iklan banner

Mengapa India Terpecah Menjadi Dua Negara?


Selama masa Perang Dunia II, India ada dalam jajahan Inggris. Banyak orang India yang berjuang alasannya yaitu menginginkan kemerdekaan dari kekuasaan Inggris,
salah satunya digerakkan oleh Mohandas Gandhi, yang lalu dikenal sebagai Mahatma Gandhi. Mereka tidak hanya ingin terlepas dari penjajahan, tapi juga menginginkan dapat membangun sendiri industri dan kejayaan di India.

Pada final Perang Dunia II, tuntutan dan usaha rakyat India semakin keras, dan Inggris kesulitan untuk mengabaikan tuntutan itu. Negosiasi pun berlangsung rumit, alasannya yaitu adanya tuntutan umat Muslim di India. Kekerasan lalu pecah antara orang Hindu dan Muslim, hingga para pemimpin India dan Inggris waktu itu kesannya menyetujui untuk membagi India menjadi dua negara, yaitu India untuk penganut Hindu dan Pakistan untuk umat Muslim.

Pada 15 Agustus 1947, India memperoleh kemerdekaannya. Pada waktu itu pula, orang-orang Hindu dan Muslim keluar dari rumahnya untuk pindah ke daerah tinggal yang gres (India atau Pakistan). Pada waktu itulah terjadi bentrok antara dua pihak, hingga ratusan ribu orang terbunuh.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Mengapa India Terpecah Menjadi Dua Negara?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel