iklan banner

8 Cara Jitu Menghadapi Teman Kerja Yang Menyebalkan

Anda mempunyai rekan kerja yang menyebalkan 8 Cara Jitu Menghadapi Teman Kerja yang Menyebalkan

Anda mempunyai rekan kerja yang menyebalkan? Padahal, sepertiga hari Anda dihabiskan di ruang kerja bersama sahabat kerja tersebut. Tidak mungkin terus-menerus menghindar, pekerjaan yang dikerjakan bersama bisa-bisa gagal memenuhi tenggat waktu.

Solusi terbaiknya? Anda harus menghadapi orang-orang yang menyebalkan ini. Dibandingkan membencinya dan tidak lagi mengajaknya bicara yang besar lengan berkuasa besar pada hasil pekerjaan, sebaiknya Anda mengetahui 8 cara menghadapi sahabat kerja yang menyebalkan di bawah ini.

1. Menghadapi Si Tahu Segalanya

Satu sahabat kerja Anda ini memang lulusan dari sebuah universitas terbaik di negeri ini. Kariernya pun melesat dengan cepat, beliau sudah berada di perusahaan dalam waktu yang lebih usang dari Anda.

Dalam setiap perdebatan, rekan kerja yang tahu segalanya tidak akan berhenti menandakan seberapa benarnya pandangan gres atau pendapatnya di semua topik. Ia juga sangat kompetitif dalam segala hal. Jika Anda berhasil melaksanakan presentasi dengan baik, rekan kerja yang tahu segalanya ini bahkan sanggup melakukannya 10 kali lebih baik dari Anda.

Cara menghadapinya? Siapkan fakta-fakta yang mendukung jikalau suatu ketika Anda perlu berdebat dengannya. Jika Anda tahu Anda yang benar, dan orang lain pun tahu Anda benar, biarkan beliau bertahan dengan pendapatnya, berikan anggukan dan senyuman saja. Terus berdebat sengit malah akan mengakibatkan hubungan Anda makin parah dengan si tahu segalanya.

2. Menghadapi Si Penyerbu Kubikel

Memiliki satu misi setiap harinya, yaitu memerhatikan setiap detail dari kubikel tempat Anda bekerja, bahkan di bagian-bagian personal. Juga tentunya mengganggu Anda bekerja dengan mulai menceritakan banyak sekali hal.

Saat Anda sedang sibuk-sibuknya bekerja, bagaikan petir di siang bolong, si penyerbu kubikel akan tiba ke meja Anda dan mulai mengajak Anda berbicara.

Cara menghadapinya? Ingat-ingat hal berikut: pertahanan yang terbaik ialah penghinaan yang baik (the best defense is a good offense).  Jika Anda mulai mendengar langkahnya mendekati meja kerja Anda, buat suasana menyerupai tidak ingin diganggu. Letakkan tas, koper, jaket, atau tumpukan kertas di dingklik tempat tamu duduk, sehingga si penyerang kubikel tidak sanggup berlama-lama di kawasan kerja Anda.

3. Menghadapi Si Penggertak

Si penggertak sangat gampang untuk menekan rekan kerjanya, baik secara fisik maupun dengan mempermalukan orang lain di depan publik. Di tempat kerja, si penggertak memang biasanya mempunyai kuasa akan jabatan tertentu, dan menyalahgunakannya sebagai senjata untuk menggertak orang lain. Hal terburuk yang sanggup terjadi pada Anda, si penggertak ini ialah bos Anda.

Cara menghadapinya? Balaslah dengan cara-cara yang elegan. Jangan pernah memperlihatkan bahwa Anda takut, terganggu atau tersinggung dengan perlakukannya. Jangan terlibat dalam argumen-argumen dengannya. Justru si penggertak yang akan merasa terganggu jikalau Anda dingin terhadap gertakan dan gangguan darinya.

4. Menghadapi Si Tukang Gosip

Satu lagi tipe sahabat kerja yang menyebalkan di kantor, orang yang selalu tahu segala problem orang lain dan menjadikannya sebagai misi untuk menyebarkannya ke semua orang di kantor.

Si tukang gosip akan selalu menunggu kesempatan seseorang jatuh ke dalam perangkapnya sehingga menceritakan problem pribadi ketika mengobrol. Walaupun tidak ingin, biasanya ketika mengobrol dengan si tukang gosip pun Anda akan mengetahui hal-hal yang bergotong-royong tidak ingin Anda dengar.

Cara menghadapinya? Cara terbaik untuk menghindar dari si tukang gosip atau sebuah kelompok yang mulai bergosip ialah menghindarinya. Jika Anda merasa pembicaraan mulai lebih banyak ke arah gosip dibandingkan mengenai pekerjaan, tinggalkan rekan kerja tersebut sambil beralasan ada telepon penting masuk.

5. Menghadapi Si Pengeras Suara

Seseorang sangat mungkin mendapatkan telepon pribadi dari pasangan ketika di tempat kerja, namun, jikalau si pengeras bunyi yang mengalaminya, hal ini sanggup menciptakan beliau menjadi salah seorang sahabat kerja yang menyebakan.

Di tempat kerja, bahkan menguap saja sanggup terdengar oleh semua orang di ruangan. Apalagi telepon pribadi yang seharusnya komunikasi antara dua orang sekarang menjadi konsumsi publik. Pekerjaan pun terhenti sesaat.

Cara mengatasinya? Si pengeras bunyi harus diberitahu secara eksklusif dengan cara yang baik. Bicaralah empat mata dengannya, katakan bahwa beliau berbicara terlalu keras dan kerap mengganggu orang seruangan. Katakan dengan halus dan jangan hingga mempermalukannya di depan umum.

6. Menghadapi Si Teman Terbaik

Karena Anda ialah seorang yang sangat keren, menarik, dan populer, salah seorang rekan kerja memutuskan untuk menimbulkan Anda sebagai sahabat terbaiknya! Betapa beruntungnya Anda.

Rekan kerja ini akan menjadi sahabat terbaik yang selalu mengatakan kopi pada Anda, mengirimkan email artikel yang lucu atau gambar lucu setiap ketika (namun sama sekali tak berafiliasi dengan pekerjaan), mengajak Anda makan siang bersamanya setiap hari (jangan berpikir Anda sanggup makan siang semeja dengan rekan lain!), dan menyerupai telah memesan Anda untuk kehidupannya seorang.

Alih-alih menjadi sahabat terbaik, justru orang menyerupai ini terkadang berpotensi menjadi sahabat kantor yang menyebalkan.

Cara mengatasinya? Tolaklah permintaannya secara sopan, namun jangan memutus pertemanan juga, alasannya ialah mungkin saja beliau akan berbalik menjadi musuh nomor satu Anda. Berikan alasan-alasan pekerjaan jikalau permintaannya sebagai sahabat terbaik mulai aneh-aneh dan mengganggu kinerja Anda.

7. Menghadapi Si Anak Emas

Anak pemilik perusahaan yang gres saja menghabiskan masa studinya di waktu kritis dan sangat usang hari ini tiba di kantor Anda sebagai karyawan gres penerus perusahaan. Alih-alih menerima perlakuan sebagai karyawan baru, si anak emas eksklusif ditempatkan di ruangan sendiri, entah apa yang dikerjakannya.

Dalam karir profesional Anda, tidak hanya anak pemilik perusahaan yang sanggup menjadi sahabat kerja yang menyebalkan. Siapapun yang terhubung darah dengan jajaran pimpinan perusahaan biasanya eksklusif mendapatkan jabatan yang bahkan Anda sendiri belum mencapainya walau sudah bekerja bertahun-tahun.

Cara menghadapinya? Tetap bangkit hubungan baik dengan orang menyerupai ini, toh sanggup jadi esok hari beliau yang akan menjadi bos Anda. Cari tahu kesukaannya dan hal yang menarik perhatiannya, menyerupai model kendaraan beroda empat terbaru, pertandingan club sepak bola favoritnya, atau apapun yang disukainya. Setelahnya, bangkit koneksi dengan meladeninya mengobrol mengenai hal tersebut.

8. Menghadapi Si Penebar Pesona

Berjalan dengan langkah kolam model, dalam gerakan perlahan, menyerupai ada angin yang bertiup di rambutnya dan dikelilingi paparazzi yang siap memotret segala macam gayanya, si tebar pesona memang tidak pernah kehabisan gaya dari ujung rambut ke ujung kaki.

Cara menghadapinya? Mungkin penampilannya sesekali mengganggu Anda dan ingin menciptakan Anda tertawa, namun hindari menertawakannya, alasannya ialah sesungguhnya si tebar pesona ini hanya diluarnya saja merasa percaya diri.

Sesungguhnya, di dalam dirinya penuh dengan rasa tidak kondusif alasannya ialah takut tidak diterima orang lain. Selama tidak mengganggu pekerjaan, tidak perlu ambil tindakan untuk rekan kerja ini.

Itulah tadi 8 tipe sahabat kerja yang menyebalkan dan cara menghadapinya. Berkaca pula apakah Anda termasuk salah satu tipe sahabat menyebalkan dan berusahalah lebih baik terhadap sahabat kerja, alasannya ialah toh Anda dan mereka ada di satu perusahaan yang mempunyai tujuan sama.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "8 Cara Jitu Menghadapi Teman Kerja Yang Menyebalkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel