iklan banner

Suku Bunga Kpr 2013, Mencari Yang Murah Sehabis Bunga Naik

Yang punya pemberian lagi harap-harap cemas melihat naiknya suku bunga KPR yang sebentar lagi berimbas pada pembayaran cicilan kredit rumah yang lebih mahal. Yang punya planning beli rumah pakai kredit sama juga, sanggup gak ya bayar cicilan yang lebih mahal. Dua-duanya punya pertanyaan yang sama, suku bunga KPR di bank mana yang masih murah?

Sejak ekonomi mulai bergejolak di pertengahan tahun ini, Bank Indonesia sudah mengerek naik bunga teladan tiga kali. Sampai yang terakhir bunga teladan naik ke 7.25%. Cost of fund, atau biaya mengumpulkan dana yang harus dibayar bank, ikutan naik.

Akibatnya, suku bunga pemberian ikut naik, termasuk KPR.

Dapatkan  – GRATIS Panduan Mengambil KPR & Excel Menghitung Cicilan KPR.

Untuk melihat bagaimana kondisi suku bunga KPR ketika ini, dua ahad berselang, saya melaksanakan survei ke beberapa bank besar. Bertemu dengan marketing KPR di kantor cabang bank – bank ini. Bertanya soal suku bunga KPR yang gres sehabis kenaikkan bunga teladan dari BI dan mencari bank yang memperlihatkan bunga kredit rumah lebih murah dibandingkan yang lain.

Ini hasilnya.

Hasil Survei Bunga KPR

Secara umum, bank sudah menaikkan suku bunga KPR. Bunga fixed yang sebelumnya berada dikisaran 7% sudah naik ke tingkat 8-9%, sementara bunga mengambang melonjak ke level 12-13% dari sebelumnya di 9-10%.

Baca disini soal bunga KPR fixed vs. bunga KPR mengambang.

Siap – siapa buat Anda yang tidak usang lagi masa bunga fixed-nya berakhir. Bisa dipastikan, cicilan pemberian akan naik cukup tajam dengan tingginya bunga mengambang yang baru.

Sementara, buat Anda yang merencanakan mengambil rumah dan lagi bersusah payah mengumpulkan uang muka, saran saya simulasi kembali memakai suku bunga yang baru, berapa jumlah cicilan KPR  yang harus dibayar.

Pastikan bahwa Anda masih punya cukup kapasitas untuk membayar cicilan, maksimum 35% dari pendapatan. Simak disini Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga.

Tabel dibawah ini merangkum kondisi bunga KPR dari hasil survei yang saya lakukan. Perlu saya ingatkan bahwa kondisi bunga ini mungkin sekali sudah berubah ketika Anda tiba ke bank sekarang. Bunga di bank ketika ini cepat berubah seiring kondisi ekonomi yang sedang bergoyang tidak mengecewakan kencang.

Tapi sanggup dipastikan, kalaupun bunga KPR berubah, berubahnya naik keatas, bukannya turun selama bunga teladan dari BI masih belum turun.

 yang sebentar lagi berimbas pada pembayaran cicilan kredit rumah yang lebih mahal Suku Bunga KPR 2013, Mencari yang Murah Setelah Bunga Naik

Beberapa catatan dari survei:

  • Survei bunga yang disajikan disini yakni untuk pembelian rumah baru. Untuk kredit rumah bekas, umumnya suku bunga KPR lebih tinggi dibandingkan rumah baru. Walaupun, beberapa bank menerapkan bunga kredit rumah yang sama antara rumah gres dan bekas. Yang jelas, bunga kredit rumah bekas mustahil lebih rendah dari rumah baru.
  • Bunga KPR mengambang berada di kisaran yang cukup tinggi, 12-13%. Hanya KPR BCA yang punya bunga KPR mengambang paling murah dalam survei ini, yaitu 11%.
  • Bunga KPR tetap tahun pertama sudah berada di 8% lebih. KPR BCA kembali yang KPR paling murah untuk fixed tahun pertama, sebesar 8.25%
  • Yang menarik yakni suku bunga Bank Mandiri, yang ketika survei dilakukan, tidak mempunyai bunga fixed tetapi menerapkan bunga mengambang sepenuhnya. Apakah bunga KPR Mandiri akan terus memakai bunga mengambang, saya tidak tahu. Harus dipantau terus perkembangannya alasannya situasi sanggup berubah setiap saat. Hanya saja, dengan bunga mengambang semenjak awal masa kredit, kondisinya kurang menguntungkan bagi peminjam alasannya setiap ketika bunga sanggup berubah sesuai kebijakan bank.
  • Bunga KPR tetap fixed 5 tahun sudah tidak ditawarkan lagi oleh banyak bank, kecuali BCA. Makin panjang masa bunga fixed gotong royong makin menguntungkan bagi Anda yang berpendapatan tetap (fixed income earner) menyerupai karyawan alasannya sifat honor yang relatif tetap cocok dengan pembayaran cicilan yang juga tetap jumlahnya. Hilangnya bunga fixed 5 tahun di bank konvensional, gotong royong membuka peluang buat KPR syariah yang memperlihatkan cicilan tetap hingga dengan simpulan pinjaman.
  • Selain KPR BCA yang memang populer punya bunga murah, alasannya didukung sumber dana murah dari jaringan ATM dan kuatnya transaction banking mereka, KPR  BTN menawarkan bunga yang relatif murah dibandingkan yang lain. Hanya saja, suku bunga bank BTN tidak ada yang fixed dua tahun, terbatas di 1 tahun saja. Namun, dengan bunga mengambang yang juga relatif lebih rendah, KPR BTN sanggup jadi pilihan yang menarik dari sisi tingkat suku bunga.
  • KPR Niaga, Bank Permata dan Commonwealth Bank memperlihatkan tingkat bunga KPR dalam range yang hampir sama, baik dari tingkat bunga mengambang dan bunga tetap.

Bank mana yang punya suku bunga KPR murah? Tampaknya semua bank yang di survei disini sudah menaikkan bunga KPR mereka. Namun, ada bank yang punya bunga KPR relatif lebih murah dibandingkan yang lain. Ini sanggup jadi pilihan Anda.

Saran saya, sebelum memutuskan bank mana yang dipilih, lakukan survei ke beberapa bank dan simulasi untuk mendapat cicilan yang paling optimal. Ditengah kenaikkan suku bunga KPR menyerupai sekarang, mencari tingkat bunga yang relatif rendah yakni aktivitas yang pantas dilakukan sebelum memutuskan mengambil pinjaman rumah. Selamat berburu!

Simak Tulisan KPR terbaru: Suku Bunga Murah KPR, Ada di Bank Mana,  Tips Mendapatkan Cicilan Murah dan Bagaimana Memindahkan KPR ke Bank Lain Supaya Dapat Bunga Murah.

GRATIS E-Book Strategi Investasi


Sumber https://duwitmu.com

0 Response to "Suku Bunga Kpr 2013, Mencari Yang Murah Sehabis Bunga Naik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel