Tak Perlu Ribet, Begini Menciptakan Pembukuan Keuangan Sederhana Untuk Bisnis Kecil
Ketika Anda akan memulai sebuah usaha, maka Anda jangan sekedar mempersiapkan modal, dan produk saja. Tentunya Anda membangun bisnis untuk mendapat keuntungan? Jika memang itu yang Anda maksud, maka Anda dihentikan meninggalkan pembukuan keuangan. Karena pembukuan ini sangat penting bagi bisnis Anda.
Sebagian besar pemilik bisnis pemula, sering melupakan pembukuan dalam bisnisnya. Karena mereka hanya berfokus pada bagaimana cara semoga produk yang mereka jual sanggup laris dan dikenal oleh banyak orang. Hal ini lah yang menciptakan para pemilik bisnis sering melupakan tugas akuntansi dalam bisnis mereka.
Padahal akuntansi mempunyai tugas penting menyerupai halnya pembukuan yang merupakan salah satu proses akuntansi dalam bisnis. Meskipun bisnis yang Anda jalani belum mendapat untung sama sekali. Tetapi akuntansi sudah wajib ada dalam bisnis yang Anda jalankan tersebut. Sebuah pembukuan yakni kunci keberhasilan bisnis yang sedang Anda jalankan, baik itu bisnis berskala kecil maupun bisnis skala besar.
Mengapa Pembukuan Keuangan Penting?
Jika kita melihat pengertian pembukuan dari Wikipedia.com maka kita akan menemukan klarifikasi mengenai pembukuan. Wikipedia menyebut, pembukuan yakni pencatatan semua transaksi, yang mencakup penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran yang dilakukan oleh perseorangan dan organisasi.
Karena pembukuan keuangan dalam bisnis akan menjadi wujud laporan keuangan. Laporan ini akan menjadi alat komunikasi untuk mengetahui keuntungan dan rugi. Jika dalam perusahaan atau bisnis besar, laporan keuangan akan bertindak sebagai pola dalam mengambil keputusan untuk kemajuan perusahaan. Tetapi perusahaan besar, sudah mempunyai orang atau departemen tersendiri untuk mengurus segala hal mengenai akuntansi.
Jika bisnis yang Anda jalankan belum mempunyai jumlah transaksi yang begitu banyak, serta produk yang terjual pun belum begitu banyak. Mungkin masih terlalu gampang untuk mengetahui berapa untung dan rugi yang diperoleh, serta menghitung berapa banyak produk masuk dan keluar.
Namun, jika bisnis Anda sudah berkembang, dengan jumlah transaksi yang masih begitu banyak, dan stok barang masuk dan keluar semakin banyak pula. Maka Anda pun akan sulit melihat berapa keuntungan yang Anda peroleh. Jika sampai bisnis telah berkembang, Anda juga tidak memperbaiki sistem keuangan perusahaan, maka bisnis Anda akan berada dalam ambang kebangkrutan. Tentunya Anda tidak mau hal tersebut terjadi bukan?
Mulai Kapan Seharusnya Memiliki Pembukuan Keuangan?
Sejak Anda memulai membuka usaha. Seharusnya, Anda sudah memulai menciptakan pembukuan pada bisnis yang Anda miliki. Sehingga semenjak awal, Anda akan mengetahui berapa modal yang sudah Anda keluarkan untuk perjuangan yang Anda jalankan. Serta berapa keuntungan yang sudah Anda peroleh dari memulai perjuangan sampai hari ini. Sehingga semua data laporan keuangan tersebut sudah tersusun rapih.
Apa yang Harus Disiapkan?
Jika Anda ingin merapihkan setiap transaksi yang ada dalam bisnis Anda. Maka ada beberapa hal yang harus Anda siapkan. Apa saja yang wajib Anda siapkan untuk merapihkan setiap transaksi yang ada dalam perjuangan Anda.
Buat Catatan Khusus Transaksi Pengeluaran
Saat awal Anda mendirikan bisnis, maka Anda harus mempunyai catatan berapa pengeluaran yang sudah Anda keluarkan untuk bisnis Anda. Selalu catat setiap modal yang Anda keluarkan, sehingga Anda mengetahui secara terang berapa modal yang Anda keluarkan, dan mempunyai sasaran sampai kapan modal tersebut harus kembali.
Buat Catatan Khusus Transaksi Pemasukan
Selain mempunyai catatan pengeluaran, maka Anda juga harus mempunyai catatan pemasukan. Anda harus melaksanakan pencatatan jumlah pemasukan dalam setiap hari. Sehingga Anda mengetahui berapa jumlah keuntungan yang Anda peroleh dalam satu hari. Dan kedua catatan tersebut sanggup Anda jadikan sebagai pola dalam pembuatan pembukuan bulanan perjuangan Anda.
Catatan Khusus Barang Masuk dan Keluar
Tidak hanya transaksi keuangan yang harus mempunyai catatan. Tetapi barang masuk dan keluar harus memiliki catatan. Sehingga Anda mengetahui berapa jumlah barang yang keluar dan masuk setiap harinya, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh supplier maupun pegawai Anda.
Jika Anda Merasa Ribet, Gunakan Software Akuntansi
Mungkin Anda bukanlah pengusaha yang mengerti mengenai seluk beluk akuntansi. Sehingga Anda merasa kesulitan dalam menyusun pembukuan keuangan perjuangan yang Anda jalankan. Untuk membantu Anda dalam menyusun pembukuan bisnis, sebaiknya Anda memakai software Accurate, untuk mempermudah Anda dalam menyusun laporan keuangan.
Accurate merupakan software akuntansi dengan banyak sekali fitur unggulan. Dalam software tersebut, sanggup Anda gunakan untuk menciptakan arus kas masuk dan keluar, serta menciptakan laporan keuangan harian dan bulanan dalam hanya mengunakan Accurate.
Accurate juga mempunyai fitur untuk menyusun SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) untuk melaporkan jumlah pajak Anda. Selain untuk menciptakan sebuah laporan pembukuan keuangan bisnis Anda, Anda juga sanggup menyusun laporan pajak milik perjuangan Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk menyusun laporan perpajakan secara manual maupun dengan menyewa jasa seorang akuntan.
Sumber http://solusiukm.com
0 Response to "Tak Perlu Ribet, Begini Menciptakan Pembukuan Keuangan Sederhana Untuk Bisnis Kecil"
Posting Komentar