iklan banner

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Pada dasarnya bisnis bisa dimulai kapanpun, di manapun dan oleh siapapun. Tidak peduli apapun latar belakang pendidikan dan keluarga, seseorang bisa saja membangun sebuah bisnis atau usaha. Kesempatan setiap orang untuk mendirikan perjuangan itu sama, hanya saja hasil akibatnya yang berbeda.

Faktanya ada banyak sekali faktor yang bisa menjadi penyebab bisnis yang anda berdiri menjadi sukses atau gagal. Sebagai orang yang ada di belakang kemudi bisnis anda, terperinci anda tidak bisa meremehkan faktor-faktor tersebut kalau anda benar-benar ingin mempunyai bisnis yang tidak hanya besar lengan berkuasa tapi juga mempunyai prospek ke depan yang bagus.

Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Pada dasarnya bisnis bisa dimulai kapanpun Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Sumber: blog.worknplay.com

Seperti yang dibahas di awal ulasan ini bahwa ada cukup banyak faktor yang bisa menghipnotis kelangsungan bisnis anda. Nah, salah satu faktor tersebut ialah tempat pendirian bisnis atau usaha. Sudah menjadi diam-diam umum bahwa lokasi perjuangan seringkali menjadi penentu berhasil atau tidaknya bisnis anda. Masalahnya tidak semua orang beruntung dengan bisa mempunyai tempat dengan lokasi strategis. Daripada anda galau mencari tempat untuk mendirikan usaha, kenapa anda tidak memanfaatkan apa yang sudah anda miliki.

Kebanyakan orang sering tidak sadar bahwa sebetulnya mereka mempunyai aset yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Hal ini masuk akal mengingat, secara umum dikuasai orang lebih fokus pada pencapaian orang lain dan muncullah cita-cita untuk mengikuti jejak orang tersebut. Nah, salah satu aset pribadi yang biasanya sering dilupakan ialah lahan kosong. Faktanya, menyepelekan lahan kosong bukanlah hal yang tepat. Hal ini alasannya ialah ada beberapa bisnis yang bisa anda kembangkan atau berdiri di atas lahan kosong tersebut. Yuk simak  beberapa cara memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis berikut ini:

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Kontrakan

Kontrakan menjadi salah satu bisnis yang cocok untuk dibangun di lahan kosong. Selain termasuk dalam investasi jangka panjang, membangun kontrakan di lahan kosong yang anda miliki akan menciptakan anda mempunyai penghasilan sampingan yang cukup besar dan stabil. Meskipun di awal pembangunan akan diharapkan dana yang tidak sedikit, tapi anda harus ingat bahwa ROA (Return on Asset) atau tingkat pengembalian mobal pada bisnis ini cukup menjanjikan.

Selain ROA yang menjanjikan, bisnis kontrakan juga mempunyai pangsa pasar yang cukup luas. Beberapa sasaran pasar yang cocok untuk bisnis kontrakan ini ialah mahasiswa, pekerja atau karyawan, perantau, guru sampai keluarga-keluarga yang masih belum mempunyai rumah sendiri.

Nah, untuk membangun kontrakan sebaiknya anda membangunnya dengan benar. jangan asal-asalan alasannya ialah bisnis ini merupakan bisnis jangka panjang yang tentunya mengatakan penghasilan sampingan yang stabil di masa depan. Ingat, pengeluaran ibarat perbaikan dan biaya-biaya lainnya bisa cukup membebani kalau anda tidak membangun rumah kontrakan dengan benar semenjak awal.

Kemudian untuk desainnya, pastikan anda menyediakan kamar mandi, dapur, kamar, dan ruang tamu. Untuk jumlah kamar dan luas ruangan sebaiknya diadaptasi dengan luas lahan kosong. Jika memang kontrakan ini anda tujukan untuk dipakai oleh mahasiswa atau karyawan yang biasanya suka mengontrak bersama, maka anda bisa menambahkan jumlah kamarnya.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Tempat Parkir

Bisnis kedua yang bisa anda berdiri di lahan kosong ialah tempat parkir. Jika lahan kosong anda terletak di kawasan pinggir kota, sentra kota atau bersahabat dengan terminal, stasiun dan tempat-tempat publik lain di mana banyak orang biasanya akan menitipkan sepeda. Maka pilihan untuk memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis tempat parkir sangatlah tepat.

Di kota-kota besar ketika ini bisa kita lihat kemacetan yang terus saja menjadi permasalahan utama. Hal ini tentu menciptakan orang-orang merasa malas untuk membawa kendaraan sendiri kan? Mereka lebih suka berangkat dari rumah dengan kendaraan pribadi dan di satu titik mereka akan lebih menentukan untuk berganti memakai transportasi umum. Nah, anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membangun tempat parkir di lahan kosong yang anda miliki.

Sebaiknya anda juga membangun tempat parkir yang mempunyai atap dan bangunan khusus. Di mana atap pada tempat parkir ini bisa berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari terpaan hujan atau panas matahari. Sedangkan untuk bangunan tertutup, mungkin anda bisa menggunakannya untuk penitipan kendaraan 24 jam.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Disewakan Pada Pihak Lain

Penyewaaan lahan kosong kepada pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang sempurna kalau anda tidak suka dengen pemeliharaan dan lain sebagainya. Pilihan bisnis ini juga cocok bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus bisnis sampingan. Kaprikornus anda yang mungkin merupakan karyawan penuh di sebuah perusahaan, kalau anda mempunyai lahan kosong, maka anda bisa menyewakannya pada pihak lain. Berikut ini ada beberapa pihak yang biasanya membutuhkan lahan kosong dan anda bisa mencoba peruntungan dengan memperlihatkan lahan kosong anda pada mereka:

  • Pengusaha POM Bensin

Jika ada orang yang mempunyai lahan kosong tapi tidak mempunyai modal untuk mendirikan usaha, maka ada juga orang yang mempunyai modal untuk mendirikan perjuangan tapi tidak mempunyai lahan yang cocok. Nah, anda bisa mencoba memanfaatkan lahan kosong yang anda miliki untuk ditawarkan pada pengusaha POM bensin salah satunya. Caranya, anda bisa mendatangi kantor cabang Pertamina terdekat untuk memperlihatkan lahan kosong yang anda miliki. Nanti pihak Pertamina akan membuka atau mengatakan anda jalan kalau memang ada pengusaha POM bensin yang sedang kesulitan mencari lahan untuk mendirikan POM bensin.

  • Pemilik Pabrik

Selain untuk perjuangan POM bensin, nyatanya anda juga bisa menyewakan lahan kosong yang anda miliki kepada pemilik pabrik. Biasanya ada cukup banyak pemilik pabrik yang ingin meluaskan pabrik atau tempat usahanya namun belum menemukan lokasi yang sesuai. Selain itu, pemilik pabrik biasanya juga membutuhkan lahan kosong untuk mendirikan toko atau gudang sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis. Anda bisa mencari isu ihwal pemilik pabrik yang membutuhkan lahan kosong melalui internet. Atau anda juga bisa menciptakan iklan di internet atau menciptakan flyer (selebaran) biar isu mengenai penyewaan lahan kosong milik anda lebih cepat tersebar.

  • Pengusaha Taxi atau Truk

Nah, opsi ketiga dalam penyewaan lahan kosong ialah pengusaha taxi atau angkutan truk. Anda tentu tahu bahwa biasanya pengusaha ibarat ini akan membutuhkan tempat lapang untuk memarkirkan kendaraan-kendaraannya ketika tidak beroperasi. Anda terperinci bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan memperlihatkan lahan kosong yang anda miliki untuk disewa oleh mereka. Dengan kecanggihan teknologi ketika ini, anda bisa dengan gampang menemukan isu mengenai pengusaha taxi atau truk di wilayah anda.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Budi Daya Tanaman Hias, Sayuran dan Buah

Apa Anda tahu bahwa tanaman, sayuran dan buah bisa menjadi obyek yang sempurna untuk pemanfaatan lahan kosong anda? Simak ulasannya berikut ini:

  • Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang cukup menjanjikan. Anda mungkin akan lebih baik kalau sudah mempunyai pengetahuan ihwal tumbuhan hias sebelum memulai bisnis ini. Tapi anda yang belum mempunyai pengetahuan ihwal hal ini pun tetap berpeluang untuk sukses dalam bisnis ini. Hal ini alasannya ialah budidaya tumbuhan hias bisa dipelajari secara otodidak. Ada cukup banyak rujukan yang bisa anda pakai, mulai dari buku sampai isu yang ada di internet. Anda tinggal menentukan isu atau rujukan mana yang anda butuhkan dalam bisnis yang akan anda jalankan.

Pangsa pasar bisnis budidaya tumbuhan hias bisa dibilang cukup luas lho. Bahkan anda juga bisa memasarkan lebih luas alasannya ialah keberadaan internet yang memudahkan anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini cukup banyak orang yang tidak mempunyai lahan cukup untuk menciptakan taman atau spot  hijau di sekitar rumahnya. Hal ini bisa dibilang sebagai salah satu faktor yang menciptakan usul akan tumbuhan hias semakin tinggi.

Beberapa jenis tumbuhan hias yang bisa anda budidayakan dan mempunyai usul cukup tinggi di pasar ialah bonsai, bunga melati, bunga kemuning, kamboja, alamanda, bunga matahari dan lain sebagainya. Anda juga bisa menambahkan beberapa tumbuhan hias lain yang berdasarkan anda mempunyai prospek penjualan yang bagus.

  • Budidaya Sayuran dan Buah-Buahan

Selain dipakai sebagai tempat budidaya tumbuhan hias, anda juga bisa memanfatkan lahan kosong untuk bisnis budidaya sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan menjadi komoditi yang tidak pernah bisa turun pangsa pasarnya,  karena faktanya semua orang membutuhkan asupan gizi dan nutrisi dari sayuran setiap hari.

Untuk problem cara budidaya sayuran dan buah ini, anda tidak perlu khawatir alasannya ialah ketika ini anda bisa dengan gampang menemukan rujukan melalui buku ataupun internet. Bahkan kalau anda mau mencari tahu, anda akan mendapat banyak sekali cara cepat dan baik untuk budidaya buah dan sayuran. Salah satunya ialah cara bercocok tanam dengan hidroponik. Cara yang satu ini menciptakan anda bisa memaksimalkan lahan kosong lebih optimal alasannya ialah tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, bahan-bahan gampang didapatkan dan cara penanaman yang mudah. Hasil yang diperoleh melalui hidroponik juga lebih cepat lho..

Beberapa jenis sayuran yang bisa anda coba untuk dibudidayakan ialah bayam, kol, ubi jalar, labu, jagung dan lain sebagainya. Kemudian untuk jenis buah yang bisa anda budidayakan ibarat buah naga, mangga, sawo, alpukat, semangka, melon dan lain sebagainya.

  1. Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis – Apotek Hidup

Siapa bilang apotek hidup tidak bisa membawa laba secara finansial untuk anda?

Siapa bilang apotek hidup tidak bisa membawa laba secara finansial untuk anda? Faktanya, apotek hidup yang berisi dengan tanaman-tanaman obat alami menjadi salah satu komoditi yang layak untuk diperjual belikan. Apalagi ketika ini semakin banyak orang yang sadar akan teladan hidup yang lebih sehat. Mereka tidak lagi ingin bergantung pada obat-obatan kimia ataupun dokter. Banyak orang lebih menentukan untuk mengkonsumsi air rebusan tumbuhan tertentu untuk mengatasi problem kesehatan yang dialami daripada pergi ke dokter dan berakhir dengan mengkonsumsi obat-obat kimia.

Setiap orang mempunyai pilihan hidup masing-masing termasuk dalam hal kesehatan. Menjaga teladan makan sampai mengikuti gaya hidup sehat menjadi prioritas orang-orang di kurun modern ketika ini. Anda yang kebetulan mempunyai lahan kosong tentu dilarang menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Ambil kesempatan ini dan berdayakan lahan kosong anda untuk budidaya apotek sehat. Ada cukup banyak tumbuhan herbal yang bisa tumbuh dengan baik di Indonesia dan ini terperinci menciptakan jalan anda lebih mudah. Sebelum mulai penanaman, sebaiknya anda menciptakan skema terlebih dahulu. Pastikan setiap tumbuhan ditanam berkelompok sesuai dengan jenisnya biar anda lebih gampang dalam merawat dan memanennya nanti.

Kemudian, pastikan anda mebeli bibit berkualitas dan cukupi semua kebutuhan proses penanaman. Paling penting, anda harus mengenal karakteristik masing-masing tumbuhan biar anda tidak salah dalam merawatnya nanti. Selagi dalam proses pertumbuhan dan perawatan, anda bisa mulai mencoba promosi. Untuk problem promosi ini, anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi ibarat medsos untuk melebarkan sasaran pasar. Nah, kalau tanaman-tanaman sudah siap untuk dipanen, maka anda bisa mulai mempersiapkan cara pengemasan dan pengiriman.

Dalam setiap bisnis niscaya ada halangan atau kesalahan yang mungkin terjadi. Untuk itu anda dilarang mengalah kalau sedang menghadapi kegagalan dan turunannya. Lakukan penilaian dan cari solusi biar bisnis budidaya apotek hidup anda bisa berkembang.

Tips Memanfaatkan Lahan Kosong

Pada dasarnya bisnis bisa dimulai kapanpun Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis

Sumber: investasiuntung.com

Dalam memanfaatkan lahan kosong, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan. Tidak hanya berhenti pada poin pertimbangan,anda juga harus jeli dalam memanfaatkan lahan kosong ibarat ini. Nah, untuk membantu anda biar bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong untuk bisnis, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti:

Pilih Bisnis yang Paling Sesuai

Tips pertama ialah menentukan bisnis yang sesuai dengan kondisi dan lokasi lahan kosong yang anda miliki. Setiap lahan kosong mempunyai potensi masing-masing dan anda harus jeli dalam melihat potensi ini. Jangan terpengaruhi oleh tren ataupun saran dari orang lain alasannya ialah faktanya saran saja tidak cukup untuk menciptakan bisnis yang anda berdiri bisa bertahan dan berkembang. Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya anda mulai melaksanakan riset kecil-kecilan untuk mengetahui potensi dan cara terbaik untuk memanfaatkan lahan kosong yang anda miliki.

Beri Pembatas

Jika anda tidak berniat untuk memanfaatkan lahan kosong dalam waktu dekat, maka sebaiknya anda mengatakan pembatas yang terperinci di sekeliling lahan yang anda miliki. Intinya anda dilarang membiarkan lahan kosong mati tanpa ada penanda bahwa lahan tersebut ada pemiliknya. Selain bisa mencegah terjadinya kecurangan dari pihak lain dalam merebut lahan, mengatakan pembatas juga menciptakan orang lain tidak sembarangan masuk ke dalam lahan kosong anda.

Kehadiran pembatas juga bisa meminimalisir terjadinya pemanfaatan lahan secara liar, mengingat anda mustahil 24 jam bisa mengawasi lahan. Nah, untuk jenis pembatas yang bisa anda pertimbangkan untuk dipakai ialah pembatas kawat, seng sampai tembok. Jika anda melihat dari sisi kekuatan sampai keamanan maka memakai pembatas tembok ialah pilihan paling tepat. Tapi kalau anda tidak mempunyai dana lebih, maka pembatas berupa kawat atau seng sudah lebih dari cukup. Ini alasannya ialah pada dasarnya anda hanya perlu menandai bahwa lahan kosong itu ialah milik anda.

Konsisten dan Komitmen Itu Penting

Dalam menjalankan bisnis apapun, anda membutuhkan konsistensi dan komitmen yang kuat. Jangan memanfaatkan lahan kosong anda untuk membangun bisnis kalau memang anda tidak mempunyai waktu atau kemampuan untuk mengelolanya. Intinya sebuah bisnis bisa anda anggap sebagai anak di mana mereka harus diperhatikan, dirawat dan dijaga biar bisa berkembang dan bertahan di dunia.

Semoga isu mengenai memanfaatkan lahan kosong untuk bisnis di atas bermanfaat untuk anda semua


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Memanfaatkan Lahan Kosong Untuk Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel