sanggup sepenuhnya keluar dengan optimal.

5. Berlatih Presentasi Semaksimal Mungkin

Setelah kegiatan sidang skripsimu keluar, persiapan ujian skripsi berikutnya yang harus kau siapkan yaitu menciptakan power point presentasi. Dalam pembuatannya, pastikan kau membuatnya dengan simpel, praktis, ringkas, dan gampang dipahami serta dijelaskan. Yang terpenting di sini, kau paham, serta power point yang kau buat tersebut, bisa menjelaskan materi skripsi kau dengan baik.

Setelah materi presentasi kau selesai dibuat, maka selanjutnya kau perbanyak berlatih dengan presentasi tersebut. Bila perlu ajak teman-temanmu yang lain, biarkan mereka menyimak dan kemudian menawarkan komentar dan pertanyaan terkait skrsipsimu. Semakin kau sering berlatih, maka rasa percaya diri kau semakin tinggi, sehingga akan kuat baik terbaik terhadap performance kau ketika ujian nanti.

Kuncinya kau paham dan mampu  menjelaskan materi dengan lancar. Biasanya presentasi hanya berlangsung 5-10 menit. Nah kau perlu merapatkan pernyataan-pernyataan penting dari skripsimu ketika presentasi. Agar tidak grogi, kau juga perlu persiapan latihan presentasi dulu. Setidaknya kau bisa mengatur sikap, intonasi, gaya bicara dan merangkai kata-kata. Gunakan bahasa yang santun. Diawali dengan menyapa dosen penguji.

Baca : Sering Minder? Inilah 7 Cara Agar Selalu Percaya Diri

Dalam prosesnya, presentasi ini biasanya berlangsung antara 5 hingga 10 menit. Sehingga ketika presentasi nanti, kau harus bisa merapatkan banyak sekali pernyataan penting dari skripsi yang kau buat. Sebelum ujian berlangsung, tidak ada salahnya kau berlatih kembali sehingga bisa semakin cendekia dalam mengatur sikap, gaya bicara, intonasi, maupun dalam metangkai kata. Jangan lupa unuk senantiasa memakai bahasa yang santun, awali juga dengan menyapa dosen penguji sehingga suasana presentasi kau semakin hidup.

6. Gunakan Pakaian yang Sesuai dan Bikin Kamu Nyaman


Saat proses ujian berlangsung, tidak sedikit kampus yang memberlakukan peraturan khusus terkait pakaian yang dikenakan mahasiswa yang akan ujian. Persiapan ujian skripsi pada pon ini, tentu kau harus menyiapkan jauh-jauh hari pakaian yang telah ditentukan tersebut. Jangan lupa setrika dan beri wewangian, sehingga tampilan kau semakin rapi dan percaya diri.

Meski pun memang tidak sedikit juga kampus yang memberlakukan pakian yang bebas, asal sopan. Namun apapun ketentuan dari kampus kamu, yang terpenting yaitu kau harus memakai pakian yang benar-bena nyaman ketika kau gunakan. Dengan pakaian yang nyaman, maka kau akan semakin percaya diri, dan leluasa dalam melaksanakan banyak sekali hal terkait kebutuhan ujian.


7. Datang Lebih Awal dari Jadwal Sidang 



Persiapan ujian skripsi yang tidak kalah penting, ketika hari H tiba yaitu tiba lebih awal dari kegiatan yang telah ditentukan. Dengan tiba lebih awal, maka kau sanggup mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, selain itu kau pikiran dan tubuh kau juga akan terasa lebih rileks.

Makara kalau ujian skripsi kau dimulai pukul 10 pagi misalnya, sebaiknya satu jam sebelumnya kau sudah berada di kampus.

8. Jangan Lupa Sarapan

Tak jarang, ketika hendak ujian tiba banyak mahasiswa yang hingga lupa sama sarapan pagi. Padahal  sarapan pagi ini sangat penting, sehingga energi dalam tubuh kau bisa senantiasa optimal.

Dalam sarapan ini, usahakan kau tidak sarapan dengan bubur, lantaran ini hanya akan membuatmu gampang lapar, hingga memicu kau merasa lemas dalam ruang ujian nanti. Pastikan kau mengkonsumsi karbohidrat yang cukup, sayuran serta lauk pauk yang menciptakan kau kenyang.

Jika kau tidak terbiasa sarapan di pagi hari, kau bisa mensiasatinya dengan mengkosumsi roti gandum, telur dan juga susu. Sarapan merupakan salah satu persiapan ujian skripsi yang amat penting, lantaran dengan hal ini energi dan konsentrasi yang kau miliki ketika sidang berlangsung akan sanggup senantiasa terjaga.

9. Pastikan Perlengkapan Teknis Pendukung Presentasi dalam Kondisi Baik


Sebelum sidang berlangsung pastikan semua peralatan teknis pendukung presentasi bekerja dengan baik, menyerupai laptop, printer, file presnetasi, dan lainnya. Dengan hal ini, kau sanggup meminimalisir segala hal yang tidak diinginkan, menyerupai proyektor yang tidak berfungsi, ataupun laptop yang tidak bisa terhubung.

Sebelum ujian berlangsung, silahkan cek semua itu terlebih dahulu. Sebab segala gangguan yang bisa timbul dari peralatan ini, akan sanggup menciptakan kacau persiapan kau selama ini. Tidak menutup kemungkinanan, kau yang tadinya bersikap santai kemudian bisa menjadi panik. Oleh lantaran itu, cek semua peralatan tersebut sehari sebelum ujian, dan pastikan kembali dengan mengecek ulang minimal satu jam sebelum ujian berlangsung.

10. Serius tapi Santai


Persiapan ujian yang skripsi yang terakhir, yaitu dengan menjaga perilaku kau untuk senantiasa serius namun tetap santai, pastikan juga kau senantiasa menjawab pertanyaan dengan sejujur-jujurnya.

Bagi yang tidak terbiasa, berhadapan pribadi dengan 3 dosen penguji memang sedikit menciptakan kau kikuk dan nyali jadi menciut. Dalam hal ini, kau tidak perlu takut, anggap saja dosen penguji sahabat kau ketika latihan presentasi kemarin. Jika mereka menanyakan banyak sekali pertanyaan sulit untuk dijawab, kau hanya cukup berdiam diri sejenak.


Dalam membisu kau tersebut, berfokuslah untuk mendapat balasan diplomatis yang aman. Sekalipun tidak sesuai dengan cita-cita dosen penguji, namun percayalah menjawab lebih baik dari pada diam. Sebab pada dasarnya, setiap dosen penguji hanya ingin mengetahui tingkat penguasaan kau terhadap penelitian skripsi yang telah kau lakukan.

Satu hal yang pasti, setiap pertanyaan yang akan diajukan oleh dosen penguji mustahil keluar dari jalur skripsimu. Maka solusi terbaiknya, pahamilah segala hal terkait skripsimu dengan baik.


Demikian 10 persiapan ujian skripsi yang sanggup kami jelaskan, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Saya do'akan semoga kau lulus dengan hasil terbaik, jangan lupa gunakan ilmumu untuk hal-hal manfaat. Sebab tidak ada gunanya nilai sebagus apapun dalam lembaran ijazahmu, kalau diri dan ilmumu tidak dimanfaatkan.



Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Mau Ujian Skripsi ? Ini 10 Persiapan Ujian Skripsi Biar Berhasil Dengan Nilai Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel