iklan banner

Ini Beliau Diam-Diam Dibalik Legenda Bunyi Kacer Adipati !!

Inilah keistimewaan bunyi kacer yang oleh pemiliknya diberi nama Adipati. “suara kacer dengan nada dan lagunya indah, Adipati berkicau panjang dan lama, apalagi variari suaranya yang beraneka ragam,” ungkap Saifullah, koordinator juri lomba. Dari 15 menit evaluasi dalam lomba, para juri tampak kagum dengan sura kacer Adipati.


Inilah keistimewaan bunyi kacer yang oleh pemiliknya diberi nama Adipati Ini Dia Rahasia Dibalik Legenda Suara Kacer Adipati !!
suara kacer

Legenda Suara Kacer Adipati


Suara kacer burung ini sangat mengking ditelingaekornya terus bergerak naik turun diselingi dengan ‘suara kacer ngerol’ yang mengambarkan burung kacer tersebut mempunyai stamina yang bagus,” kata Saifullah menambahkan. Hal senada juga diungkapkan oleh Rusianto, salah satu juri lomba lainnya. “ penampilan fisiknya yang cantik sepadan dengan volume suara kacer yang tinggi, dengan nada suara kacer yang cukup jelas” ujarnya.


Saifullah berserta juri lainnya yang berjumlah tujuh orang alhasil setuju untuk memperlihatkan predikat juara kepada Adipati dalam lomba burung kelas ronggolawe yang diadakan di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan pada April 2014 lalu. Bahkan untuk 2 kelas lainnya, yaitu kelas bio snot dan ebod vit, Adipati berhasil menggondol juara pertama sehingga pada hari itu Ia mendapat predikat hattrick.


Naik Daun

Adipati memang belakangan ini sedang naik daun berkat bunyi kacernya. Dari aneka macam lomba kicau burung kacer yang diikutinya antara lain Jakarta, Yogyakarta, hingga Balikpapan, Adipati berhasil menggondol hingga 30 an piala. “tujuan mengikuti lomba, disamping untuk mendapat juara, juga untuk melatih mental kacer semoga tidak grogi,” tutur Atta, sang empunya Adipati.


Atta pun membeberkan belakang layar burung kacernya yang belakangan ini selalu berhasil menjuarai lomba kacer. Burung kacer berusia 3 tahun tersebut diberi asupan jangkrik setiap pagi dan sore hari. “masing – masing 5 ekor jangkrik,” ujar Atta. Burung yang berjulukan latin Copshycus saularis tersebut juga rutin dijemur dibawah sinar matahari pada jam 07.00 hingga 12.00. Sedangkan sehari sebelum mengikuti lomba, untuk memaksimalkan volume bunyi kacer, Atta memperlihatkan satu sendok kroto kepada Adipati.


Menurut Atta, perawatan intensif yaitu kunci sukses dalam melatih volume bunyi kacer Adipati, hingga selalu memenangi lomba kicau burung kelas kacer di aneka macam wilayah. “ kalo ngerawatnya asal – asalan, kacer akan malam berkicau bahkan sering sakit. Tapi kalo dirawat telaten, bunyi kacer dengan sendirinya akan berdurasi panjang dan mempunyai kicauan yang bervariasi yang menjadi syarat mutlak memenangi lomba,” tutur Pria orisinil Kediri, Jawa Timur tersebut.


Lihat video penampilan bunyi kacer Adipati dikala pentas di ajang kontes Soeharto Cup dibawah ini.



Perawatan Intensif Kunci Utama

Selain melombakan burung kacer, Wong Djowo Team, penyelenggara lomba kicau burung tersebut juga menyediakan 11 kategori lainnya untuk dilombakan diantaranya kelas Kenari, Murai Batu, Anis Merah, Love Bird, serta Anis Kembang. “ada sekitar 900 burung dari aneka macam kategori yang ikut serta dalam lomba tersebut, pesertanya dari aneka macam wilayah menyerupai Jogja, bandung, Surabaya, Malang, dan Jabodetabek tentunya,” ujar Hadi Suroto, ketua panitia lomba.


Dengan bunyi kacer yang berhasil dimenangkan oleh Adipati, maka dalam kategori kelas murai batu, burung berjulukan Killer berhasil memenangkan lomba. “nada iramanya proporsional, volume suaranya pun tinggi, apalagi stamina dan fisik burung juga optimal,” ujar Rusianto, juri lomba ketika mengomentari kemenangan Killer.


Apa belakang layar kemenangan burung kacer adipati? Rahasia kemenangan adipati adalah perawatannya yang intensif. Untuk memakimalkan suara kacer Adipati, diberi asupan 5 jangkrik di pagi hari, dan 5 jangkrik di sore harinya, kemudian pengumbaran dilakukan semingu 2-3 kali, untuk melatih nafas dan setamina burung kacer dikala dilombakan.


Pengumbaran penting dilakukan, alasannya semakin besar lengan berkuasa setamina burung maka volume bunyi kacer juga akan semakin keras pula. Gaya gerol dari bunyi kacer adipati ini sanggup dihasilkan dengan stamina burung yang baik.


Perawatan burung kacer lainya yaitu dengan pemasteran rutin, sehingga variasia bunyi kacer yang dihasilkan juga semakin banyak. Kontinunitas dalam pemeliharaan kacer, wajib Anda lakukan jikalau pengen burung kacer Anda sanggup optimal. Sebelum berangkat lomba maka setingannya ditambah satu sendok kroto pada hari yang sama semoga bunyi kacer adipati lebih bertenaga “sabung Atta.


Bagi Atta, mengungkapkan bahwa perawatan intensif memang menjadi kunci utama untuk menghasilkan kicau bunyi kacer yang sempurna, sehingga layak memenangi lomba. “kalo malas merawat dan tidak rutin memberi pakan yang tepat, jangan harap kicau bunyi kacer Anda akan bagus, apalagi memenangi lomba,” ungkap Atta, sang pemilik Adipati meyakinkan.


Jadi jikalau Anda ingin memenangkan burung dalam perlombaan,  jangan gampang frustasi jikalau burung belum konser. Karena menyerupai peran burung kacer adipati bersama tim, tidak serta merta burung pribadi jadi juara. Tetapi memakan kesabaran yang cukup lama, untuk menemukan setingan yang tepat sehingga penampilan dan volume bunyi kacer yang dihasilkan sanggup maksimal.


Info Tambahan


Kuci Keberhasilan Merawat Love Bird Kaprikornus Juara


Sementara itu untuk kategori love bird, piala kemenangan tersebut berhasil digondol oleh Golden boy, love bird enerjik milik Rizal, Pria asal Cianjur, Jawa Barat. Rahasia kemenangan Golden Boy juga tidak lepas dari perawatan intensif yang dilakukan oleh Rizal dengan telaten. Bahkan Rizal mulai menyambangi burung love bird kesayangannya tersebut semenjak pukul 06.00 pagi.


Setiap pagi semenjak pukul 06.00 tersebut Rizal sudah mulai memandikan love bird yang sekarang berusia 2 tahun tersebut. Setelah selesai memandikan, Rizal menjemur Golden Boy sendirian selama 1 hingga 2 jam tanpa burung peliharaan Rizal lainnya. Sementara untuk persoalan pakan, Rizal rutin  satu sendok milet putih pada pagi dan sore hari dengan takaran yang sama.


Sedangkan pada dikala sehari sebelum mengikuti lomba, Rizal biasanya memperlihatkan ¼ bab jagung utuh kepada Golden Boy. Berkat ketelatenan itulah, Golden Boy berhasil menghasilkan kicauan yang bervariasi serta berdurasi panjang sehingga layak untuk mendapat gelar pemenang dalam ajang lomba kicau burung dikala itu.


(sumber :trubus, ronggolawe dan tim cup)




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Beliau Diam-Diam Dibalik Legenda Bunyi Kacer Adipati !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel