iklan banner

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Kebutuhan hidup khususnya untuk anda yang sudah berkeluarga atau berumah tangga niscaya akan lebih kompleks dibandingkan dengan kebutuhan hidup orang yang masih hidup sendiri atau bersama orang tua. Perbedaan jumlah kebutuhan ini dipengaruhi oleh jumlah anggota keluarga secara keseluruhan. Apalagi jikalau dalam sebuah rumah tangga hanya ada satu sumber pemasukan saja. Hal ini terang menciptakan anda sebagai ibu rumah tangga yang mengatur kebutuhan keluarga harus ekstra hati-hati dalam berbelanja kebutuhan pokok harian atau bulanan.

Pos Pengeluaran Terbesar Dalam Rumah Tangga

Dalam kehidupan berumah tangga, ada banyak sekali pengeluaran yang harus dicukupi oleh anda dan pasangan. Mulai dari kebutuhan dapur atau rumah sehari-hari, kebutuhan bulanan, kebutuhan biaya sekolah anak, kebutuhan sekunder dan komplemen lain. Dari sekian kebutuhan, kebutuhan untuk memasak mempunyai porsi yang cukup besar atau bahkan paling besar. Hal ini lantaran setiap hari anda dan keluarga membutuhkan asupan kuliner yang cukup.

Tidak hanya itu, harga kebutuhan pokok yang semakin naik terang menciptakan anggaran untuk dapur ikut naik cukup drastis. Untuk itulah anda sebagai ibu rumah tangga yang mengelola keuangan harus cermat dalam berbelanja . Bayangkan saja, dulu uang Rp. 50.000 sudah bisa mendapat banyak kebutuhan pokok atau setidaknya cukuplah untuk membeli kebutuhan hari ini. Tapi sekarang, uang Rp. 100.000 saja belum tentu cukup untuk membeli kebutuhan harian. Nah, kondisi inilah yang menciptakan pos pengeluaran untuk belanja rumah tangga menjadi membengkak.

Setiap orang niscaya menginginkan segala hal yang terbaik dalam hidupnya, termasuk anda dan keluarga. Mengingat sumber penghasilan tidak mengalami peningkatan, niscaya anda dan pasangan kesudahannya harus bakir mengelola uang gaji. Sebagai orang yang bertanggung jawab penuh di dapur, apa yang akan anda lakukan untuk mengatasi duduk kasus pembengkakan biaya masak rumah tangga ini?

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari

Salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk menghemat anggaran rumah tangga ialah dengan mengurangi biaya masak. Pada poin ini mengurangi biaya memasak bukan berarti anda dan keluarga harus makan sehari dua kali atau mengurangi porsi makan secara drastis. Lebih dari itu ada beberapa trik menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari yang efektif dan wajar. Seperti apa saja triknya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Belanja di Pasar Tradisional

Trik pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional. Saat ini, orang-orang khususnya yang tinggal di kawasan perkotaan memang lebih terbiasa berbelanja di supermarket atau pasar modern. Padahal, kenyataannya harga barang yang dijual di supermarket lebih mahal dibandingkan dengan harga barang di pasar tradisional.

Perbedaan harga antara pasar tradisional dan supermarket ini memang cukup jauh lantaran memang ada banyak hal yang mempengaruhi. Bayangkan saja, harga sewa tempat di pasar tradisional dan supermarket niscaya berbeda jauh kan? Belum lagi untuk barang di supermarket masih harus dikenakan PPN, tentu ini menciptakan harga semakin naik.

Ini terang berbeda jauh dengan yang terjadi di pasar tradisional. Sewa tempat yang tidak semahal supermarket dan tidak adanya PPN yang dibebankan menciptakan harga barang di pasar tradisional lebih murah. Selain itu, khusus untuk produk sayur dan buah di pasar tradisional, kesejukan keduanya masih lebih terjaga. Hal ini disebabkan oleh asal buah dan sayur yang biasanya eksklusif dari petani.

Beberapa dari anda mungkin merasa gengsi atau aib lantaran harus pergi ke pasar tradisional untuk berbelanja. Hal ini dikarekan pasar tradisional identik dengan tempat yang kotor, kumuh dan konotasi negatif lain. Tapi sebaiknya anda ingat bahwa dikala ini pemerintah sudah mulai berperan aktif memperbaiki kemudahan di pasar tradisional semoga penjual dan pembeli sama-sama mencicipi kenyamanan dikala bertransaksi.

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Meracik Bumbu Sendiri

Trik menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari yang kedua ialah dengan meracik bumbu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa dikala ini ada banyak sekali perubahan yang terjadi, termasuk dalam hal produk bumbu makanan. Jika dulu anda harus meracik bumbu sendiri di rumah, maka kini anda bisa membeli bumbu instan dari pasar. Tidak hanya di supermarket, bahkan anda juga bisa menemukan bumbbu instan yang dijual di pasar tradisional.

Munculnya bumbu instan ini tidak lain lantaran ajakan pasar. Di masa modern menyerupai ini setiap orang mempunyai kesibukan yang padat sehingga waktu yang tersedia untuk memasak semakin sedikit. Untuk mengakali hal inilah makanya muncul ajakan dan penawaran terhadap bumbu instan. Dengan memakai bumbu instan, anda bisa dengan gampang memasak apapun dengan cepat dan enak.

Sebagai warta tambahan saja, dikala ini  hampir setiap kuliner tersedia bumbu instannya lho. Sebut saja soto, rawon, sayur sop, sayur asem, hingga rending. Bahkan selain kuliner berat, anda juga bisa menemukan bumbu instan untuk tempe goreng, ikan goreng dan nasi goreng juga. Kaprikornus bisa dibilang dikala ini bumbu instan sudah menjajah dapur dan dompet anda.

Nah, untuk anda yang memang mempunyai niat untuk menghemat biaya masak, maka mulai kini kurangi penggunaan bumbu instan. Akan lebih baik jikalau anda kembali ke zaman dulu di mana anda harus meracik bumbu sendiri. Selain ekonomis uang, meracik bumbu sendiri bisa meningkatkan kemampuan memasak anda secara keseluruhan lho. Tidak hanya itu, bumbu racikan sendiri tentu lebih lezat, sesuai selera, sehat dan bisa diubahsuaikan dengan kebutuhan sehingga tidak ada bumbu sisa yang terbuang lantaran tidak terpakai.

Jadi uang yang dialokasikan untuk membeli bumbu instan kini bisa dialihkan untuk membeli keperluan lain kan?

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Pilih Masakan yang Tahan Lama

Trik menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari selanjutnya ialah menentukan kuliner yang tahan lama. Masakan apa yang biasanya anda masak di rumah? Pasti ada cukup banyak sajian favorit atau kesukaan keluarga yang anda masak kan? Nah, untuk melaksanakan penghematan, tidak ada salahnya untuk merubah pola memasak anda. Beberapa kali dalam seminggu sebaiknya anda mulai memasak jenis kuliner yang tahan lama.

Beberapa kuliner tahan usang yang bisa anda coba ialah kuliner bersantan menyerupai semur, opor ayam dan beberapa kuliner bersantan lain. Intinya kuliner bersantan bisa anda simpan di kulkas dikala tidak habis dan bisa dihangatkan dikala akan disantap kembali. Nah, selain kuliner bersantan masih ada kuliner tahan usang lain yang bisa anda coba menyerupai sambal goreng kering (bisa berbahan kentang atau tempe), pepes ikan, ayam goreng, tempe/tahu/telor di balado dan lain sebagainya.

Selain tahan lama, makanan-makanan di atas juga enak dan tidak sulit cara memasaknya.

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Jangan Menyetok Bahan Makanan Berlebihan

Nah, trik selanjutnya untuk bisa menghemat biaya masak ialah dengan tidak membiasakan diri menyimpan materi kuliner secara berlebihan. Sudah menjadi diam-diam umum bahwa para ibu atau istri setiap kali berbelanja selalu membeli materi kuliner untuk stok di rumah , benar kan? Intinya penyetokan ini dilakukan untuk menghemat waktu berbelanja dan juga tidak ingin direpotkan dikala nanti tiba-tiba membutuhkan materi tersebut. Kaprikornus lemari dan tempat penyimpanan akan mempunyai stok kondusif untuk mendukung kreatifitas anda di dapur.

Sebenarnya hal ini tidak salah, tapi anda juga harus mengingat resiko menyimpan materi makanan. Jika anda tidak bisa menyimpan dengan benar, maka stok materi kuliner yang anda simpan bisa saja menjadi rusak atau kedaluwarsa sebelum dipakai. Nah, belum lagi jikalau anda kelupaan sudah membeli materi kuliner tersebut hingga kesudahannya tidak terpakai hingga masa kadaluarsa lewat. Ini berarti anda membuang sia-sia materi kuliner kan?

Jadi sebaiknya mulai dikala ini hindari untuk menyetok kecuali untuk hari-hari penting yang biasanya materi kuliner harganya naik drastis atau stok di pasar menipis menyerupai dikala lebaran, natal dan tahun baru. Intinya beli saja materi kuliner yang memang anda butuhkan semoga anda terhindar dari kerugian yang tidak perlu.

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Memasak Makanan Dengan Proses Cepat

Salah satu hal yang menciptakan biaya masak membengkak ialah konsumsi gas. Saat ini kompor gas menjadi salah satu media memasak paling terkenal mengingat kompor minyak sudah sangat jarang digunakan. Nah, tanpa disadari anda selalu menyalakan kompor gas setiap harinya. Bahkan anda tidak akan ingat berapa kali sehari anda menyalakan kompor gas, entah untuk memasak atau melaksanakan hal lainnya.

Sebagai seorang ibu atau istri yang bijak dan berusaha menghemat biaya masak, mulai kini anda harus memperhatikan pengeluaran gas elpiji. Mengingat harga gas yang tidak murah, maka tidak ada cara lain untuk menghemat gas kecuali dengan cara mengoptimalkan proses memasak makanan. Hindari untuk memasak kuliner yang membutuhkan proses lama. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan banyak sekali peralatan dapur yang bisa menunjang semoga proses memasak anda semakin cepat sehingga bisa menghemat pemakaian gas. Beberapa teladan peralatan yang membantu proses memasak lebih cepat ini ialah menyerupai panci presto, microwave dan lain sebagainya.

Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari – Hemat Bahan Makanan

Nah, trik selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari ialah dengan menghemat materi makanan. Yups, inti sari dari memasak ialah materi kuliner itu sendiri. Jika anda ingin melaksanakan penghematan maka cara terbaik ialah dengan menghemat pada dasarnya yaitu materi makanan.

Penghematan materi kuliner di sini tidak berarti anda harus mengurangi porsi memasak atau porsi kuliner yang dikonsumsi oleh anda sekeluarga. Lebih dari itu, anda harus memasak dengan optimal di mana  keoptimalan ini sanggup diukur dengan masakana harus habis dimakan atau appaun itu hindari untuk menyisakan makanan. Dengan memasak sesuai kebutuhan maka anda tidak akan membuang kuliner kan?

Nah selain mengoptimalkan kuliner yang anda masak, anda juga bisa menghemat materi kuliner dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Buat Bumbu Halus

Nah, cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghemat materi kuliner ialah dengan menghemat bumbu. Caranya bagaimana? Anda bisa menyetok bumbu halus. Kaprikornus sehabis berbelanja materi kuliner khususnya bumbu dapur, anda bisa menghaluskan masing-masing bumbu memakai blender. Haluskan bumbu secukupnya saja, yang terpenting bisa untuk stok yang cukup. Setelah bumbu dihaluskan, maka anda bisa mengemas bumbu halus tersebut ke dalam plastik atau wadah kedap udara. Kemudian simpan bumbu tadi ke dalam freezer semoga membeku.

Untuk menggunakannya, anda bisa mengeluarkan bumbu beku terlebih dahulu sebelumnya semoga bumbu melunak. Setelahnya, anda bisa menggunaan bumbu untuk memasak menyerupai biasa. Selain bisa menghemat bumbu dapur, menciptakan bumbu halus yang dibekukan juga bisa membantu anda menghemat pemakaian listrik lho. Hal ini lantaran dalam satu waktu, anda sudah memakai blender untuk menghaluskan bumbu.

  1. Membuat Bumbu Kaldu

Pada poin trik menghemat biaya masak, kita sudah membahasa bahwa anda sebaiknya meracik bumbu sendiri untuk memasak kuliner apapun. Nah, selain menyimpan bumbu racikan dalam bentuk serbuk atau bubuk, anda juga bisa menyimpannya dalam bentuk kaldu lho. Kaprikornus pertama-tama anda menciptakan bumbu kuliner yang anda inginkan. Lalu buat bumbu tersebut menjadi kaldu dalam jumlah banyak atau secukupnya.

Gunakan bumbu kaldu yang anda buat tadi sebagai stok untuk sewaktu-waktu jikalau ingin memasak. Kaprikornus sehabis kaldu masak dan didiamkan semoga dingin, anda bisa mengemasnya ke dalam plastik berukuran 1 liter. Kemudian simpan kaldu yang sudah diplastiki tadi ke dalam freezer. Pembekuan kaldu ini bisa menciptakan kaldu bertahan hingga satu bulan lho.

Nah, jikalau anda ingin memakai kaldu ini maka anda tinggal mengeluarkannya dari freezer dan diamkan semoga cair terlebih dahulu. Setelahnya anda tidak perlu repot menciptakan bumbu lagi kan? Sudah ekonomis bumbu, ekonomis waktu dan tenaga juga kan…

  1. Menghemat Santan

Santan termasuk ke dalam kategori materi kuliner yang sangat sering digunakan dalam proses memasak. Meskipun tidak setiap hari anda memasak kuliner bersantan, tapi tidak ada salahnya berhemat santan dengan cara ini. Cara yang akan kita bahas ini sama dengan cara menciptakan kaldu tadi. Kaprikornus anda di sini bisa menghemat santan dengan menyimpan santan beku.

Pertama-tama masak santan hingga mendidih (jangan lupa untuk terus mengaduk hingga mendidih semoga santan tidak pecah). Setelah mendidih, diamkan santan hingga benar-benar dingin. Setelah santan masak tadi dingin, maka anda bisa memasukkannya ke dalam plastik berukuran 1 atau ½ liter (sesuaikan dengan selera atau kebutuhan). Lalu simpan santan tadi ke dalam freezer.

Berbeda dengan kaldu tadi yang bisa disimpan hingga sebulan, maka santan mendapat perlakuan berbeda. Anda harus tahu bahwa santan tidak bisa terlalu usang disimpan (meski sudah beku) lantaran bisa mengubah rasa.

  1. Makanan Beku

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghemat materi kuliner ialah dengan membeli kuliner beku. Beberapa kuliner beku yang bisa anda beli menyerupai sosis, nugget, ayam bumbu kuning, scallop, baso dan lain sebagainya. Faktanya selain membeli kuliner beku, anda juga bisa menciptakan kuliner beku sendiri lho.

Ini tentu menciptakan kuliner beku yang identik dengan materi pengawet bisa lebih sehat lantaran anda yang membuatnya sendiri. Nugget dan ayam bumbu kuning ialah beberapa teladan kuliner beku yang bisa anda buat sendiri di rumah. Untuk jenis kuliner beku homemade lain, anda bisa dengan gampang mendapat informasinya di internet.

Makanan-makanan beku khususnya buatan sendiri ini bisa anda simpan dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam freezer untuk memperpanjang umurnya dan semoga rasanya tidak berubah.

Khusus untuk menyimpan kuliner atau materi kuliner ke dalam kulkas atau freezer, pastikan anda menuliskan keterangan waktu penyimpanan semoga anda juga tahu estimasi kapan kuliner yang anda simpan masih layak atau tidak untuk dikonsumsi. Selain itu anda juga harus memastikan cara penyimpanan di dalam freezer. Pastikan materi kuliner gres disimpan di freezer cuilan belakang dan cuilan depan digunakan untuk menyimpan materi kuliner lama. Ini akan membantu mencegah materi kuliner usang terlupa dan tidak terpakai lho.

Semoga warta mengenai trik menghemat biaya masak rumah tangga sehari-hari di atas bermanfaat untuk anda ya..


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Trik Menghemat Biaya Masak Rumah Tangga Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel