iklan banner

Kpr Btn: Bunga Bersaing, Jangkauan Luas Dan Tenor Panjang

Mungkin bagi sebagian orang, KPR BTN (Bank Tabungan Negara) dianggap hanya untuk rumah – rumah ukuran kecil, atau kini disebut rumah sederhana. Bukan hal yang 100% salah alasannya ialah memang BTN paling banyak membiayai rumah – rumah skala kecil, bahkan hingga muncul istilah rumah BTN.

Namun, KPR BTN bergotong-royong lebih dari itu. Punya fitur yang lebih unggul dibandingkan bank lain. Mari kita lihat. Mungkin cocok dengan kebutuhan KPR yang sedang Anda cari ketika ini.

Dapatkan GRATIS Panduan Mengambil KPR.

Jaringan BTN Terluas

Bisa dipastikan bahwa BTN memilik jaringan KPR yang paling luas. Menurut situs bank ini, jumlah jaringan mencapai 820 outlets per Juni 2013. Tersebar di semua propinsi, dari Aceh hingga Papua.

Beberapa teman yang mempunyai bisnis properti di tempat pelosok sangat mengandalkan KPR BTN dalam pembiayaan pembelian rumah – rumah mereka. Beberapa alasan yang mereka sampaikan.

Pertama, KPR BTN bisa dengan gampang ditemukan, bahkan hingga di pelosok kota – kota kecil. Sementara, bank – bank lain biasanya tidak mempunyai perwakilan KPR di kota – kota kecil tersebut.

Lho, bukannya beberapa bank punya jaringan kantor cabang yang lebih luas dari BTN. Betul bahwa jaringan kantor cabang mereka lebih luas. Tetapi, tidak semua kantor cabang tersebut mempunyai perwakilan yang menangani KPR. Akibatnya, KPR harus dikirimkan ke kantor wilayah yang memakan waktu lebih usang dan biasanya birokrasi menjadi lebih panjang.

Dengan adanya perwakilan BTN di kota tersebut, proses pengajuan pemberian menjadi lebih cepat dan komunikasi lebih mudah. Tidak perlu pengiriman aplikasi dari awal ke kantor wilayah. Pengiriman ke kantor wilayah tetap bisa terjadi, namun untuk kepentingan proses lebih lanjut, yaitu persetujuan kredit diatas nilai tertentu, atau jikalau terjadi penyimpangan yang perlu persetujuan pejabat lebih tinggi.

Kedua, alasannya ialah KPR BTN punya perwakilan di kota tersebut, kantor ini mempunyai local knowledge mengenai kondisi di tempat tersebut. Tidak jarang ditemukan  kondisi yang berbeda di kota – kota tertentu, yang membutuhkan penanganan yang berbeda. Dalam kondisi ini local knowledge menjadi penting untuk memahami kondisi tersebut dan mempercepat proses pengurusan.

Kalau tidak ada kantor perwakilan dan penanganan aplikasi dilakukan di tingkat wilayah, local knowledge menjadi terbatas. Pengalaman teman – teman di daerah,  keterbatasan local knowledge menciptakan aplikasi lebih cenderung ditolak, terutama jikalau terdapat hal – hal yang spesifik di wilayah tersebut yang  membutuhkan keringanan kebijakan.

Tenor BTN Terpanjang

Jangka waktu kredit ialah faktor yang penting dalam KPR. Kenapa? Tidak layaknya menyerupai kredit kendaraan beroda empat atau kredit konsumsi yang dipakai untuk membeli barang yang nilainya cepat terdepresiasi, nilai aset properti yang didanai oleh KPR cenderung meningkat setiap tahun. Aset properti mengalami apresiasi.

Ini wajar, sesuai dengan ungkapan bahwa tanah di dunia ini mustahil bertambah lagi, sementara demand terus meningkat (kenaikkan jumlah penduduk), sehingga nilai aset niscaya naik.

Dengan nilai properti yang menyerupai itu, financial planning menyarankan jangka waktu kredit rumah dilakukan sepanjang mungkin. Apa tidak khawatir?Seandainya menunggak pun, hasil penjualan aset diperkirakan masih lebih tinggi dibandingkan jumlah hutang, sehingga debitur tidak akan rugi.

Begitu teorinya kenapa jangka waktu KPR sebaiknya lama, selain alasannya ialah bertujuan menurunkan beban cicilan bulanan.

Nah, masalahnya jangka waktu pemberian KPR di Indonesia dianggap masih belum optimal, maksimum hanya 20 tahun. Ini dibawah jangka waktu yang umum terjadi luar negeri di ekonomi lebih maju, yaitu jangka waktu KPR bisa hingga 30 tahun.

KPR BTN berbeda dengan yang lain.

Jangka waktu kredit bisa mencapai 25 tahun. Mereka ialah bank dengan penawaran tenor KPR terlama.

Dengan begini, pengambilan KPR bisa lebih optimal dan lebih menguntungkan bagi debitur.

Bunga KPR BTN

Berapa bunga KPR BTN? Bunga dibedakan menurut rumah gres dan rumah lama. Rumah gres punya bunga yang lebih rendah di 8.49%, sementara rumah usang 9.75% per tahun untuk bunga tetap di tahun pertama. Bunga mengambang gres saja naik ke 12.5% dari sebelumnya di 11.5% setahun. Selengkapnya bisa dilihat di tabel ‘Bunga KPR BTN Sept 2013’.

 salah alasannya ialah memang BTN paling banyak membiayai rumah  KPR BTN: Bunga Bersaing, Jangkauan Luas dan Tenor Panjang

Namun, definisi rumah gres dan rumah usang perlu diperhatikan. Yang masuk kategori rumah gres ialah pembelian dari developer yang sudah berhubungan dengan BTN. Pembelian rumah dari pihak lain, bisa developer atau individual, yang  tidak mempunyai kerjasama dengan BTN akan dianggap sebagai rumah usang dengan bunga lebih tinggi.

Jadi, kalau beli rumah gres dari developer yang tidak ada kerjasama dengan BTN, maka KPR memakai bunga rumah bekas yang lebih besar.

Pilihan masa bunga tetap hanya ada 1 tahun. Setelah 1 tahun, bunga akan kembali ke bunga mengambang. Ini pilihan yang cukup terbatas alasannya ialah jikalau dilihat di beberapa bank lain, masa bunga tetap bervariasi dari 1, 2, 3 hingga 5 tahun lamanya.

KPR Bunga Subsidi 

Satu keunggulan lain ialah penyaluran KPR bersubsidi dilakukan melalui BTN. Kalau ingin mengambil KPR dengan bunga murah yang disubsidi pemerintah, proses pengajuan melalui BTN.

Program ini disebut KPR BTN Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Keuntungan utamanya ialah bunga tetap 7.25% hingga masa kredit final (maksimum 15 tahun) dan uang muka minimal di 10%.

Tingkat bunga subsidi ini  boleh dikatakan sangat rendah.  Bandingkan dengan kondisi bunga KPR ketika ini yang rata – rata di kisaran 8-9% lebih untuk bunga tetap. Itupun bunga tetap dibatasi hanya di 1 – 2 tahun pertama saja.

Tentu saja, sejumlah persyaratan ditetapkan guna memastikan KPR bersubsidi disalurkan sempurna sasaran ke golongan kurang mampu. Misalnya, syarat ialah pengajuan hanya bagi orang dengan honor maksimal Rp 3,5 juta dan pembelian rumah harga dibawah Rp 100 juta.

Kelihatan bahwa KPR BTN, yang selama ini dianggap hanya untuk rumah sederhana, mempunyai sejumlah keunggulan. Silahkan dimanfaatkan keunggulan tersebut jikalau dirasa sesuai dengan kebutuhaan akan pendanaan untuk pembelian rumah atau aset properti yang lain.

Artikel lain soal Rencana Keuangan:

GRATIS Survei Bunga KPR – Paling Murah Di Bank Mana


Sumber https://duwitmu.com

0 Response to "Kpr Btn: Bunga Bersaing, Jangkauan Luas Dan Tenor Panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel