iklan banner

Bagaimana Cara Mengenalkan It Kepada Anak Sd?

Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD? Kira-kira mirip itu pertanyaan yang pernah admin web modul komputer lihat melalui laporan site trafik web ini. Pertanyaan semacam itu biasanya keluar dari guru yang gres pertama kali mengajar mata pelajaran komputer di satuan pendidikan sekolah dasar. Atau sanggup juga keluar dari pari orang renta siswa yang peduli dengan perkembangan teknologi dan ingin mengenalkannya kepada anaknya.


Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD Bagaimana Cara Mengenalkan IT Kepada Anak SD?


Teknologi info dikala ini memang berkembang pesat, kehadirannya begitu masif, nyaris disemua sektor ada. Bukan cuma di kantor, bukan cuma di sentra pemerintahan, bukan cuma di kampus atau forum pendidikan, tapi disemua daerah ada. Karenanya masuk akal kalau para orang renta banyak yang galau ketika anak-anaknya mulai bersahabat dengan perangkat teknologi info tersebut, maka munculah keingintahuan bagaimana cara mengenalkan IT yang baik kepada anak-anaknya. Agar anak-anaknya sanggup mengikuti perkembangan IT, tetapi tidak salah menggunakannya.


Begitupun dengan guru di sekolah dasar, terutama guru yang mengajar mata pelajaran yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, yaitu guru mata pelajaran komputer. Mereka dituntut bukan cuma harus mengajarkan cara memakai perangkat dan aplikasi komputer tapi juga dituntut untuk memperlihatkan pemahaman, atitude, dan etika-etika dalam pemanfaatan perangkat dan aplikasi yang benar sesuai fungsinya kepada anak didiknya.


Seperti banyak para pengamat IT menyampaikan bahwa IT itu menyerupai pisau, kalau benar menggunakannya maka IT itu besar sekali manfaatnya, tetapi kalau salah menggunaknnya maka banyak pula mudhoratnya.


Lalu bagaimanakah cara mengenalkan IT kepada anak-anak, terutama anak usia SD?


Point penting yang perlu diingat para orang cukup umur terhadap belum dewasa disekitarnya adalah, bahwa belum dewasa itu yaitu mahluk yang paling praktis mengingat apa yang dilihatnya.


Ketika disekelilingnya, orang-orang dewasa, entah itu orang tuanya atau siapapun itu yang mereka lihat sering memakai perangkat IT, handphone misalnya, maka belum dewasa kita akan praktis sekali mengikuti kebiasaan para orang cukup umur tersebut.


Contoh kasus yaitu anak admin yang gres berusia satu tahun lebih dua bulan, alasannya yaitu setiap hari sering melihat ibunya memakai ponsel, maka ketika melihat ponsel yang tergeletak segera ia menggandakan apa yang dilakukan ibunya memencet toucscreen hingga sanggup menyalakan ponsel tersebut. Hal buruknya yaitu ia selalu ingin melihat video, padahal keseringan melihat ponsel berdampak pada kesehatan alat indera dan perkembangan otaknya.


Melihat teladan kasus tersebut, maka baik guru maupun para orangtua harus paham cara mengenalkan perangkat IT kepada anak-anak.


Paham dengan manfaat dan mudorat perangkat teknologi yang akan dikenalkan


Mengenalkan teknologi semenjak dini tidak ada salahnya, tapi mengetahui terlebih dahulu manfaat yang akan didapat serta hal jelek yang sanggup saja terjadi dari perangkat teknologi yang akan dikenalkan kepada anak merupakan point penting yang harus dipahami para orang renta dan guru.


Misalnya ketika hendak mengenalkan perangkat komputer kepada anak-anak, maka sebaiknya personal yang akan mengenalkan perangkat komputer tersebut harus memahami beberapa hal ini:



  • Dengan memakai komputer belum dewasa sanggup menjadi lebih bahagia dalam belajar, alasannya yaitu ada aplikasi komputer yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran. Atau minimal belum dewasa sanggup mencar ilmu mewarnai memakai aplikasi Paint, mereka akan bahagia menciptakan bentuk-bentuk dan warna yang menarik secara digital.

  • Dengan memakai komputer juga belum dewasa sanggup melihat video, mendengarkan musik, dan memakai aneka macam jenis permainan menarik lainnya yang sanggup menciptakan anak terhibur.

  • Dengan memakai komputer yang terhubung dengan internet belum dewasa sanggup menemukan hal-hal menarik mirip gambar-gambar kartun, video di youtube dan lain sebagainya. Anak-anak juga sanggup mend0wnl0ad aneka macam aplikasi dan permainan gratis melalui playstore.


Secara umum komputer bagi belum dewasa tak lebih dari perangkat hiburan, mereka akan bereksplorasi dengan aneka macam perangkat lunak yang mereka anggap menarik.


Karena belum dewasa menganggap komputer sepertihalnya perangkat hiburan lainnya, maka hal-hal negatif dekat dengan mereka pada dikala memakai komputer tersebut.



  • Lupa waktu alasannya yaitu keasyikan mengoperasikan aneka macam aplikasi komputer yang mereka anggap menarik mirip games, dan lainnya. Karena lupa waktu itulah belum dewasa yang berlama-lama duduk mengoperasikan komputer cenderung menjadi pasif, malas bicara, dan tidak mau untuk bergaul. Ini berbahaya kalau dibiarkan, anak akan menjadi eksklusif yang individualis dan egois, seperti mereka tak butuh orang lain dan asyik dengan dunianya sendiri.

  • Sering bermain Games juga berdampak tidak baik terhadap dunia belum dewasa yang seharusnya berlari, loncat, dan melaksanakan acara belum dewasa lainnya. Belum lagi kalau games yang dimainkan mengandung unsur kekerasan, dan hal-hal tidak baik lainnya.

  • Begitupun ketika membiarkan anak mengakses internet tanpa pendampingan. Ini sangat berbahaya, alasannya yaitu maraknya konten yang tidak mendidik sanggup saja belum dewasa temukan secara tidak sengaja pada dikala melaksanakan pencarian.


Jika sudah paham hal baik dan hal jelek bagi belum dewasa ketika hendak dikenalkan dengan perangkat komputer, maka ketika akan mengenalkan perangkat komputer tersebut para orang renta dan guru akan lebih berhati-hati tentunya.


Mengajarkan Aplikasi Komputer Pada Anak Usia SD


Dibeberapa sekolah dasar swasta sudah banyak yang membuka acara pembelajaran komputer, mata pelajaran tersebut biasanya masuk dalam kategori mulok pada struktur kurikulum.


Ada yang memulainya dari kelas tiga, ada yang memulainya dari kelas empat. Tapi ada juga sekolah dasar swasta yang sudah mengajarkan siswanya aplikasi komputer mulai dari kelas satu SD.


Adapun bahan pelajaran komputer untuk sekolah dasar, biasanya dimulai dari bahan mewarnai dan menciptakan objek-objek sederhana memakai aplikasi Paint, terus naik ke bahan yang lebih tinggi sesuai dengan tingkatan kelas. Penyusunan bahan biasanya dibentuk sendiri oleh guru mapelnya, dengan mempertimbangkan habit sekolah. Kalau sekolah tersebut sekolah berbasis agama, biasanya bahan disesuikan dengan bahan keagmaan disekolah tersebut.


Jadi, sekalipun mengajarkan komputer, tetap saja bahan yang dikerjakan siswa yaitu bahan dari habbit sekolah, ada keselarasan antara penguatan iptek dengan imtak.


Nah buat para orang renta yang ingin mengajarkan aplikasi komputer pada anak-anaknya yang masih usia SD, sementara di daerah anaknya sekolah belum ada pembelajaran komputer, para orang renta sanggup mengadopsi bahan pembelajaran komputer di sekolah dasar yang sudah menyelenggarakan pelajaran komputer tersebut.


Tapi ingat, harus ada keselarasan antara teknologi dengan dunia anak, dan ada keselarasan pula dengan nilai-nilai moralitas dan nilai-nilai keagamaan. Makara aplikasi yang dipelajari anak jadikan sebagai media belajar, sementara bahan nya tetap mengakomodir kebutuhan pendidikan anak sesuai umurnya.


Materi Pelajaran Komputer Untuk Anak SD?


Diamana para orang renta sanggup mendapat bahan pelajaran komputer yang sesuai dengan bahan yang diajarkan di sekolah dasar?


Para orang renta sanggup mendapat materi-materi tersebut di halaman toko web kami. Kami sudah menyebarkan bahan pelajaran komputer untuk anak SD lengkap dari kelas 1 hingga dengan kelas 6.


Kami menyebarkan bahan pelajaran komputer untuk anak SD tersebut dalam bentuk modul.


Untuk materinya sendiri, bapak/ibu sanggup melihatnya pada resensi modul yang sudah kami tampilkan pada main sajian web ini. Silahkan dilihat sesuai judul modul, ada modul tik kelas 1 SD, modul tik kelas 2 SD, modul tik kelas 3 SD, hingga dengan modul tik kelas 6 SD.


Atau melalui tautan ini; 6 Paket modul panduan mencar ilmu komputer untuk anak SD


Demikian artikel ihwal cara mengenalkan teknologi komputer kepada anak usia SD ini, semoga bermanfaat, terutama untuk para orang renta yang sedang butuh panduan biar putra putrinya sanggup mengenal IT dan mempelajarinya. Dan oleh-olehnya dari kami yaitu berupa panduan mencar ilmu komputer untuk anak SD, silahkan lakukan pemesanan kini juga…



Sumber https://modulkomputer.com

0 Response to "Bagaimana Cara Mengenalkan It Kepada Anak Sd?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel