iklan banner

Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!

Dua hari yang kemudian Saya berkunjung ke rumah Nazief Fahmi, mitra lamaku semasa SMA. Di sela-sela kesibukannya masih sempat menanam mangga dengan media pot di depan rumahnya. Terlihat ada total 7 pot yang berisi tumbuhan mangga harum cantik di depan rumah, yang sedang berbuah sangat lebat dan menarik hati mata. “cara menanam mangga dalam pot itu mudah,” ujar Pria Sarjana Pertanian, UPN Veteran Yogyakarta tersebut.


Saya pun ingin tau dengan pemandangan pot-pot yang penuh dengan buah mangga ranum tersebut, sehabis ngobrol ngalor ngidul layaknya mitra usang bertemu, Saya jadinya tidak tahan untuk menanyakan pribadi bagaimana cara menanam mangga dengan media pot menyerupai yang sudah Ia lakukan.


Dua hari yang kemudian Saya berkunjung ke rumah Nazief Fahmi Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!
gambar cara menanam mangga media pot

Media pot bisa menjawab kondisi lahan kini yang semakin sempit, akhir semakin minimnya lahan pertanian, dan cara menanam mangga dalam pot itu bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tekun dan mau belajar,” tambah Nazief.


Cara menanam mangga dengan media pot setidaknya mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi semoga pohon mangga tersebut rajin berbuah. Syarat-syarat tersebut antara lain :



  1. Memilih jenis dan bibit mangga

  2. Penanaman bibit mangga dan pemilihan pot berikut media tanamnya

  3. Pemberian pupuk yang efektif, serta pengendalian hama tanaman.


Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara menanam mangga :


1. Pemilihan Bibit Mangga


“Disarankan menentukan bibit mangga yang simpel berbuah misalnya mangga harum cantik atau mangga manalagi,” ujar Pria yang gres genap berusia 27 tahun tersebut. Cara menanam mangga semoga cepat berbuah juga dianjurkan tidak menanam dalam bentuk biji. Sebaliknya gunakan bibit mangga hasil cangkok maupun okulasi semoga lebih cepat panen.


Dua hari yang kemudian Saya berkunjung ke rumah Nazief Fahmi Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!
gambar bibit mangga

Selain varietas harum cantik dan manalagi, varietas mangga yang cepat berbuah dan simpel dalam hal perawatan yaitu mangga nangklangwang, mangga gedong, serta mangga golek. Varietas-varietas tersebut kalau dirawat dengan baik sudah sanggup dipanen pada dikala usia tumbuhan berumur 3 sampai 4 tahun saja.


2. Media Tanam Cara Menanam Mangga


Tanaman mangga menyukai media tanam yang berstruktur berbutir-butir, remah, gembur, serta kaya akan unsur hara yang diharapkan oleh tanaman. Anda sanggup memakai media tanam dengan adonan arang sekam, tanah subur, serta pupuk kompos atau pupuk sangkar yang sudah matang dengan perbandingan komposisi 1 : 2 : 1.


Setelah media tanam selesai, langkah selanjutnya dari cara menanam mangga di dalam pot yaitu menentukan jenis pot yang akan Anda gunakan. Pilihlah pot yang tidak simpel pecah, ringan, dan terbuat dari materi yang mempunyai pori-pori sebagai susukan oksigen yang diharapkan akar tumbuhan mangga.


Jangan lupa semoga pot tersebut harus mempunyai lubang kurang lebih berjumlah 4 sampai 6 buah dengan ukuran diameter 1 cm semoga drainase air di dalam pot tersalur tepat pada dikala penyiraman berlangsung dan tidak menggenangi akar tanaman. menentukan pot yang berkaki juga lebih dianjurkan semoga air bekar penyiraman sanggup keluar dengan lebih mudah.


3. Cara Menanam Mangga Dalam Pot


Setelah bibit mangga, media tanam, dan pot telah siap, selanjutnya yaitu mulai menanam bibit mangga tersebut kedalam media tanam. Tambahkan dasar pot dengan potongan kerikil bata dan serpihan kayu gergaji untuk memperlancaran drainase media tanam. Setelah itu masukkan media tanam yang sudah dipersiapkan tadi sampai separuh tinggi pot tersebut. Selanjutnya lepaskan bibit mangga dari polybag, kemudian masukkan kedalam media tanam dalam pot tersebut.


Timbun kembali bibit mangga tersebut dengan adonan media tanam sampai mencapai ¾ dari tinggi pot tersebut. “Diusahakan semoga bekas okulasi tetap menonjol paling tidak 10 cm diatas permukaan media tanam,” Saran Nazief. Setelah bibit tertanam dengan baik, maka sirami dengan air secukupnya semoga bibit gres tersebut terhindar dari kekurangan air di media barunya.


4. Penyiraman Tanaman


Cara menanam mangga, entah di dalam pot maupun di lahan sangat memerlukan penyiraman yang teratur semoga tumbuhan mangga tersebut tidak kekurangan air. Pada masa awal sebaiknya sirami tumbuhan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Untuk cara menanam mangga dengan media pot harus memperhatikan juga volume air dikala menyiram semoga air tidak tergenang terlalu usang di dalam pot sehingga sanggup menyebabkan pembusukan akar tumbuhan mangga tersebut.


5. Pemberian Pupuk Tambahan


Cara menanam mangga di dalam pot juga membutuhkan pemupukan menyerupai halnya pada media lahan. Untuk memenuhi kebutuhan tumbuhan akan unsur hara sebagai komponen penting pertumbuhannya. Berikan pupuk minimal dua minggu sekali dengan cara ditaburkan di sekeliling tumbuhan kemudian disiram. Pupuk yang dipakai untuk merangsang pertumbuhan tumbuhan sebaiknya gunakan pupuk organik.


Baca :

– Cara Membuat Pupuk Tanaman Perangsang Bunga & Buah

– Tips Mudah Cara Membuat Pupuk Kompos




6. Masa Panen


Mangga hasil cangkokan maupun okulasi biasanya sudah sanggup dipanen sehabis berumur 2 – 3 tahun. Pada panen buah pertama hanya berjumlah 10 – 15 buah saja, namun dari tahun ke tahun jumlah buah dikala animo panen akan terus meningkat, seiring dengan usia tumbuhan yang semakin tua. Masa panen buah mangga biasanya terjadi pada bulan September sampai Oktober.


“Kalo ini yang memanen justru sobat atau kolega yang bertamu kesini dan tertarik dengan buah mangganya yang ranum,” kata Nazief diselingi tawa renyah. Demikianlah cara menanam mangga dengan media pot yang sanggup segera Anda praktekkan di rumah, selamat berlibur dengan menanam mangga dalam pot.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel