iklan banner

Pemeliharaan Flora Coklat Sederhana Dan Mudah

Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah


Sedulurtani.com. Setelah melaksanakan penanaman tumbuhan coklat maka langkah selanjutnya, yaitu pemeliharaan. Dimana pemeliharaan tumbuhan coklat mencakup pemangkasan, pemupukan, dan pengendalian gulma.


Baca jugaKlasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Pemeliharaan tumbuhan ini dimaksudkan untuk memperoleh pertumbuhan dan produksi yang maksimal. Oleh alasannya itu, pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin menyebarkan isu tentang, pemeliharaan tumbuhan coklat sederhara dan mudah.

Berikut ini yakni uraian dari pemeliharaan tumbuhan coklat secara sederhana tersebut :

a.Pemangkasan

Pemangkasan ditujukan untuk pembentukan cabang yang seimbang dan pembentukan vegetatif yang baik. Pada tumbuhan coklat yang belum menghasilkan (TBM) perlu dipangkas sehabis tumbuhan berumur 8 bulan.


Pemangkasan ini dilakukan satu kali dalam dua minggu, tunas-tunas air dipangkas sempurna dipangkal batang utama atau cabang primer yang tumbuh.


Pangkas sampai meninggalkan 3-4 cabang saja, dan batang yang diharapkan simetris dengan cabang utama.


Pemangkasan juga  perlu dilakukan pada tumbuhan pelindung. Jenis pohon pelindung sementara harus dilakukan pemangkasan biar tidak begitu menutupi tumbuhan coklat.


Pohon pelindung sementara sebaiknya memilikii tinggi sekitar 1,5 m supaya tumbuhan coklat mendapat sinar yang sesuai untuk pertumbuhanya.


Sementara itu untuk pohon pelindung tetap, pada cabang utama dibiarkan tumbuh selama satu tahun gres kemudian dilakukan pemangkasan. Hal ini dimaksudkan supaya tidak menawarkan naungan terlalu gelap pada tumbuhan utama.


Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Praktis Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah
Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah

b.Pemupukan

Pemberian pupuk pada tumbuhan coklat dimaksudakan supaya tumbuhan cepat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Tanaman coklat dipupuk sehabis berumur 2 bulan di lapangan.


Pemupukan untuk TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) dilakukan dengan menaburkan pupuk melingkar mengelilingi pohon dengan jaran sekitar 15-50 cm untuk tumbuhan berumur 2-10 bulan. Sedangkan untuk tumbuhan yang telah berumur 14-20 bulan sebaiknya diberikan dengan jarak 50-75 cm dari batang utama.


Untuk mendapat hasil yang lebih baik, maka sebaiknya pada bab bulat tersebut dibersihkan terlebih dahulu. Setelah tumbuhan menghasilkan, tumbuhan pun harus tetap diberi pupuk dengan teratur dan sesuai takaran yang direkomendasikan.


Pemberian pupuk utama diharapkan tumbuhan coklat yaitu pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K. Berikut ini yakni takaran pupuk untuk tumbuhan coklat menurut umur tanamanya :











































Umur bibitPupuk (gram/pohon)
UreaTSPMoPKiesrit
620030025075
720025025075
8175300250100
9175250250100

Sumber : P4TM 1983


c. Pengendalian Gulma

Secara umum pengendalain gulma pada tumbuhan kakao dilakukan saat masa TBM yang dilakukan dengan manual ataupun kimiawi.


Jenis-jenis gulma yang sering hadir pada budidaya tumbuhan ini, antara lain Paspalum conjugatum, Ageratum conyzoides, Axonophus compressus, Eleusine indica, dan Mikania micranta.


Biasanya gulma yang tumbuh pada bedeng pembibitan dikendalikan memakai herbisida pratumbuh. Pengendalian gulma pada areal tanam kakao muda, ditujukan untuk membersihkan piringan tumbuhan dengan diamter 0,5 cm.


Selain itu, pencucian dilakukan dengan pendongkelan anak kayu, anakan yang tumbuh liar, atau pemberantas ilalang juga harus dilaksanakan supaya areal tanam higienis dari tumbuhan pengganggu.


Baca juga :



Demikian artikel tentang,Pemeliharaan Tanaman Coklat Secara Sederhana dan Mudah. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Pemeliharaan Flora Coklat Sederhana Dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel