iklan banner

Materi-Materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak Sd

Materi-materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD, ya sengaja aku menuliskan perihal beberapa materi pelajaran komputer yang dianggap menarik kalau diberikan kepada anak usia Sekolah Dasar. Dianggap menarik, ini berdasarkan respon belum dewasa pada ketika aku mengajarkan materi ini kepada siswa yang admin latih di level Sekolah Dasar. Apa saja materi pelajaran komputer yang menarik tersebut?


Dibawah ini akan anda temukan beberapa materi pelajaran komputer yang pernah aku ajarkan kepada siswa-siswi di level Sekolah Dasar, dan materi-materi tersebut mendapat respon yang manis dari siswa-siswi saya, artinya mereka sangat bahagia dengan materi – materi pelajaran komputer tersebut.


Materi Mewarnai Untuk SD Kelas Bawah


Materi mewarnai memang selalu mendapat respon luar biasa, alasannya anak akan menemukan berbabagai macam jenis warna kontras yang memancing perhatian mereka.


Pada materi mewarnai ini, siswa sebetulnya cuma klak klik mouse saja, menentukan warna yang berdasarkan mereka menarik, kemudian menuangkannya kedalam objek yang sudah aku siapkan sebelumnya. Objek-objek yang siswa warnai merupakan bentuk yang bersahabat dengan keseharian mereka, yang tentunya sesuai dengan usia anak SD, lebih spesifik lagi dengan usia kelas bawah. Seperti bentuk bulan, bentuk matahari, bentuk bunga, bentuk bintang, lingkaran, pizza, burger dan bentuk lainnya.


Manfaat Materi Pelajaran Komputer Mewarnai Untuk Anak


Sebelum ke hal yang lebih teknis, ibarat apa rujukan objek yang belum dewasa warnai, aplikasi komputer apa yang sempurna untuk pelajaran mewarnai, cara mengajar dan materi mengajarnya, mari kita simak perihal keuntungannya terlebih dahulu mengenai materi mewarnai ini.


#1. Mengasah kemampuan Visual anak

Menurut penelitian bahwa 74% pengetahuan yang kita miliki diperoleh dari kemampuan visual, 12% dari kemampuan mendengar, dan sisanya dari sumber pengetahuan lain. Karena besarnya presentase kemampuan visual terhadap cara seseorang mendapat suatu pengetahuan, maka materi mewarnai sangat relevan diajarkan kepada anak usia sekolah dasar.


#2. Mengasah kemampuan Estetika

Mewarnai aneka macam bentuk objek dengan warna warni yang belum dewasa sukai akan melatih siswa mengenai perpaduan warna yang serasi, hal ibarat ini akan mengasah kemampuan estetika anak.


#3. Mengenal konsep bentuk

Berbagai objek yang diwarnai siswa, dengan sendirinya belum dewasa / siswa akan mengenali aneka macam jenis bentuk. Misalnya bentuk kotak itu ibarat apa, lingkaran itu ibarat apa, segi tiga itu ibarat apa.


#4. Melatih kreativitas

Menuangkan sapuan warna kedalam aneka macam jenis bentuk, tentu akan mengasah kreativitas anak. Mereka akan mengetahui jenis-jenis warna yang menarik, cara mewarnai, dan memadukan warna. Itu semua permulaan yang bisa mengasah daya kreatif anak.


Contoh Objek Untuk Diwarnai Anak SD


Karena ini untuk kelas bawah, maka objek-objek yang dipakai harus dipilih yang sesuai dengan usia dan keseharian mereka. Maka carilah bentuk-bentuk yang umumnya sudah mereka kenali dalam kehidupan nyatanya baik pada ketika di rumah, di sekolah atau dilingkungan lainnya.


Dan jangan lupa untuk mengkolerasikan bentuk objek yang akan diwarnai anak dengan pelajaran lainnya, contohnya dengan pelajaran matematika, maka bentuk berdiri ruang ialah pilihan yang tepat.


Berikut beberapa rujukan objek untuk materi mewarnai


materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD Materi-materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD


Aplikasi Untuk Belajar Mewarnai Menggunakan Komputer Untuk Anak SD


Sekarang aplikasi yang digunakannya apa dong? Ada banyak aplikasi yang bisa kita pilih untuk materi mewarnai yang cocok dipakai oleh siswa SD kelas bawah.


#1. Pilihan pertama ialah Microsoft Paint

Selain gampang digunakan, MS Paint juga umumnya sudah terinstalasi pada komputer yang memakai sistem operasi Windows. Karena umumnya orang Indonesia memakai OS Windows, jadi MS Paint menjadi pilihan yang sangat sempurna berdasarkan saya.


#2. Paint SAI

Aplikasi ini secara fungsi sama dengan MS Paint, tapi aplikasi ini lebih canggih lagi. Karena didukung oleh banyak fitur yang tidak dimiliki oleh MS Paint. Tetapi penggunaanya tidak semudah mengoperasikan Paint. Sekalipun begitu aplikasi ini bisa dipakai untuk mengajar SD.


#3. Tux Paint

Aplikasi ini lebin gampang lagi untuk dipakai oleh anak usia 3 hingga 12 tahun. Fitur yang ada pada aplikasi Tux Paint terlihat kontras dikiri dan samping layar, tinggal klak klik saja. Untuk mengenalkannya juga sangat mudah, jadi aplikasi ini lebih cocok sebetulnya untuk mendukung aktivitas berguru mewarnai anak SD kelas bawah.


Selain tiga aplikasi untuk mewarnai diatas, masih banyak lagi aplikasi komputer yang mempunyai fungsi sama yang bisa dicoba dan dipakai untuk mendukung aktivitas berguru mewarnai memakai komputer bagi anak SD kelas bawah, contohnya ada Kea Coloring Book, sekolahgambar, dan lainnya.


Untuk memudahkan mengajar materi mewarnai objek di kelas bawah ini, yaitu kelas 1 hingga dengan kelas 3 SD, aku sudah mengembangkan modul komputer tingkat SD, dalam modul tersebut sudah lengkap berisi materi-materi pembelajaran komputer / TIK level SD, mudah dan memudahkan dalam proses KBM.


Materi Membuat Animasi Sederhana


Selain materi mewarnai, materi yang menyenangkan lainnya bagi belum dewasa usia SD yaitu membuat animasi. Anak sangat bahagia ketika berhasil membuat objek-objek yang kemudian mereka gerakan memakai tools aplikasi.


Animasi yang dibentuk merupakan animasi-animasi sederhana, ya ibarat menggerakan objek bola memantul, objek cliptart berjalan yang semuanya itu bisa digerakan memakai tools animations pada aplikasi Powerpoint. Ada banyak cutom animations yang bisa dipakai untuk menggerakan objek, dan kalau diajarkan dengan baik memakai prinsip-prinsip animasi maka objek yang digerakan memakai tool animations di powerpoint tersebut bisa menjadi adegan movie yang menarik.


materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD Materi-materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD


Dengan memakai powerpoint, belum dewasa usia SD bisa dibimbing untuk bisa membuat animasi motion guide, stop motion. Tentu dengan proses yang sederhana, tidak ibarat proses membuat animasi memakai software 2D atau 3D.


Tentu untuk bisa menggiring anak bisa membuat kreasi animasi yang menarik, diharapkan materi latih dan contoh-contoh kreasi yang sebelumnya sudah dibentuk oleh guru. Untuk itu aku membuat panduan mengajar khusus yang didalamnya berisi materi animasi sederhana, ibarat dalam modul ini.


Aplikasi-aplikasi Pendukung Pelajaran Membuat Animasi untuk SD


Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa menjadi media pendukung pembelajaran komputer yang materinya membuat animasi sederhana.


#1. Powerpoint

Saya menempatkan aplikasi ini diurutan pertama, alasannya aplikasi Offie buatan Microsoft ini memang sangat familiar, dan aku yakin hampir di semua komputer ada aplikasi ini. Disamping familiar, Powerpoint juga sangat gampang digunakan, dan yang lebih penting dalam aplikasi yang sejatinya dibentuk untuk kebutuhan membuat slide presentasi ini ada tools Animationsnya yang bisa dipakai untuk membuat aneka macam gerakan animasi yang menarik , dan ini gampang diajarkan kepada belum dewasa usia SD.


#2. Pivot Animator

Aplikasi ini juga bisa dijadikan salah satu pilihan aplikasi pada ketika hendak mengajar cara membuat animasi sederhana kepada anak SD.


#3. Scratch

Selain dua aplikasi diatas, Scratch bisa menjadi pilihan menarik untuk dipakai sebagai aplikasi untuk membuat animasi sederhana, aplikasi ini cocok untuk anak-anak. Penggunaanya tidak terlalu sulit, cukup dengan cara drag dan drop elemen, hal inilah yang membuat aplikasi ini pantas diajarkan kepada anak usia sekolah dasar.


Untuk sementara bahasan Materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak SD ini kita cukupkan dulu, bahasanya masih panjang sebenarnya, nanti kita sambung kembali.



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Materi-Materi Pelajaran Komputer Yang Menarik Untuk Anak Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel