iklan banner

Luar Biasanya Manfaat Sungai Di Desa, Bahkan Sampai Sudah Mengering Sekalipun


Manfaat sungai di pedesaan tentu hampir semua orang mengetahuinya. Mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani, tentu menciptakan sungai sebagai sarana paling ampuh untuk dipakai sebagai sumber pengairan untuk sawah-sawah mereka.


Selain mengairi sawah, tak sedikit belum dewasa yang memakai sungai sebagai wahana bermain bagi mereka, yakni untuk berenang hingga memancing. Jika kita kaji, memang selain memperlihatkan dampak positif juga ada dampak negatif lain yang menyertainya. Terlebih jikalau kita tahu, bahwa tak jarang sungai juga dipakai sebagai tempat untuk membuang kotoran manusia.

Terlepas dari beberapa dampak negatif tersebut, namun intinya sungai itu sendiri mempunyai manfaat yang sangat besar. Adapun jikalau sungai hingga merugikan manusia, sebagian besar itu semua diakibatkan dari sikap dan sikap insan itu sendiri terhadap sungai.

Mulai dari membuang sampah sembarangan, mencucui pakaian dengan deterjen, hingga membuang kotoran di sungai. Oleh karenanya, seyogyanya kita harus senantiasa memanfaatkan segala sesuatunya dengan bijak. Dengan demikian, maka segala hal yang ada di alam ini pun akan memperlihatkan dampak dan pengaruhnya yang baik pula untuk kehidupan manusia.

Fakta di Desa Sungai Memberi Manfaat Sekalipun Sudah Mengering

Kemanfaatan sungai memang identik dengan air yang dibawanya. Namun demikian ternyata manfaat  tersebut dirasakan bukan hanya ketika air tersebut pasang, bahkan hingga surut dan mengering pun sungai tetap memperlihatkan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan.

Berikut beberapa manfaat sungai di ekspresi dominan kemarau yang penulis dapatkan pribadi dari lapangan.

Tempat Mencari Ikan ketika Mulai Surut

Ternyata selain sanggup dipakai sebagai tempat memancing ketika air pasang, sungai juga menjadi tempat yang sangat mengasikan untuk mencari ikan ketika air surut.

Sedikitnya air yang ada di sungai, menciptakan ikan-ikan  menjadi sangat terbatas ruang geraknya sehingga sangat gampang ditangkap sekalipun dengan alat sederhana. Saat sungai surut, tak sedikit masyarakat yang berbondong-bondong untuk mendapat ikan di salah satu sungai yang populer mempunyai banyak ikan. Faktanya meski banyak yang menangkap, rata-rata mereka semua mendapat bagiannya. Ini mengambarkan jikalau ikan merupakan salah satu tempat dimana banyak ikan-ikan berkembang biak.

Bukan hanya beramai-ramai, ada juga perorangan yang melaksanakan penangkapan di ekspresi dominan ini. Ada yang membendung sungai supaya ikan tidak lari jauh. Ataupun secara manual, dengan mencari pribadi ke areal sungai yang mulai mengering.

Mudahnya menangkap ikan ketika sungai mulai mengering, menciptakan siapa saja sanggup melakukannya. Bahkan tak sedikit anak-anak, sepulang sekolah mereka juga ada yang mencari ikan di sungai. Untuk lebih terang lagi, mengenai keseruan mencari ikan di sungai yang mulai mengering ini. Silahkan sanggup sahabat melihatnya pada video di bawah ini :


Sungai sebagai Cadangan Air Saat Musim Kemarau

Musim kemarau, identik dengan kekekringan. Bahkan meski belum dilalui dalam waktu usang sekali pun, nyatanya beberapa tempat ada yang sudah mengalami dampak dari kekeringan tersebut.

Saat suatu tempat mengalami kekeringan, ternyata sungai merupakan salah satu tempat yang baik untuk menyimpan beberapa cadangan air. Hal ini dibuktikan di tempat penulis sendiri. Dimana hampir di setiap ekspresi dominan kemarau, beberapa tempat disungai digali untuk kemudian diambil airnya yang ada di dalam tanahnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan sanggup sahabat lihat video ini. Jangan lupa klik like dan subscribe ya sahabat supaya kami semakin semangat dan kasar dalam berkarya.



Sungai yang Mengering sebagai Tempat Strategis Hewan Ternak Mencari Makan

Saat ekspresi dominan kemaru tiba, selain manusia, binatang dan flora ternyata juga mengalami dampaknya. Tak ayal banyak flora yang layu dimusim ini. Begitupun dengan hewan, selain mengalami krisis air, mereka juga mengalami krisis makanan.

Rumput-rumput yang mengering hingga mati, tentu yakni suatu problem bagi hewan. Karena dengan demikian, berarti mereka tidak sanggup mendapat masakan yang yummy dan segar untuk di makan.
Di ketika hampir di semua tempat, rumput layu dan mengering. Ternyata sungai yang mengering, telah menyisakan hingga menumbuhkan rumput-rumput gres yang menciptakan binatang ternak sangat menyukainya.

Mau bukti ? Tonton video di bawah ya sahabat !


Sumber http://inspirasi-dttg.blogspot.com

0 Response to "Luar Biasanya Manfaat Sungai Di Desa, Bahkan Sampai Sudah Mengering Sekalipun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel