iklan banner

Dapat Sms Hadiah? Jangan Bahagia Dulu, Baca Ini!!

Halo sobat kangsigit yang berbahagia. Bagi yang tidak senang masih boleh nerima salam dari saya hehe..

Hari ini saya mau bagi2 info nih, barang kali masih ada diantara kalian yang belum tau atau belum percaya bahwa 99,99% SMS yang isinya menjelaskan bahwa pemilik nomor tersebut mendapatkan hadiah, itu bekerjsama hoak alias tidak benar, itu hanya modus penipuan.

Saya yakin untuk masyarakat yang tinggal di kota2 maju, atau kota besar akan sulit mempercayai bila dirinya dinobatkan sebagai salah satu dari sekian juta orang yang paling beruntung.

Keberuntungan itu tidak lain disebabkan oleh hadiah yang di janjikan oleh seseorang yang informasinya dikirimkan lewat SMS ataupun panggilan. Hal ini disebabkan oleh sudah majunya ilmu teknologi dan mengetahui dunia luar dengan mudah. Selain itu mereka juga cenderung mempunyai gaya pikir yang maju, tidak gampang dibohongi oleh penipuan kelas cebong menyerupai itu.

Tapi bagi mereka yang kebetulan bertempat tinggal di tempat pelosok yang kurang up-date informasi2 terkini, mereka cenderung berpotensi kena tipu lantaran percaya dengan hadiah2 yang dijanjikan itu.

Sebenarnya sudah banyak ya para teman yang menulis artikel serupa, baik dipublish ke situs, media sosial, koran, bahkan televisi. Namun lantaran berdasarkan kangsigit informasi ini sangat penting, maka saya turut serta menyebarkan informasi ini supaya semakin sedikit peluang penipu sanggup berkembang biak.

OK. Sebelum itu, saya ingin tanya dulu ke kalian. Apakah Anda pernah mendapatkan SMS berisi hal2 semacam ini?

No Pengirim : +62 853 9728 1432 / 085397281432
MODUS : Pelanggan Yth. No.Anda mendapatkn Cek Tunai Rp.100jt dari PT.TELKOMSEL Pin Undian Anda {ijh76k79} Info Klik www.kejutan-tahunini.blogspot.com

No Pengirim : +62 823 1779 6942 / 082317796942
MODUS : Info resmi selamat kepada anda pemenang undian dri PT.WhatsApp INC ID PIN anda (2781MP7) u/info silahkan klik di www.ptwhatsappincid2018.blogspot.com

No Pengirim : +62 823 5233 9957 / 082352339957
MODUS : Kejutan BRI BRItama !!! No.Rekening anda resmi mendapatkan hadiah Rp. 27juta, kode PIN pemenang (02599875) U/Info klik www.kejutanbri2018.ga Terima kasih.

No Pengirim : +62 852 5214 9350 / 085252149350
MODUS : Nasabah Yth No REK BRI Anda mdapat CEK Rp.27jt. dr Britama Simpedes 2017 Kode Cek Anda (02599875) U/Info layanan klik: www.undianbankbripusat.ga

Semua SMS diatas masuk ke nomor saya. Mereka berusaha mau menipu saya, tapi selama ini tidak pernah saya lirik. Baru baca beberapa kata isi pesan tersebut saja saya sanggup menebak bahwa itu hanyalah modus penipuan, jadi tidak pernah saya tanggapi, namun sayangnya sebagian besar SMS menyerupai itu telah saya hapus.

Padahal bila dihitung, sudah ada lebih dari 20 SMS serupa dengan nomor berbeda-beda yang digunakan pelaku untuk menyebar SMS menyerupai ini, dan 4 SMS diataslah yang tersisa.

Berikut screenshot dari ke 4 pesan penipuan diatas supaya semakin jelas:





Saya akan memberi beberapa pola serupa, yang saya harap Anda menjadi lebih tahu dan jangan gampang percaya ketika Anda di nobatkan sebagai pemenang.

Berikut beberapa pola modus penipuan selengkapnya yang saya ambil dari situs lain:

Plgn YTH Selamat sehabis diundi Telkomsel kemarin, simCARD Anda mendapatkan hadiah Rp 75 juta (belum dipotong pajak). Pin Anda 276C353. Untuk info lebih lanjut klik www.undiantelkomsel57.webs.com

Selamat! anda terpilih utk sanggup mendapatkan hadiah 399jt.telp skrg 08041401028!segera! Hnya berlaku 24jam.ref7903

Yth. xxxxxxxx, kami akan mengirimkan dokumen terkait hadiah Rp.399jt ke rmh Anda tapi kami bth konfirmasi almt Anda. Hub. 08041401028 skrg jg! Ref: 8326


Bagaimana cara kita mengetahui apakah SMS tersebut ialah Penipuan?

Ada banyak kejanggalan pada pesan tersebut. Coba perhatikan blog yang disuruh lihat:
  • www.kejutan-tahunini.blogspot.com
  • www.ptwhatsappincid2018.blogspot.com
  • www.kejutanbri2018.ga
  • www.undianbankbripusat.ga
Semua blog diatas ialah blog gratisan, dan itu bukan milik dari sebuah PT. Coba pakai logikanya, mana mungkin sebuah perusahaan yang omsetnya ratusan juta rupiah bahkan mungkin hingga milyaran, masak iya bikin situs gratisan sih, pelit amat kan?

BLOGSPOT.COM dan GA
Kedua blog tersebut ialah gratis, sanggup dimiliki tanpa mengeluarkan uang.
Blogspot dimiliki Google, kalian sanggup menciptakan blogspot gratis di www.blogger.com
GA dimiliki Freenom, para adik2 GA diantaranya adalah.tk.cf dan.gq

Nah, dari situsnya sudah sanggup ditebak bahwa itu ialah penipuan. Sekarang perhatikan nomor yang digunakan untuk mengirim.
Itu semua ialah nomor GSM, nomor prabayar menyerupai yang kebanyakan orang memakainya. Jika sebuah perusahaan memang benar hendak mengirim pesan singkat ke sebuah nomor GSM, maka beliau akan pakai nomor khusus, biasanya antara 3 - 5 digit nomor.

Selanjutnya, bila memang itu ialah asli, peserta hadiah tidak diwajibkan mengirim / mentransfer sejumlah uang dalam rangka mengambil hadiah yang dijanjikan tersebut.

Sedangkan bila Anda ingin tau kemudian mengikuti petunjuk2 yang diberikan penipu tersebut, ujung-ujungnya Anda akan diminta menyetorkan uang jutaan rupiah ke rekening pelaku.

Alasan yang paling umum ialah sebagai pajak. Kaprikornus uang yang Anda setorkan ialah untuk membayar pajak, kemudian mereka berjanji akan mengirim hadiahnya sehabis pajak terlunasi. INI JELAS PENIPUAN

Next, penipuan lainnya terkadang pelaku tidak secara terang-terangan meminta korban menyetorkan sejumlah uang untuk pajak, namun mereka akan tetap menguras uang Anda.

Penipuan yang sangat tren modus transfer uang ialah melalui bank Mandiri E-Cash. Biasanya mereka klaim sanggup mengirimkan hadiah lewat ATM bank tersebut kemudian menyuruh korban mendatangi ATM untuk mendapatkan hadiah yang akan di transfer.

Disana si penipu akan memberi instruksi atau petunjuk ke korban supaya mengikuti perintah via telepon / panggilan seperti itu ialah pecahan dari prosedur.

Sudah banyak yang menjadi korban penipuan ATM Mandiri E-Cash dengan teknik menyerupai itu. Namun untuk kali ini, penipu pakai cara lain, yaitu berpura pera membeli sebuah barang secara online dan bilang sudah membayarnya, padahal bekerjsama belum.

Berikut salah satu pola kisah faktual kronologi penipuan via Banking yang saya salin dari kompasiana:


BACA SAMPAI SELESAI KISAH NYATA INI!!

Pesan saya untuk pembaca pertama-tama yang kebetulan membaca blog saya ini lantaran kebetulan sedang googling wacana " Apa Itu E-cash" atau " No Code E-cash ", DIMOHON UNTUK JANGAN PERCAYA DAN JANGAN TERMAKAN OLEH HIPNOTIS ATAU JEBAKAN PARA PENIPU. PENIPU AKAN MELAKUKAN BERBAGAI CARA UNTUK MEYAKINKAN ANDA UNTUK PERGI KE ATM, TAPI JANGAN TERGOYAH, SEGERA BLOCK SEMUA NOMOR SI PENIPU DAN SEGERA MENCERITAKAN HAL INI PADA ORTU ATAU TEMAN ANDA AGAR SADAR KALAU ANDA HAMPIR KENA TIPU).

Mengapa saya susah-susah sharing pengalaman saya? lantaran saya sudah mengalaminya 2 kali, dan saya pikir saya tidak mau hal ini terjadi lagi kepada anda atau teman anda. Saya akan bercerita panjang lebar, lantaran berdasarkan saya semuanya ialah penting untuk kalian baca secara detail, baca hingga habis ya, jangan setengah2, lantaran artikel ini sangat penting untuk dibaca !

Pengalaman PERTAMA saya Hampir tertipu, dan pengalaman KEDUA saya pribadi mengetahui bahwa pembeli yang sedang bicara dengan saya lewat chat ialah Penipu E-cash (LAGI).

Penipuan menggunakan sanggup bangkit diatas kaki sendiri e-cash mungkin sudah umum kini atau untuk yang masih belum mengetahui nya, saya ingin sharing pengalaman pribadi saya wacana penipuan E-CASH, pengalaman pertama terjadi pertengahan tahun kemudian (2016) dan yang terakhir yang terjadi sempurna kemarin siang.

PENGALAMAN PERTAMA terjadi sekitar bulan juni tahun 2016 :

Saya sudah biasa berjualan barang second saya di OLX, pengalaman pertama saya penipuan e-cash ialah pada ketika memasang iklan dagangan saya di olx, pada ketika itu saya berjualan pocket kamera Nikon, kemudian sang penipu yang menyamar sebagai pembeli meng contact saya menggunakan BBM BLACKBERRY MESSENGER, (mengapa lewat bbm? simple sajah lantaran bbm punya fitur RETRACT CHAT yang sanggup menghapus history chat di handphone kau dari handphone si penipu. Fitur ini hanya ada di BBM, sanggup menghapus bukti penipuan sampe akar2nya. So, kalau ada pembeli contact lewat BBM tolong lebih hati-hati ya, sanggup sajah mereka penipu.).

Si penipu chat di bbm bertanya2 sedikit wacana kamera nya, sehingga tidak menjadikan rasa curiga, kemudian si penipu deal akan membeli barang saya, kemudian beliau bertanya apakah saya mempunyai bank lain selain BCA? saya blg tidak ada hanya ada BCA, beliau bertanya lagi apa saya punya bank Mandiri? sekali lagi saya jawab tidak punya. Lalu si penipu berjanji akan melaksanakan transaksi besok hari. Keesokan harinya pagi2 sekitar jam 8 pagi, si penipu menanyakan kembali apakah sanggup deal hari ini, saya pun menjawab tentu sajah sanggup deal hari ini asal transaksi selesai. Si pembeli balasannya mengirimkan bukti transfer (saya tidak punya buktinya lantaran fitur retract message,

jadi sudah d delete chatnya dari handphone si pembeli). Bukti transfer ini sama dengan pengalaman saya yg kedua, jadi sanggup lihat gambarnya nanti di bawah. Bukti transfer ini berisi kode e-cash. Lalu beliau menyuruh saya pergi ke ATM mandiri, beliau bilang harus Mandiri ! Saya masih tidak tahu bahwa itu penipuan, kemudian saya ke ATM Mandiri di bersahabat rumah saya, si penipu menelopon saya untuk menginstruksikan cara mencairkan uang E-CASH. Penipu akan menyuruh kita pilih language ENGLISH di ATM, mungkin biar saya galau lantaran pake bahasa inggris. Karena kode itu palsu, kemudian transaksi itu gagal, dan receipt nya keluar beserta saldo saya, penipu minta saya untuk foto buktinya,(foto bukti receipt jebakan supaya si penipu tau isi saldo di rekening saya) kemudian saya foto sajah lantaran belum curiga.

Dan beliau menyuruh saya mengulang sekali lagi lantaran kode yg tadi ternyata salah, namun kali ini beliau menyuruh saya menentukan sajian Transaksi ke bank lain, di sini saya sudah tahu bahwa ini penipuan, saya stop semuanya dan blok nomor si penipu. Namun sayangnya history chatnya semua hilang jadi saya tidak punya bukti. Pengalaman kedua tidak melalui BBM namun Whatsapp, jadi kini saya sanggup menyebarkan kepada kawan2 pengalaman saya beserta bukti-bukti fotonya.

PENGALAMAN KEDUA terjadi bulan januari 2017 :

Saya meng posted iklan dagangan saya di OLX, kali ini saya berjualan action camera second hand dengan harga kira2 4 jt an. Hampir sama dengan pengalaman pertama namun kali ini si penipu lebih terlihat terpercaya lantaran menggunakan nomor manis 10 angka (penipu biasanya menggunakan nomor asal). Si pembeli alias penipu ini menelopon saya menggunakan nomor manis ini dan menanyakan sedikit wacana kondisi barang dagangan saya namun secara tidak detail,di sini anda harus curiga, yang beli barang jutaan biasanya akna bertanya kondisi barang secara detil dan mau COD daripada pribadi kirim ke luar kota.Si pembeli tidak ingin COD, beliau bertanya apakah saya sanggup kirim barangnya, saya bilang ya bisa, kemudian saya sms total ongkirnya, di bawah ialah bukti gambar dan bukti nomor manis 081 6951 317 (update: harga no hp tersebut 200,000, source:internet, ga terlalu mahal sih) :

Setelah itu beliau membalas saya lewat Whatsapp dengan nomor yang berbeda. Di bawah ialah foto yang digunakan si penipu sebagai Display Picture di whatsapp (saya kira ini bukan orang orisinil nya, hanya tempel foto orang lain saja asal)

Si penipu banyak menggunakan voice record untuk berkomunikasi, mungkin beliau pikir biar ga ad bukti padahal masih ada bukti suaranya, di bawah ini saya tulis isi voice record antara saya dan si penipu

ISI PERCAKAPAN WHATSAPP VOICE RECORD :


(penipu) : “ya nanti kan kalau uang sudah saya transfer kan agan kirimkan sajah ke alamat KTP yang saya kirimkan ini. “

Penipu secara tidak pribadi berusaha meyakinkan saya dengan mengirimkan KTP nya sendiri, dibawah gambar KTP lebih terang dengan nama Muhamad Hafizt Gunawan (mungkin ini hanya KTP palsu)


(saya) : iya kirimkan sajah alamat lengkap agan, kemudian transfer uang nya, gres barang saya kirim.

(penipu) : saya mau ke ATM ni.

Di sini sajah saya sudah merasa janggal, orang yang ingin beli barang empat jutaan harusnya minimal sudah punya online banking, saya ga bilang harus punya ya, tapi pengalaman pribadi saya kalau saya jual barang ratusan ribu ya biasanya pembeli seringnya ribet2 ke ATM untuk transfer, tapi kalau sudah di atas 3 juta, normalnya pembeli minimal sudah mempunyai online banking.

(penipu) : ya saya mau ke atm ya 15 menit lagi nanti saya kabarin.

Kurang dari 15 menit..

(penipu) : ini rekeningnya dari bank apa ya?

(penipu) : ini nomor rekeningnya salah gan..

Kebetulan saya memang mengetik nomor rekening bca saya salah, kemudian saya mengoreksinya.

(saya) : oh soryy, ini no rek saya xxxxxxxxx yg tadi kebalik angkanya. Atas nama xxxxxx


(BUKTI TRANSFER DI KIRIMKAN KEPADA SAYA, PERHATIAN SEMUA DATA TERCANTUM DENGAN BENAR, DI SINI ORANG-ORANG SERING JATUH KE DALAM PERANGKAP)


(penipu) : ini uang kan sudah saya transferkan tolong agan check dlu ajah ya, kalau sudah check tolong wa ya gan.

Kebetulan saya ketika itu lg meeting kerja

Saya : ok bentar sejam lg saya kabari kini lg meeting kerja

Si penipu bilang ok mau menunggu saya nge check, pada ketika itu saya belom mengecheck apakah uang masuk di rekening atau tidak, namun si penipu tidak henti henti nya menelepon saya menggunakan nomor yg berbeda lagi, dan nge chat saya secara persistent (super annoying). Di sini saya sudah mulai curiga, pembeli normal tidak akan melaksanakan hal ini.
kira-kira 15 menit saya mengecheck saldo di rekening bca saya, dan tidak ada uang masuk.

BUKTI FOTO DI BAWAH INI ADALAH SAYA DI TEROR DI WHATSAPP DAN JUGA LEWAT CALLS



Saya : ga ada uang masuk gan.

Penipu : ini kan supaya sama-sama yummy ya, agan check uangnya kalau sudah masuk, agan kirim barangnya.

Saya : sudah d check tidak ada saldo masuk.

DI SINI DIA MULAI BERAKSI!!!


Penipu : sanggup kirimkan bukti pe-nge check annya? (nah di sini beliau bakalan memaksa anda untuk foto informasi saldo yang ada di rekening anda)

Saya : ga usah di foto2 pengecheckannya, tunggu masuk ajah, kalau masuk uangnya saya kirim barangnya, kalau ndak masuk ya ga saya kirim barangnya.

Penipu : begini gan, di sini kan uang saya sudah berkurang, sanggup ga agan kirim bukti pengecheck annya?

FYI, DI SINI SAYA SUDAH SADAR BAHWA DIA ADALAH PENIPU E-CASH HA HA HA

Saya : begini gan, kalau dari bank manapun biasanya pribadi masuk,kalau skrg uang anda ga masuk ke rekening saya, anda complain sajah ke mandiri, kasih saya bukti pengecheck annya dari sanggup bangkit diatas kaki sendiri bukan saya yg harus foto bukti saldo saya ya.

Penipu : (mulai dengan nada tinggi menyerupai agak marah,HATI2 KALAU DIA SUDAH MULAI PAKE NADA TINGGI JANGAN TERINTIMIDASI YA GUYS) Bisa gan agan fotokan bukti pengecheckannya?

Lalu si penipu telepon saya dan saya angkat, di bawah ini ialah pembicaraan di telepon.

PENIPU : uangnya belom masuk gan?

SAYA : belom

Penipu : agan sudah tau kode e-cash?

Saya : tidak

Penipu : jadi kini agan harus ke ATM sanggup bangkit diatas kaki sendiri untuk AKTIFKAN KODENYA gres nanti uang nya sanggup cair.

Saya : ga ada yg begituan, saya tahu anda penipu.

Si penipu masih berbicara sesuatu tapi saya pribadi menutup telepon nya.

DI SINI SAYA SUDAH MALAS BERPANJANG LEBAR DENGAN SI PENIPU KARENA PENIPU SEPERTI MENEROR SAYA.

Dengan segera saya blok semua nomornya. Tapi sebelum saya blok nomornya, beliau mengirimkan gambar menyerupai di bawah ini, mengancam rekening saya dilaporkan ke polisi. Namun tidak saya hiraukan lantaran itu hanya “threat” atau jebakan murahan.


BUKTI FOTO DI ATAS ADALAH : SI PENIPU MAU MENGANCAM MELAPORKAN SAYA KE POLISI SEBELUM SAYA BLOCK SEMUA NOMORNYA.

Moral dari dongeng saya adalah:

1. berhati2 lah ketika berjualan online, berbagai modus penipuan yang tidak terduga.

2. Soal transfer kini sudah canggih, mau transfer dari bank lainnya ke bank lainnya (contoh bca ke mandiri), uang akan pribadi masuk ke rekening anda tanpa ada delay waktu! Kaprikornus kalau uang tidak pribadi masuk ke rekening anda, cepatlah sadar bahwa ada hal yang janggal.

3. SHARE THIS POST KE TEMAN2, TERUTAMA YANG SUKA JUAL BELI ONLINE.

Nah, satu dongeng diatas sanggup mewakili dari banyak jenis penipuan online. Semoga kita terhindar dari ulah pihak2 tak bertanggung jawab tersebut.
Sumber http://www.kangsigit.com/

0 Response to "Dapat Sms Hadiah? Jangan Bahagia Dulu, Baca Ini!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel