iklan banner

Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)

Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)


Sedulurtani.com. Sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan coklat, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut.


Dimana tumbuhan coklat akan tumbuh dan menghasilkan secara maksimal apabila diusahakan pada kondisi lahan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.


Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat  Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)
Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap


Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin membuatkan gosip tentang, Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (kakao).


Dengan mengetahui syarat tumbuh dari tumbuhan ini, maka dibutuhkan akan sanggup menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tumbuhan kakao.


Berikut ini yakni syarat tumbuh dari tumbuhan coklat (kakao) :

Kakao cocok apabila diusahakan pada kawasan yang berada pada 10o LU dan 10o LS. Daerah penanaman yang baik untuk tumbuhan ini apabila mempunyai curah hujan 1.100-3.000 mm/tahun.


Dalam budidaya kakao curah hujan ini sangat berperan penting untuk pembentukan tunas muda.


Dimana curah hujan yang rendah dalam budidaya kakao juga akan mengakibatkan produksi ikut rendah. Selain itu, jikalau curah hujanya merata maka akan menjadikan contoh panen menjadi ikut marata.


Dalam penelitian, suhu ideal untuk pertumbuhan tumbuhan coklat antara 30-32o C (suhu maksimum) dan 18-21o C untuk (suhu minimum). Dalam pertumbuhanya tumbuhan coklat membutuhkan naungan semoga tidak terkena sinar matahari secara penuh.


Tanaman coklat bisa hidup pada segala jenis tanah, asalkan sesuai dengan syarat fisik dan kimia yang dibutuhkan tanaman  tersebut. Tekstur tanah yang baik untuk budidaya tumbuhan coklat yaitu lempung liat berpasir dengan komposisi fraksi liat 40%, pasir 50%, bubuk 10%.


Tipe tanah ibarat halnya latusol sangat kurang menguntungkan bagi tumbuhan ini, sedangkan tipe tanah regusol dengan tekstur lempung, liat dan berkerikil akan lebih baik daripada tanah latusol.


pH optimum untuk pertumbuhan tumbuhan coklat, yaitu antara 6-7,5. Selain pH tanah, sifat kimia tanah juga berperan penting yaitu kandungan materi organik dari tanah.


Bahan organik yang tersedia dalam jumlah besar akan meningkatkan laju pertumbuhan tumbuhan sebelum menghasilkan (berbuah).


Sebagai upaya untuk meningkatkan kandungan materi organik tanah sanggup dilakukan dengan memanfaatkan seresah sisa pemangkasan ataupun kulit buah coklat.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao). Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda yang sedang mencari gosip terkait syarat tumbuh tumbuhan coklat.



Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel