iklan banner

Contoh Penggunaan Matematika Dalam Statistik Ekonomi


Di dalam statistik ekonomi, matematika berkhasiat untuk :

  • Memahami rumus-rumus statistik, menyerupai rumus untuk menghitung jumlah, rata-rata, persentase, angka indeks, dan aneka macam nilai koefisien korelasi.
  • Memahami metode asumsi menyerupai "maximum likelihood", "least square methode". Di dalam hal ini diharapkan pengetahuan mengenai "differential" yang berkhasiat untuk menciptakan suatu fungsi maksimum atau minimum.
  • Memahami teori pengujian hepotesis, dimana diharapkan pengetahuan aneka macam fungsi matematika untuk di pergunakan sebagai kriteria uji menyerupai F test, normal test, t test, chi-square test.
  • Memahami konsep nilai cita-cita (expected value) yang memerlukan pengetahuan mengenai "integral" dalam rangka menghitung rata-rata kerugian yang mungkin akan diderita (expected loss) atau rata-rata laba (expected profit) yang akan dinikmati.
  • Memahami analisa regresi, khususnya untuk menghitung besarnya dampak secara kuantitatif dari perubahan suatu insiden (=X) meramalkan Y kalau nilai X sudah diketahuui dengan memakai persamaan regresi.


Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Buku matematika untuk ekonomi dan bisnis (J. Supranto)

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

0 Response to "Contoh Penggunaan Matematika Dalam Statistik Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel