iklan banner

6 Langkah Ampuh Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

Penggunaan internet di Indonesia tumbuh signifikan. Hingga tahun 2017 diperkirakan pengguna internet mencapai angka 100 juta pengguna, dan hampir 80 % pengguna internet berasal dari pengguna mobile atau smartphone. Tentunya kalau Anda mempunyai jiwa wirausaha, bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Terutama bisnis online. Lalu pertanyaannya, bagaimana membangun sebuah bisnis online yang sangat menghasilkan dari meningkatnya pengguna internet?


Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online. Semua orang bisa melaksanakan bisnis online. Anda yang mempunyai abjad introvert bisa melakukannya, Anda yang tidak mempunyai jiwa sales pun bisa melaksanakan bisnis secara online. Sebab, Anda tidak perlu melaksanakan penjualan secara door to door, dan mungkin Anda tidak akan bertemu dengan konsumen.


Bisnis online di Indonesia memang berkembang pesat semenjak lima tahun kebelakang. Hal ini didorong oleh meningkatnya jumlah masyarakat yang melaksanakan bisnis ini dan tersedianya akomodasi untuk berjualan, ibarat marketplace. Sebab, banyak yang melaksanakan bisnis online untuk mendapat penghasilan tambahan.


Untuk itu, Anda yang gres mau terjun ke dunia online harus tahu terlebih dahulu bagaimana memulai atau membangun bisnis online untuk pemula. Sehingga Anda mempunyai planning yang terang untuk bisnis online yang akan Anda jalankan. Tanpa adanya planning, maka Anda hanya sia-sia dalam membangun bisnis tersebut.


Tips Membangun Bisnis Online Untuk Pemula


Temukan Target Pasar


Ketika Anda membangun bisnis, baik online maupun offline. Cara pertama yang harus Anda ketahui yaitu siapa sasaran pasar Anda. Berapa usianya, apa pendidikannya, dan apa profesinya, menjadi salah satu pertimbangan untuk memulai sebuah bisnis online. Sebab bisnis online pun memerlukan sasaran pasar, supaya perjuangan Anda bisa sempurna sasaran.


Temukan Apa yang Dicari Pasar


Setelah Anda menemukan sasaran pasar, selanjutnya tentukan produk apa yang sedang dicari oleh pasar atau yang selalu mencari incaran sasaran pasar Anda. Hal inilah yang harus Anda tentukan. Jangan sampai, Anda menjual segala jenis produk namun sebagian besar produk yang Anda jual tidak menjadi kebutuhan pasar.


Membangun bisnis online untuk pemula memang tidaklah mudah. Bagaimana Anda mengetahui produk apa yang sedang dicari oleh banyak orang dikala ini, menjadi sesuatu yang terbilang sulit. Anda bisa mengetahui dengan mengikuti forum-forum ibarat Kaskus.co.id, Forumdetik, dan tren di mesin pencarian untuk melihat produk ibarat apa yang dibutuhkan.


Selain itu, Anda harus bisa menjadi pengusaha yang sanggup memecahkan problem yang terjadi dari calon-calon konsumen. Temukanlah problem apa yang mereka butuhkan, carilah produk yang bisa menjawab kebutuhan pasar Anda.


Buat Website dan Pasang Design Terbaik Untuk Website Anda


Bagaimana membangun bisnis online untuk pemula? Tentunya sesudah Anda mendapat sasaran pasar dan produk apa yang akan Anda jual, saatnya Anda menciptakan website untuk penjualan. Jika Anda sudah mempunyai blog, maka alihkan blog Anda untuk bisnis. Saat ini, sudah banyak konsumen yang lebih suka dengan produk-produk yang mempunyai website resmi.


Selain Anda memasang produk pada website, Anda juga disarankan untuk mempunyai sosial media untuk promosi produk-produk yang Anda jual. Jika Anda mempunyai kemampuan dalam memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing) maka Anda disarankan untuk menggunakannya.


Pasang Testimonial Pelanggan


Tak boleh tertinggal pada situs yang Anda miliki, pasanglah salah satu landing page yang khusus berisi dengan testimonial dari pelanggan yang telah membeli produk Anda. Testimonial ini cukup penting untuk menarik pelanggan lain supaya tertarik untuk membeli produk Anda.


Membangun bisnis online untuk pemula bukanlah hal mudah, diperlukan kesabaran dan konsistensi untuk bisa sukses dalam berbisnis online. Hal terpenting, berikan pemecahan problem dari produk yang Anda jual.


Berikan juga apa laba dari pelanggan menggunakan produk yang Anda miliki. Seperti halnya dikala Anda menjadi Accurate Digital Partner (ADP) dan menjual produk Accurate Online (AOL). Anda harus bisa memperlihatkan satu manfaat yang bisa didapatkan oleh pelanggan, yakni para pelaku UMKM mengapa harus menggunakan Accurate Online.


Perlu Anda ketahui, AOL merupakan software akuntansi berbasis online dengan sistem penyimpanan data menggunakan cloud. Sehingga konsumen sanggup menyimpan data keuangan mereka di awan, dengan aman. Tak perlu lagi mereka takut kehilangan database tanggapan kerusakan komputer yang bisa terjadi kapan saja.


Jadikan AOL sebagai solusi pembukuan yang user friendly dan mempunyai fitur perpajakan yang sesuai dengan laporan pajak di Indonesia. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu benefit yang bisa didapatkan oleh konsumen.


Bangun Reputasi Online


Ingat, dikala ini banyak konsumen yang mencari tahu suatu produk dari internet secara gratis. Untuk itu, Anda juga harus bisa membangun reputasi yang baik di dunia maya. Bagaimana caranya? Buatlah artikel yang menarik, dan menangkanlah pertarungan page rank terbaik di mesin pencarian ibarat Google.


Membangun bisnis online untuk pemula tidak terlalu mudah. Karena Anda harus membangun reputasi secara offline maupun online. Terlebih tidak semua masyarakat Indonesia mau melaksanakan belanja secara online, alasannya kecurangan yang sering dilakukan oleh pelaku-pelaku bisnis online yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, kiprah Anda bangunlah reputasi bisnis Anda di dunia maya.


Mempertahankan Konsumen


Hal pertama yang harus Anda pertahankan ketika sudah membangun bisnis online untuk pemula yaitu mempertahankan konsumen Anda. Anda harus bisa mempertahankan konsumen, supaya mereka tetap membeli produk milik Anda setiap mereka butuhkan.


Inilah konsep taktik marketing yang harus Anda terapkan pada bisnis online yang Anda jalankan. Usahakan bisnis online Anda bisa mempertahankan konsumen Anda selamanya. Inilah hal penting yang harus dijalankan oleh pelaku bisnis online di Indonesia. Mempertahankan pelanggan.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "6 Langkah Ampuh Membangun Bisnis Online Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel