iklan banner

Penggunaan Vektor Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Misalkan seseorang ingin menyeberang sungai memakai bahtera dengan kecepatan x m/s. Dengan adanya arus sungai menimbulkan jarak yang ditempuh tidak sama dengan lebar sungai. Arus pada sungai menimbulkan bahtera agak terseret sehingga jaraknya semakin jauh dan waktu yang ditempuh juga semakin lama.

Kecepatan dari arus sungai dan kecepatan bahtera merupakan salah satu pola penggunaan vektor. Disamping mempunyai kecepatan vektor juga mempunyai arah. Dalah hal ini arah akan mempengaruhi resultan vektor.

Vektor ialah suatu besaran yang mempunyai nilai dan mempunyai arah.

Selain pola bahtera yang menyeberang sungai diatas, penggunaan vektor dalam kehidupan sehari-hari yang lain ialah sebagai berikut :

Ketika terdapat bawah umur yang bermain layang-layang, cobalah perhatikan arah dari layang-layang tersebut terhadap anak yang memegang tali layang-layang. Ternyata arah dari layang-layang tidak lurus dengan anak yang memegang tali layang-layang. Hal ini disebabkan lantaran angin yang menimbulkan layang tidak lurus dengan anak pemegang tali. Hal ini termasuk penggunaan vektor.

Atau ketika bawah umur bermain permainan jungkat-jungkit  pada suatu bidang miring. Dengan adanya vektor pada bidang miring tersebut menimbulkan anak yang sedang bermain tidak terlempar dari bidang tersebut.

Coba kita perhatikan ketika terdapat seorang pemanah yang akan memanah. Seorang pemanah yang menarik anak panah dari busur ialah penerapan vektor. Tarikan antara anak panah dan busur panak ialah resultan vektor gaya tarik tali dari kedua ujung busur panah itu.

Contoh lain penggunaan vektor yaitu dikala seorang terjun dari pesawat, maka daerah jatuhnya tidak sempurna lurus di bawah pesawat tersebut. Hal ini disebabkan lantaran adanya gaya gravitasi dan adanya gaya dorong angin.

Sementara penggunaan vektor dalam peralatan modern contohnya dipakai seorang pilot ketika sedang menerbangkan pesawat. Pilot tersebut memakai komputer navigasi yang dihubungkan dengan vektor yang dipakai sebagai arah bagi sang pilot. Hal ini bertujuana supaya arah dari pesawat sesuai jalur dan tidak kehilangan arah, sehingga hingga pada tujuan.

Vektor juga dipakai dalam kalap selam. Bagaimana penerapan vektor pada kapal selam? Pada kapal selam terdapat rongga sebagai daerah keluar masuknya air atau udara. Pada dikala rongga tersebut berisi udara, maka air yang keluar sama dengan berat kapal. Dengan keadaan ini kapal selam sanggup mengapung. Namun, ketika rongga udara dibuka maka volume air dalam rongga akan bertambah, keadaan ini menimbulkan kapal selam tenggelam.

Dalam komputer, penggunaan vektor yaitu dalam pembuatan garfis. Grafis ialah gambar yang terbuat dari koordinat-koordinat. Sedangkan layar komputer difungsikan sebagai sumbu x dan sumbu y. Grafik vektor merupakan gambar yang terbuat dari adonan antara titik-titik dan garis dengan rumus matematika tertentu. Aplikasi software dalam komputer yang memakai vektor ialah coreldraw dan adobe illustrator. Aplikasi tersebut sanggup dipakai untuk menciptakan gambar 3D.

Demikian beberapa penggunaan vektor dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin masih banyak penerapan vektor lain yang ada disekitar kalian.


Untuk pembahasan bahan vektor secara detail akan kita bahas sesudah ini. Terimakasih.


Sumber http://ngajimatematika.blogspot.com

0 Response to "Penggunaan Vektor Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel