iklan banner

Sejak Kapan Insan Minum Kopi?


Pada dikala ini, kopi telah menjadi minuman populer yang dikonsumsi banyak orang di dunia. Bubuk kopi yang halus diseduh air panas, dan menghasilkan minuman yang menunjukkan cita rasa nikmat. Namun, sebelum era ke-14, kopi dinikmati tanpa diseduh.

Tanaman kopi pertama diperkirakan tumbuh di suatu tempat berjulukan Kaffa, sebuah provinsi di Ethiopia. Nama provinsi itu pula yang mungkin digunakan untuk memberi nama kopi. Suku Afrika Timur telah memakai buah yang berasal dari pohon kopi selama berabad-abad, tapi bukan sebagai minuman. Mereka memanggang buah kopi di atas panci terbuka, atau memasaknya dengan lemak hewan, dan memakannya.

Sampai kemudian, pada era ke-14, para pedagang Arab tiba ke Kaffa, dan mulai mengenal biji kopi. Mereka kemudian menanam kopi di Yaman. Di situlah orang kemudian mulai menyeduh kopi sebagai minuman. Sekitar pertengahan era ke-15, penggunaan kopi sebagai minuman menyebar ke Makkah, dan dari sana terus menyebar ke Baghdad, Kairo, Damaskus, hingga ke tempat-tempat lain.

Di Kairo, semenjak tahun 1511, telah ada kedai kopi. Sementara Eropa Barat gres mengenal kopi pada sekitar tahun 1615.

Hmm… ada yang mau menambahkan?




Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Sejak Kapan Insan Minum Kopi?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel