iklan banner

10 Cara Gampang Membuat Lingkungan Kerja Yang Baik

Lingkungan kerja berperan penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan 10 Cara Praktis Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

Lingkungan kerja berperan penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Semakin baik lingkungan tersebut, karyawan akan betah dan produktif bekerja.

Bukan hanya itu, mereka juga akan bisa mengeluarkan potensi terbaiknya. Tidak sekadar demi gaji, namun mereka melakukannya demi kemajuan perusahaan dalam jangka panjang.

Jangan khawatir kalau kini ini Anda tidak tahu cara membuat lingkungan kerja yang baik di perusahaan Anda. Percaya atau tidak, caranya tidak sesulit yang kebanyakan orang kira. Berikut 10 cara yang sanggup Anda lakukan untuk membuat lingkungan kerja yang baik.

1. Rekrutlah Staf yang Tepat

Orang-orang yang Anda rekrut untuk bekerja di perusahaan Anda akan menjadi bab yang berkontribusi terhadap kondisi lingkungan kerja. Makara pastikan bahwa Anda merekrut orang yang profesional, sanggup bekerja di dalam tim maupun secara individual, serta sanggup berkontribusi untuk membuat lingkungan kerja yang kondusif.

Ada peribahasa yang berbunyi “karena nila setitik, rusak susu sebelangga” yang artinya kira-kira alasannya yaitu ada setitik hal kecil yang buruk, keburukan tersebut sanggup mempengaruhi dan merusak seluruh lingkungan yang besentuhan dengannya.

Oleh alasannya yaitu itu, kalau Anda merasa ada calon karyawan yang berbakat namun mempunyai sifat ‘toxic’ atau menurunkan produktivitas karyawan lainnya dengan banyak sekali cara, sebisa mungkin Anda tidak merekrutnya.

2. Fasilitasi Karyawan untuk Berkolaborasi

Cara ketiga untuk membuat lingkungan kerja yang baik yaitu dengan memfasilitasi para karyawan untuk berkolaborasi dan berdiskusi. Atur meja kerja di dalam satu ruangan sehingga saling berhadapan. Atau kalau kantor berbentuk kubikel-kubikel, sediakan satu space khusus untuk para karyawan berdiskusi dan berkolaborasi.

Perusahaan yang baik yaitu perusahaan yang sanggup memfasilitasi para karyawannya untuk terus bekerja sama dan tidak bekerja sendiri-sendiri. Kerjasama didapatkan dengan saling berdiskusi dan saling mendukung pekerjaan satu sama lain.

Dengan memfasilitasi para karyawan untuk lebih sering berinteraksi, secara tidak pribadi Anda akan mempunyai karyawan yang lebih memperhatikan hasil pekerjaannya dan selalu ingin memiliki karier cemerlang.

3. Sesekali Traktir Karyawan Anda

Setelah menuntaskan satu proyek besar atau ketika para karyawan bekerja dengan sangat baik, cobalah ajak mereka untuk makan bersama. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

Dengan mentraktir para karyawan, artinya Anda memperlihatkan apresiasi terhadap hasil kerja mereka. Orang yang merasa diapresiasi selanjutnya akan lebih ulet lagi bekerja dan mempertahankan prestasinya.

Tidak perlu jauh-jauh dan perencanaan khusus, bahkan dengan memesan pizza atau makanan delivery lainnya untuk dimakan bersama di kantor tentunya akan membuat energi kasatmata di lingkungan kerja.

4. Pasang Satu Buah Papan Tulis di Ruang Kerja

Apakah di ruangan daerah para karyawan bekerja ada sebuah papan tulis besar? Jika tidak, Anda sanggup mulai menyediakan papan tulis sebagai salah satu cara untuk menunjang lingkungan kerja yang produktif.

Gunakan spidol yang gampang dihapus untuk menuliskan banyak sekali list pekerjaan yang harus dilakukan dalam satu periode tertentu, sehingga setiap para karyawan melewati papan tulis, mereka akan selalu tersadarkan pekerjaan-pekerjaan apa saja yang belum diselesaikan.

Memasang papan tulis juga sanggup menjaga antusiasme para karyawan menuntaskan pekerjaannya sebelum batas tenggat waktu berakhir.

5. Pastikan Lampu Kantor Terang

Walaupun terdengar sepele, namun dengan pencahayaan yang baik, Anda sanggup membuat lingkungan kerja yang aman dan positif. Pencahayaan yang jelek akan mengakibatkan mata lebih cepat lelah, penglihatan yang kurang jelas, sampai sakit kepala yang sanggup menurunkan performa karyawan yang bekerja di perusahaan Anda.

Sebaliknya, dengan pencahayaan yang terang namun tidak terlalu silau, akan mengisi energi karyawan sepanjang hari sehingga lebih fokus mengerjakan pekerjaannya.

Jika kantor Anda tidak memungkinkan untuk memasang jendela besar untuk pencahayaan secara alami, cobalah memakai lampu yang sanggup diatur kadar terangnya.

6. Dekorasi Kantor secara Menarik

Lingkungan kerja berperan penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan 10 Cara Praktis Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik

Di masa gosip ini, tidak zaman lagi kantor hanya berbentuk kubikel-kubikel yang kaku. Beberapa perusahaan ibarat Bukalapak dan Google bahkan mempunyai ruangan bermain bagi para karyawannya, juga dekorasi ruangan yang membuat para karyawan tidak merasa sedang berada di kantor.

Dengan begitu, ketika jenuh melanda, para karyawan sejenak sanggup menyegarkan pikiran pribadi di kantor. Otak insan juga bekerjsama tidak didesain untuk terus menerus bekerja.

Paling tidak sesudah bekerja 2 jam, otak memerlukan asupan udara segar atau relaksasi sejenak untuk sanggup berkonsentrasi kembali. Jika tidak, yang ada produktivitas malah menurun.

Oleh alasannya yaitu itu, mulailah perhatikan suasana daerah para karyawan bekerja. Apakah sinar matahari sanggup masuk ke ruangan kerja? Apakah furnitur yang nyaman sudah tersedia? Jika tidak, cobalah untuk melaksanakan sedikit renovasi demi lingkungan kerja yang lebih baik.

7. Personalisasi Meja Kerja

Untuk tiap karyawan yang berhubungan dengan Anda, cobalah untuk memperlihatkan kesempatan bagi para karyawan untuk menata sendiri daerah kerjanya sesuai dengan yang mereka inginkan.

Setiap orang tentunya mempunyai preferensi lingkungan kerja masing-masing. Ada yang nyaman dengan banyak sekali tumpukan kertas dan dokumen, ada pula yang tidak tahan kalau ada barang awut-awutan sedikit saja.

Daripada menyeragamkan dekorasi meja tiap-tiap karyawan, bebaskan mereka untuk mengaturnya sesuai dengan impian mereka, asalkan masih sesuai dengan batasan-batasan wajar.

8. Berikan Kesempatan untuk Bergerak

Karyawan Anda bukan robot yang sanggup terus-menerus duduk di belakang meja kerja dan tanpa jeda memfokuskan diri terhadap pekerjaannya. Jangan pernah membiarkan para karyawan merasa Anda terlalu mengekang mereka untuk duduk di meja kerja.

Duduk di meja kerja dalam waktu lama juga terkadang sanggup membuat jenuh, dan para karyawan perlu sedikit bergerak untuk melemaskan otot dan pikirannya.

Dari beberapa kasus yang sudah ada pun, karyawan yang lebih bebas bergerak juga lebih banyak mendapat udara segar, yang kemudian mempengaruhi terhadap fatwa dan kinerja yang lebih baik.

9. Temui Para Karyawan Secara Langsung

Di masa gosip yang sudah cukup canggih, rapat bisa dilakukan secara online melalui media apa pun. Semakin jarang para atasan bertemu pribadi tatap muka dengan para karyawannya dengan alasan kesibukan dan lainnya.

Padahal, dengan lebih sering melaksanakan pertemuan tatap muka dengan karyawan, Anda sanggup mendapat feedback pribadi dari mereka. Berbeda dengan pesan singkat atau surat elektrinik yang terkadang tidak bersifat personal.

Intinya, lebih banyaklah berinteraksi dengan para karyawan Anda. Dengarkan mereka dan Anda pun akan terkejut dengan banyak sekali hal yang tidak akan Anda ketahui dengan mengobrol secara online.

10. Perbaiki Cara Memberi Instruksi

Saat Anda menginginkan karyawan Anda untuk melaksanakan sesuatu, jangan katakan ‘Kamu harus…”. Lebih baik Anda memakai frasa “Mari bersama-sama..”, sehingga karyawan akan merasa tidak sendiri dalam menangani urusan perusahaan.

Terdengar cukup remeh, namun sangat efektif untuk membuat lingkungan kerja lebih nyaman. Hal ini lebih besar lengan berkuasa pada mindset para karyawan, sehingga hasil pekerjaan pun sanggup lebih baik.

Demikianlah 10 cara membuat lingkungan kerja yang baik. Sebuah pepatah menyampaikan bahwa eksekutif terbaik yaitu ia yang sanggup membuat lingkungan bekerja terbaik, dan mendorong para karyawannya untuk selalu produktif bekerja.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "10 Cara Gampang Membuat Lingkungan Kerja Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel