iklan banner

14 Skill Penting Untuk Fresh Graduate Semoga Cepat Menerima Pekerjaan

Menjadi seorang fresh graduate memang butuh kesabaran tinggi untuk mendapatkan pekerjaan 14 Skill Penting untuk Fresh Graduate Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

Menjadi seorang fresh graduate memang butuh kesabaran tinggi untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, lebih banyak didominasi perusahaan akan mencari calon karyawan yang sudah mempunyai pengalaman.

Sementara, fresh graduate bisa dibilang minim pengalaman. Maklum, mereka gres saja lulus dan gres mendapatkan ijazah dari daerah pendidikannya.

Namun demikian, bukan berarti fresh graduate tak punya peluang. Syaratnya, tentu saja mereka harus membekali diri dengan sejumlah skill yang bisa memberinya nilai tambah di  hadapan perusahaan yang dilamarnya.

Skill-skill ini kadang tidak diuji secara langsung. Tapi akan terbaca dari psikotest atau tes pendukung lainnya. Ketika skill tersebut terlihat dari hasil ujian, maka perusahaan akan punya citra soal kelebihan dari sang fresh graduate.

Lalu, skill apa yang harus dimiliki seorang fresh graduate supaya cepat menerima pekerjaan? Berikut 14 skill untuk fresh graduate yang perlu Anda ketahui.

1. Inisiatif

Ketika Anda melamar pekerjaan, yang akan menjadi pertimbangan pihak perusahaan ialah perilaku konsistensi Anda. Apa yang Anda katakan sesuai dengan apa yang Anda kerjakan. Termasuk Anda memang sanggup mendapatkan amanah untuk menuntaskan tugas-tugas yang diberikan dengan baik.

Sikap konsistensi ini dekat hubungannya dengan Inisiatif yang harus muncul pada diri Anda. Ketika Anda menyanggupi untuk mengerjakan suatu tugas, maka otomatis akan timbul inisiatif Anda untuk memotivasi diri menuntaskan kiprah dengan baik.  Mendapatkan ide-ide gres yang sanggup digunakan untuk kebaikan Anda dan kemajuan perusahaan.

2. Komitmen

Pertimbangan lain seorang fresh graduate sanggup diterima menjadi karyawan sebuah perusahaan ialah mempunyai komitmen. Perusahaan tentu menginginkan karyawan yang mempunyai akad tinggi.

Seorang karyawan yang mau dan bisa memperlihatkan waktu dan pengabdian terbaiknya yang bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Karyawan yang tidak mempunyai akad terhadap tugasnya tentu dianggap tidak serius bekerja dan hanya merugikan perusahaan. Jika hal ini terlihat dari wawancara awal, tentu akan memperkecil peluang untuk bekerja pada perusahaan yang dilamar.

Karena itu, tegaskan semenjak awal bahwa Anda punya akad besar untuk tumbuh dan berkembang bersama perusahaan.

3. Fleksibilitas

Dalam dunia kerja, Anda akan menghadapi banyak sekali macam kondisi dan situasi yang tidak selalu menyenangkan, yang tidak sanggup Anda hindari.

Anda akan bertemu dengan banyak sekali macam huruf orang yang tentunya membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Di sinilah perlunya fleksibilitas dalam diri Anda.

Fleksibilitas akan membantu untuk menghadapi suatu duduk masalah dalam pekerjaan dan menyelesaikannya dengan baik. Termasuk juga cara yang Anda gunakan untuk menghadapi huruf atasan, klien, ataupun rekan kerja yang berbeda-beda.

Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai fleksibitas? Jika belum mulailah berlatih dari semenjak sekarang.

4. Manajemen Waktu

Skill untuk fresh graduate yang mesti dimiliki ialah soal manajemen waktu. Hal ini akan terlihat ketika Anda dipanggil untuk wawancara kerja.

Bagaimana Anda melaksanakan administrasi waktu menjelang wawancara menjadi poin penting yang akan diperhatikan oleh pihak HRD. Terlambat tiba ke wawancara, itu sudah memperlihatkan Anda kurang bisa mengatur waktu dengan baik.

Skill ini akan penting alasannya ialah perusahaan akan melihat apakah Anda orang yang disiplin soal waktu, bagaimana menyusun prioritas kerja, dan dapatkah Anda menuntaskan pekerjaan sempurna waktu. Sehingga perusahaan yakin perjuangan mereka akan berkembang dengan kehadiran Anda.

5. Pemecahan Masalah

Terkait dengan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pekerjaan dan dalam kekerabatan dengan atasan, klien, ataupun rekan kerja, Anda dituntut untuk mempunyai kemampuan memecahkan masalah.

Harus siap menghadapi risiko dan konsekuensi yang timbul atas suatu masalah sekaligus berusaha menuntaskan masalah secara profesional.

Selain menciptakan Anda lebih berkarakter dan memunculkan kesan profesional, kemampuan memecahkan masalah akan meningkatkan nilai Anda sebagai karyawan.

Tentu saja perusahaan akan memperlihatkan apresiasi atas ketekunan dan tanggung jawab Anda dalam menuntaskan masalah yang ada.

6. Kepemimpinan

Memiliki kemampuan dalam kepemimpinan akan menjadi nilai tambah bagi Anda. Jika dikala sekolah Anda aktif berorganisasi dan sering menempati posisi sebagai ketua, perusahaan akan mempertimbangkan untuk mendapatkan Anda yang mempunyai potensi menjadi pemimpin atau manajer di masa depan.

Memiliki kemampuan sebagai pemimpin merupakan skill untuk fresh graduate yang kerap jadi pertimbangan perusahaan. Ini memperlihatkan bahwa Anda sanggup memotivasi diri dan bisa mengambil keputusan penting yang terbaik bagi perusahaan.

Jadi, selalu sampaikan pengalaman Anda dikala memimpin organisasi di sekolah maupun di organisasi lainnya sebagai nilai lebih diri Anda.

7. Mengoperasikan Komputer

Menjadi seorang fresh graduate memang butuh kesabaran tinggi untuk mendapatkan pekerjaan 14 Skill Penting untuk Fresh Graduate Agar Cepat Mendapat Pekerjaan

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang menuntut Anda untuk sanggup mengikuti perkembangan zaman, terutama kemampuan menggunakan komputer.

Program komputer dasar dikala ini telah menjadi bab dari kurikulum pendidikan, para lulusan diharapkan telah menguasai dasar-dasar Microsoft menyerupai Word, Excel, dan Powerpoint.

Hampir seluruh perusahaan memperlihatkan syarat ‘terampil menggunakan komputer’ untuk para pelamar kerja. Kemampuan mengoperasikan komputer wajib Anda miliki jikalau tidak ingin tersingkir dari lapangan kerja dikala ini.

8. Menulis

Kemampuan lainnya yang sanggup menambah nilai Anda ialah kemampuan menulis dan berkomunikasi. Surat lamaran yang Anda buat sanggup memperlihatkan seberapa baik kemampuan menulis Anda.

Semakin menarik Anda menceritakan wacana diri Anda, maka para pencari kerja akan mencari Anda.

Namun, dikala hingga pada tahap wawancara kerja, maka kemampuan berkomunikasi Anda yang akan dilihat. Kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi hal utama yang diharapkan dalam dunia bisnis alasannya ialah hal ini akan memperlihatkan perjuangan dan kerja keras Anda dalam memberikan ide-ide bisnis dan anutan secara profesional.

9. Bekerja Mandiri

Tunjukkan bahwa Anda bisa bekerja berdikari dengan baik tanpa pengawasan. Karen hal ini akan selalu dituntut oleh banyak perusahaan. Karena mustahil mengharapkan atasan Anda akan selalu ada untuk membantu.

Seperti dikala mengerjakan sendiri tugas-tugas kuliah tanpa santunan siapapun dan bisa simpulan dengan baik dan sempurna waktu, menyerupai itulah cara kerja yang diharapkan oleh perusahaan terhadap karyawannya.

Begitu pula dikala Anda menghadapi masalah dalam pekerjaan. Sedapat mungkin Anda bisa mencari jalan keluar sendiri dalam menuntaskan sebuah masalah. Kemandirian ini akan terlihat dikala wawancara maupun tes lainnya.

10. Kerja Tim

Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan rekan kerja yang berbeda karakter, cara pandang, dan anutan dengan Anda. Tidak hanya satu, akan tetapi dalam sebuah tim.

Karena itu perusahaan akan menuntut Anda mempunyai kemampuan untuk sanggup bekerjasama dengan seluruh rekan kerja.

Kemampuan berafiliasi yang baik, wajib Anda miliki dalam dunia kerja. Jika Anda tidak mempunyai kemampuan berafiliasi dengan orang lain, Anda bisa kesulitan menuntaskan pekerjaan yang memerlukan keahlian tertentu, yang ternyata dimiliki oleh rekan satu tim Anda.

11. Berbahasa Inggris

Menghadapi persaingan global dikala ini, skill untuk fresh graduate yang harus Anda miliki ialah berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris. Baik mulut maupun tulisan. Karena Anda akan bertemu dengan banyak sekali macam orang dari banyak sekali negara.

Satu-satunya cara berkomunikasi dengan orang dari negara lain tentu dengan menggunakan bahasa Internasional, bahasa Inggris. Tidak heran jikalau Anda niscaya banyak melihat persyaratan nilai TOEFL yang diminta bagi para pelamar kerja.

Jadi, segera tingkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda untuk meraih pekerjaan keinginan Anda.

12. Membawakan Presentasi

Memiliki ide, masukan, dan saran bagi perkembangan bisnis perusahaan tentu sangat dibutuhkan. Namun, bagaimana Anda sanggup memberikan secara sempurna sasaran jikalau tidak mempunyai kemampuan mempresentasikan ide-ide tersebut dengan baik?

Karena itu kemampuan membawakan presentasi akan menambah nilai dikala perusahaan mempertimbangkan untuk mempekerjakan Anda.

Presentasi yang baik, tersusun rapi, menarik, dan mempunyai nilai jual tentu akan disukai dibandingkan presentasi yang membosankan. Terutama ketika Anda melamar pekerjaan di bab marketing perusahaan. Bagi banyak perusahaan, kemampuan presentasi ini akan selalu menjadi hal yang diuji.

13. Bekerja di Bawah Tekanan

Semua perusahaan niscaya menetapkan sasaran yang harus dicapai oleh para karyawannya.  Target ini akan menimbulkan tekanan dalam bekerja.

Karena itu seorang karyawan dituntut untuk sanggup bekerja di bawah tekanan. Terutana ketika ia harus bisa mencapai sasaran yang ditentukan oleh perusahaan, baik sasaran perseorangan maupun sasaran tim. Tidak jarang demi mencapai sasaran harus lembur dan mengorbankan waktu pribadi.

Bagi Anda yang tidak terbiasa bekerja di bawah tekanan, sasaran tentu akan menjadi frustrasi dan stres, kemudian jatuh sakit. Hal ini tentu saja akan mengurangi performa kerja Anda.

14. Kreatif

Ide dan kreativitas ialah sesuatu yang mahal. Dan setiap perusahaan selalu menginginkan calon karyawan yang kreatif dan inovatif. Jadi, tunjukkan bahwa Anda seorang yang kreatif dan inovatif dikala wawancara kerja.

Dapatkan info melalui situs perusahaan, akun media umum milik perusahaan, atau berita-berita mengenai perusahaan yang bersangkutan sebagai materi untuk mendapatkan inspirasi yang kreatif.

Pihak HRD tentu akan melihat Anda sebagai orang yang sanggup membantu perusahaan lebih berkembang dan berpikir untuk kemajuan perusahaan dengan ide-ide terbaru yang lebih kreatif.

Penutup

Mayoritas skill untuk fresh graduate yang kami ulas tidak dipelajari di dingklik kuliah. Anda bisa mendapatkannya secara otodidak. Terutama ketika aktif di organisasi kampus.

Karena itu, jangan terlalu terpaku dengan nilai IPK yang tinggi. Dampingi juga nilai tinggi tersebut dengan skill yang hanya bisa Anda pelajari di luar kelas.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "14 Skill Penting Untuk Fresh Graduate Semoga Cepat Menerima Pekerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel