iklan banner

Bagaimana Siklus Akuntansi Pada Umkm Dijalankan? Ini Tahapannya

Siklus akuntansi merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh pemilik usaha, segala jenis perjuangan memerlukan ilmu akuntansi. Jika Anda sedang mendirikan usaha, maka Anda juga harus menyiapkan banyak sekali keperluan yang diperlukan untuk menunjang siklus akuntansi pada bisnis yang Anda jalankan. Siklus akuntansi bukan hanya dilakukan pada perusahaan besar, tetapi siklus akuntansi pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) pun berlaku dan wajib diterapkan.


Apa saja yang harus dilakukan oleh UKM untuk menjalankan tahapan akuntansi yang harus dilakukan. Mengapa harus ada siklus? Hal ini dilakukan untuk sebuah alur, biar pencatatan data keuangan perjuangan Anda sanggup berjalan dengan baik dan lancar. Serta biar setiap tahapan dalam akuntansi sanggup berjalan sesuai pada kaidah sistem akuntansi yang baik dan benar.


Mengapa UMKM Harus Memiliki Tahapan Akuntansi?


Disinilah yang paling sering terjadi pada UMKM di Indonesia dan selalu diabaikan oleh pelaku UKM di Indonesia. Sebagian besar UMKM di Indonesia mempunyai problem yang sering terjadi, yaitu mempunyai administrasi yang buruk, termasuk dalam mengatur administrasi akuntansi yang dijalankan.


Hal ini terjadi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mengenai akuntansi yang dimiliki oleh pelaku UKM. Mereka tidak pernah terlalu fokus untuk melaksanakan proses akuntansi menyerupai penerapan siklus akuntansi pada UMKM milik mereka. Padahal ini cukup penting untuk perjuangan yang mereka jalankan.


Sebagian besar pelaku UKM di Indonesia hanya memikirkan laba dan bagaimana bisnis mereka sanggup terus berjalan, tanpa harus memikirkan administrasi dan sistem akuntansi yang mereka terapkan. Sebab, hal tersebut hanya menciptakan mereka kehabisan waktu hanya untuk menghitung segala hal mengenai keuangan.


Bagaimana Siklus Akuntansi Pada UMKM Di Jalankan


Ada beberapa penerapan siklus akuntansi yang harus dilakukan oleh pengusaha UMKM di Indonesia. Siklus ini dilakukan, biar bisnis Anda mempunyai laporan keuangan yang sesuai dengan apa yang Anda raih selama ini. Dengan adanya siklus akuntansi, Anda sanggup mengarahkan bagaimana bisnis Anda akan berjalan dan keputusan-keputusan strategis dalam bisnis sanggup Anda jalankan dengan baik untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.


Menyimpan Bukti Transaksi


Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalankan siklus akuntansi ialah menyimpan bukti transaksi yang ada. Bukti transaksi ini berupa nota, kwitansi, dan catatan-catatan transaksi yang terjadi dalam perjuangan Anda.


Karena bukti transaksi ini akan Anda gunakan untuk materi pencatatan pada jurnal dan neraca keuangan perjuangan Anda. Sebab, tanpa adanya bukti transaksi, Anda tidak sanggup menuliskan banyak sekali teladan berapa uang yang sudah masuk dan keluar dari perjuangan yang Anda jalankan.


Pencatatan Pada Jurnal


Jurnal ini semacam buku, yang berisi pencatatan keuangan mengenai kredit dan debit. Jurnal ini dipakai untuk memisahkan antara transaksi yang keluar dan masuk. Sehingga sanggup terlihat, yang mana transaksi keluar dan transaksi masuk. Sehingga dikala siklus akuntansi pada UMKM diterapkan dan pembuatan jurnal terlihat Anda mengetahui lebih banyak transaksi masuk atau transaksi keluar.


Pada UMKM yang belum terjadi cukup banyak transaksi, pencatatan jurnal sanggup dilakukan dengan mengunakan jurnal umum saja. Serta tidak mempunyai banyak kolom yang menyulitkan Anda dalam melihat keadaan keuangan.


Pencatatan Pada Buku Besar


Pencatatan pada buku besar sangat wajib dilakukan, sehabis pencatatan dalam jurnal. Buku besar ini dijadikan sebagai pencatatan perubahan yang terjadi dan disebabkan kehadiran adanya transaksi. Buku besar ini akan berisi mengenai asumsi terhadap imbas jumlah transaksi keuangan yang ada pada perubahan sejumlah akun yang ada dalam perjuangan milik Anda.


Siklus akuntansi pada UMKM yang harus dilakukan untuk mencatat setiap keadaan modal perjuangan yang Anda miliki akan terlihat. Seperti berapa uang yang dimiliki oleh perjuangan Anda, dan berapa jumlah hutang perjuangan yang Anda miliki.


Buku besar ini sanggup dijadikan sebagai dasar penyusunan neraca keuangan perjuangan Anda. Tanpa adanya buku besar, maka sangat sulit untuk menciptakan neraca keuangan.


Neraca Akuntansi


Neraca cukup penting, alasannya tanpa adanya neraca, kalau Anda sebagai pemilik perjuangan tidak mempunyai neraca, maka akan sangat sulit melihat jumlah kekayaan dan kewajiban yang perjuangan Anda harus jalankan.


Pada perusahaan besar terdapat banyak jenis neraca. Namun kalau perjuangan Anda belum begitu besar, dan transaksi tidak begitu banyak. Maka hanya memerlukan satu neraca saja. Neraca ini akan berfungsi untuk mengetahui sejauh mana keadaan keuangan perjuangan milik Anda.


Laporan Keuangan


Tahap final dari penerapan siklus akuntansi pada UMKM ialah terbuatnya laporan keuangan. Laporan keuangan ini akan berfungsi sebagai citra mengenai kondisi keuangan perjuangan milik Anda secara keseluruhan. Dan laporan keuangan ini, sanggup Anda gunakan untuk mengajukan peminjaman kepada Bank atau mencari dana modal perjuangan melalui investor.


Laporan keuangan ini merupakan laporan keuangan dalam periode tertentu. Misal laporan keuangan dalam stau bulan atau laporan keuangan dalam tiga bulan. Laporan ini akan bermanfaat untuk mengetahui laba maupun kerugian perjuangan yang Anda alami.


Adapun Beberapa Manfaat Penerapan Siklus Akuntansi pada UMKM



  • Sebagai isu kinerja usaha

  • Untuk mengetahui dana perusahaan

  • Informasi pemasukan dan pengeluaran kas

  • Informasi besaran biaya

  • Informasi perhitungan pajak


Memang tidak semua pemilik perjuangan melaksanakan penerapan akuntansi, disebabkan mereka tidak memahami akuntansi itu sendiri. Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi, lima siklus akuntansi sanggup Anda sederhanakan hanya memakai software akuntansi Accurate.


Accurate merupakan software akuntansi yang sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan pengguna, serta user friendly, dan juga mempunyai fitur pajak yang sesuai dengan sistem perpajakan yang ada di Indonesia. Sekarang Accurate juga sudah tersedia versi online yang dikenal dengan Accurate Online (AOL) yang sangat sesuai dipakai oleh setiap pemilik UMKM.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Bagaimana Siklus Akuntansi Pada Umkm Dijalankan? Ini Tahapannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel