iklan banner

Kapan Terjadi Wabah Pes Di Konstantinopel?


Konstantinopel (sekarang Istambul, Turki) dihantam wabah pes pada 542 Sebelum Masehi. Wabah penyakit itu diperkirakan telah membunuh 300.000 orang di Konstantinopel dalam waktu setahun. Rumah-rumah dipenuhi mayat-mayat yang membusuk, dan pemakaman massal menjadi hal umum yang terjadi.

Ketika tingkat kematian semakin tinggi dan semakin cepat, ribuan jenazah dibawa ke pantai dan ditumpuk di sana untuk dibiarkan membusuk, sementara mayat-mayat juga ditumpuk di jalanan, menyebabkan basi wangi yang meresap dan menggantung di kota.

Selama pertengahan kala keenam, impian hidup bagi laki-laki yakni 25-30 tahun, sementara usia impian hidup bagi perempuan lebih pendek lagi. Di masa itu, usia perempuan untuk menikah sekitar 14 tahun, dengan tujuan semoga populasi berkembang. Hidup begitu singkat dan sulit, akhir wabah pandemi yang terjadi pada ketika itu.

Dalam waktu setahun, wabah penyakit pes yang disebarkan kutu yang nyaris tidak positif itu telah melaksanakan sesuatu yang sangat besar, yang tidak dapat dilakukan oleh pasukan penakluk, yaitu mengakhiri kekaisaran Romawi, dan dimulainya Abad Kegelapan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Kapan Terjadi Wabah Pes Di Konstantinopel?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel