iklan banner

12 Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya

12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya - Printer ialah salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi mencetak dokumen dari komputer ke kertas media atau sejenisnya. Dengan memakai printer kita bisa mencetak banyak sekali laporan, gambar, hingga foto.

Jenis printer yang paling banyak dipakai akhir-akhir ini ialah printer inkjet (baca: keunggulan printer laser daripada inkjet). Printer inkjet dicetak dengan menyemprotkan tinta dari kartrid ke kertas atau media cetak lainnya.

Anda dihentikan pribadi menyentuh hasil cetak, lantaran mencetak memakai printer inkjet memerlukan beberapa dikala sebelum tinta mengering.

Di penggalan kepala catridge, ada lubang kecil berdiameter kurang dari 0,1 milimeter. Melalui lubang ini tinta disemprotkan. Lubang ini sangat kecil, sehingga seringkali ada penyumbatan.

Biasanya penyumbatan disebabkan oleh tumpukan tinta kering. Penyumbatan ini menjadikan tinta yang keluar tidak stabil, sehingga percetakan akan putus atau bahkan tidak bisa alias tidak bisa cetak (baca juga: cara mengatasi kesalahan printer).

Selain dilema yang dijelaskan di atas, masih banyak dilema lain yang menciptakan printer tidak bisa mencetak atau macet. Pada artikel ini saya akan membahas ihwal penyebab kemacetan printer dan cara mengatasinya untuk membantu Anda yang sedang mengalami dilema pada printer, atau sebagai acuan untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

Baca juga:
Tips Memilih Printer yang Bagus dan Murah
Cara Mengatasi Printer Bergaris-garis Saat Mencetak

 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya 12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya
12 Penyebab Printer Macet dan Cara Mengatasinya

1. Printer Masih Dalam Dead State
Penyebab pertama yang perlu Anda periksa dikala komputer Anda macet dan tidak bisa mencetak ialah printernya masih mati. Jika printer memang mati, tentu saja printer tidak akan bisa mencetak.

Periksa catu daya di rumah, apakah itu on atau off, kemudian periksa stopkontak apakah kondisinya baik (arus listrik) atau tidak. Periksa juga kabel daya yang terhubung ke printer, dan pastikan tombol daya printer aktif (Aktif).

2. Sambungan Printer ke Komputer Terputus
Lepaskan sambungan printer sanggup disebabkan oleh printer kabel USB yang menghubungkan printer dengan dilema komputer (kabel data). Periksa kabel USB yang menghubungkan printer ke komputer, apakah kabel data dalam keadaan baik atau tidak.

Periksa kembali kabel data, pastikan sudah terpasang dengan benar. Anda bisa mencoba memakai kabel data lain untuk melihat apakah kabel data bermasalah atau tidak.

3. Masalah driver printer
Driver printer yang bermasalah sanggup menjadikan dilema dalam proses pengiriman data dari komputer ke printer, hingga terputusnya koneksi printer. Pastikan dulu driver printer terpasang, lantaran bila penyelam tidak terpasang, printer tidak akan sanggup digunakan.

Setelah itu cek kondisi driver, dengan mencoba menjalankan software. Anda bisa mencoba menginstall ulang driver untuk memastikan driver driver yang terpasang tidak bermasalah (lihat juga cara mengatasi printer not responding).

4. Tinta keluar
Jika tinta habis, printer tidak sanggup mencetak dokumen. Printer masih akan berjalan, tapi bukan nada goresan pena atau gambar yang tercetak di atas kertas. Ingat dikala terakhir Anda mengisi tinta, isi ulang bila Anda merasa tinta hilang.

Untuk lebih niscaya anda bisa mengecek tinta catrige, bila head catride tinta kering sudah habis. Jika Anda memakai tinta infus maka akan lebih gampang untuk memeriksa, cukup dengan melihat isi kartrid tinta printer Anda. Anda harus mengisi ulang tinta sebelum habis, dikala konten tinta sekitar 20% menciptakan catridge lebih awet.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

5. Catridge tidak terpasang dengan benar
Catridge yang terpasang dengan benar akan menjadikan printer macet dan tidak berfungsi. Untuk memperbaiki ini, Anda harus membuka catridge dan memasangnya kembali, pastikan kartrid terpasang dengan benar.

6. Kawat kotor - pembersih kepala
Printer kotor akan menjadikan garis-garis cetak (baca: cara mengatasi garis cetak) atau putus, untuk memperbaikinya Anda bisa mencoba melaksanakan pencucian kepala terlebih dahulu.

Cara menjalankan aplikasi perawatan printer di komputer, kemudian klik kepala pembersih. Lakukan pencucian dua atau tiga kepala, kemudian periksa hasilnya.

Jika masih belum terselesaikan, coba lepaskan catridge dari printer, dan lakukan pencucian kepala catridge secara manual dengan menyekanya dengan tisu bersih.

7. Kering tinta
Tinta kering akan menciptakan penyumbatan semprotan tinta di kepala catridge. sehingga printer macet atau gagal mencetak dokumen. Untuk mrngatasinya anda coba melaksanakan deep cleaning terlebih dahulu, atau menanganinya secara manual.

Untuk memperbaiki ini secara manual, lepaskan catridge dari printer. Berhati-hatilah untuk tidak memegang chip pada catridge (lihat juga: penyebab dari printer bergaris).

Siapkan air hangat dalam mangkuk, kemudian celupkan ujung catridge ke dalamnya. Jangan hingga air menyentuh chip. Kemudian kocok catridge hingga tinta di atas catridge meleleh.

Lakukan ini beberapa kali memakai air gres (ganti airnya). Setelah itu angkat dan keringkan catridge dengan tissue higienis atau kain. Pastikan kartrid benar-benar kering sebelum memasangnya kembali di printer.

8. Catridge tidak terdeteksi (rusak)
Jika catridge tidak terdeteksi bahkan sehabis mencoba membersihkan ibarat yang dijelaskan di atas, kemungkinan catridge rusak. Untuk mengatasinya sebaiknya ganti dengan catridge gres (baca juga: cara memperbaiki cartridge).

9. Printer melebihi batas cetak (harus di reset)
Printer mempunyai batas jumlah pencetakan, batas ini diatur oleh produsen printer lantaran beberapa alasan. Jika sudah melampaui batas yang ditentukan, printer akan macet dan tidak akan tercetak lagi. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba mereset printer dengan memakai software resetter yang banyak tersedia di internet.

Baca juga: cara mengatasi printer offline

10. Paper Jam
Paper jam disebabkan oleh kertas atau benda lain yang membawa ke dalam printer. Untuk mengatasinya Anda harus mengeluarkan kertas yang macet.

Pertama matikan printer dan lepaskan kabel daya dan kabel data yang terhubung ke printer. Buka epilog atas atau epilog printer, kemudian buka pemisah kerta.

Pegang kertas tersumbat dan tarik perlahan hingga semua penggalan kertas keluar. Kembalikan separator kertas ke posisi semula, kemudian ganti epilog atau kotak printer. Penanganan kertas biasanya terjadi bila kertas dalam keadaan curl atau melekat pada kertas lain.

11. Kertas dimuat terlalu banyak, atau tebal.
Printer mempunyai batas jumlah kertas yang dimasukkan ke dalamnya. Jika kertas terlalu banyak, gulungannya akan sulit menarik kertas lantaran kertasnya terlalu padat.

Untuk mengatasinya sebaiknya kurangi jumlah kertas yang dimuat. Kertas yang terlalu tebal juga bisa menjadikan gulungan atau roda penarik kertas tidak bisa menarik kertas.

Bisa jadi lantaran kekuatan roll kurang atau lantaran ruang yang tidak mencukupi pada printer. Untuk mengatasinya gunakan kertas yang lebih tipis.

12. Roll penarik kertas rusak
Kemacetan printer juga bisa disebabkan oleh pecahnya gulungan atau roda penarik kertas atau lantaran gangguan yang menjadikan kemampuan rolling melemah.

Untuk memperbaiki cek pertama ini dulu apakah ada gangguan pada roll, contohnya ada objek yang terlibat dalam roda penggerak, sehingga roda tidak bisa bekerja.

Anda sanggup memeriksanya dengan membuka epilog printer, dan menyelidiki susukan masuk dan keluar. Perhatikan juga apakah ada kerusakan pada gulungan, contohnya hook rusak atau lainnya. Jika gulungannya rusak, mau tak mau Anda harus menggantinya.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "12 Penyebab Printer Macet Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel