iklan banner

7 Perintah Penting Dari Cmd Atau Command Prompt

7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt - Terdapat beberapa hal pada Windows yang hanya bisa dilakukan di Command Prompt. Beberapa utilitas tidak mempunyai sistem GUI yg menciptakan sesuatunya lebih cepat. Tentunya kita mustahil harus mengetahui seluruh perintah yg ada di Command Prompt, akan tetapi kita wajib memahami beberapa perintah yang sangat bermanfaat bahkan bagi seorang yang masih baru.

Jika kalian belum mengerti apa itu CMD atau Command Prompt, silahkan baca Pengertian Command Prompt

7 Perintah CMD/Command Prompt yang Sangat mempunyai kegunaan pribadi saja, di bawah ini merupakan beberapa perintah dalam command prompt yang sangat mempunyai kegunaan serta sering sekali dipergunakan.

1. Ipconfig – Mencari Alamat IP menggunakan Cepat

Kita tahu, kita bisa mengecek serta mengkonfigurasi IP Address melalui Control Panel. Tapi Jika yang ingin Anda lakukan hanyalah buat melihat isu IP Address, menggunakan perintah ipconfig di command prompt menciptakan seluruh lebih efisien.

Untuk menggunakan perintah ini kalian cukup menekan tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik cmd, setelah itu ketik perintah ipconfig. Lihat Gambar dibawah ini!

 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt 7 Perintah Penting dari CMD atau Command Prompt
Melihat IP Address

2. ipconfig /flushdns – Menyegarkan DNS yang gres diubah, membersihkan chace

Bila Anda mengubah DNS server, efeknya tidak pribadi terasa. Windows menggunakan chace yang ditanggapi oleh DNS, yg berfungsi berhemat dikala waktu Anda mengakses alamat yang sama.

Buat memastikan bahwa Windows sudah mendapatkan alamat berasal DNS server yang gres diubah, jalankan perintah ipconfig /flushdns setelah membarui DNS server Anda.

3. ping, tracert – Mencari problem koneksivitas dalam jaringan

Bila Anda mengalami duduk kasus koneksivitas pada suatu jaringan, Windows serta sistem operasi lainnya mempunyai beberapa alat baku yang bisa dipakai untuk mengidentifikasi problem.

Pertama, ada perintah ping. Ketik ping google.Com dan  Windows akan mengirim paket ke Google.Com. Google akan merespon supaya  Anda tahu bahwa paket telah diterima. Anda juga bisa memahami apakah paket membutuhkan dikala lama buat hingga, bahkan paket sama sekali tidak sampai.
Terdapat juga bisa menggunakan perintah tracert, yang menelusuri rute yg diharapkan sebuah paket untuk mencapai tujuan. Misalnya, menjalankan perintah tracert google.Com serta Anda akan melihat jalan paket Anda diharapkan buat mencapai Google. Bila Anda mengalami duduk kasus waktu mencoba terhubung ke situs web, tracert sanggup menunjukkan pada mana duduk kasus terjadi.

4. sfc /scannow – Scan problem di file System

Windows mempunyai utilitas pemeriksan arsip sistem yang bisa menscan serta mencari duduk kasus di arsip system. Bila arsip sistem hilang atau rusak, fitur ini akan mengatasi dilema tadi.

Buat menggunakan fitur ini, jalankan command prompt menjadi Administrator, kemudian ketik perntah sfc /scannow.

5. telnet – Menghubungkan ke Server Telnet

Telnet client tidak terinstal secara default. Anda harus menginstalnya dari Control Panel. Sesudah terinstal, Anda bisa menggunakan perintah telnet buat terhubung ke server telnet tanpa menginstal perangkat lunak pihak ketiga. Anda wajib  menghindari menggunakan telnet Bila Anda sanggup membantu itu, namun Bila Anda terhubung pribadi ke perangkat serta mengharuskan Anda menggunakan telnet buat mengatur sesuatu – baik, itulah yg wajib  Anda lakukan.

6. cipher – Menghapus serta menimpa direktori secara permanen

Perintah cipher poly dipakai buat mengelola enkripsi, akan tetapi juga mempunyai opsi buat membersihkan ruan bebas dan  memastikan tidak terdapat arsip yang dihapus bisa dipulihkan pulang. Biasanya file yg telah dihapus masih bertahan pada disk, kecuali Anda menggunakan SSD. Perintah ini secara efektif bisa membersihkan drive tanpa perangkat lunak pihak ketiga.
Buat menggunakan perintah ini, tentukan drive serta ketik perintah cipher /w:C:.

7. netstat -an – Melihat daftar koneksi jaringan serta port

Perintah netstat ini sangat berguna, menampilkan segala macam statistik jaringan. Salah  satu varian yg paling menarik dari netstat merupakan netstat -an, yg akan menampilkan daftar semua koneksi jaringan terbuka pada komputer, bersama dengan port yang dipergunakan dan  alamat IP yang terhubung.

Baca juga : Cara mengatasi no internet access

Ini bukanlah daftar lengkap seluruh perintah yang ada pada command prompt, namun perintah perintah yg disebutkan di atas artinya beberapa yg paling bermanfaat dari sekian banyak perintah pada command prompt.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "7 Perintah Penting Dari Cmd Atau Command Prompt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel