iklan banner

11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja

Ilustrasi menghilangkan kejenuhan dalam bekerja 11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Tak sanggup dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali menciptakan pikiran jenuh. Apalagi kalau tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menjadikan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya niscaya stres!

Apabila Anda mengalami hal tersebut, percayalah bahwa semua orang yang bekerja juga mencicipi itu. Ya, jenuh dalam bekerja ialah sesuatu yang wajar.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu selalu mengeluh. Apalagi hingga tetapkan resign hanya lantaran jenuh dengan kerjaan.

Sebenarnya rasa jenuh itu sanggup diatasi dengan mudah, kok! Jika Anda resah bagaimana caranya, baca saja tips-tips menghilangkan kejenuhan dalam bekerja di bawah ini.

1. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak

Kadangkala terlalu fokus bekerja menciptakan Anda lupa waktu. Tentunya hal itu tidaklah baik. Sebab, kalau Anda memaksakan otak untuk terus bekerja bahkan di dikala pikiran sudah jenuh, maka karenanya produktivitas akan menurun.

Sebaiknya, ketika Anda mulai lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak. Tak perlu lama, minimal 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar.

Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu semangat Anda sanggup tumbuh kembali.

2. Coba Cari Tahu Penyebab Kejenuhan

Munculnya kejenuhan dikala bekerja tentunya ada sebabnya. Nah, Anda coba identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Apakah dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak? Tugas menumpuk? Deadline terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? Suasana di kantor yang buruk? Atau hal lain?

Dengan mengetahui penyebab dari kejenuhan itu, Anda sanggup menemukan solusinya dengan mudah. Misalnya saja, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, coba deh berkonsultasi dengan manager Anda. Ya, siapa tahu beliau sanggup membantu mengatasi permasalahan Anda.

3. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yakni dengan mencoba melaksanakan kegiatan yang menyenangkan.Misalnya saja, Anda sanggup bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil.

Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda sanggup menyelingi dengan main game atau nonton film. Namun, bila kegiatan tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan.

Hal ini bergantung pada kebiasaan Anda. Jika memang Anda menyukai bekerja sendirian dan fokus pada kiprah saja, ya maka lakukan itu. Intinya, buatlah diri Anda senyaman mungkin.

4. Ciptakan Suasana Baru dengan Mendekorasi Tempat Kerja Anda

Tahukah Anda bahwa bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu usang sanggup memicu kejenuhan, lho! Oleh karenanya, akan sangat menyenangkan bila sesekali Anda mendekorasi daerah kerja.

Semisal nih, Anda kerja sebagai pegawai di perusahan, maka coba deh dekorasi meja kerja Anda. Bersihkan dan tata barang-barangnya biar lebih rapi. Anda juga sanggup meletakkan hiasan untuk mempercantik tampilan, menyerupai pot bunga, bingkai foto, atau benda lainnya.

Apabila daerah kerja Anda sudah jadi lebih menarik, dijamin deh mood Anda dalam bekerja niscaya bakal meningkat.

Baca juga: 10 Cara Menata Ruang Kerja Kantor Anda Agar Nyaman

5. Cobalah Berpikir Positif

Selanjutnya, cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yaitu dengan berpikiran positif. Coba hadapi pekerjaan tersebut secara santai. Jangan dijadikan beban.

Bagaimanapun juga, Anda harus bersyukur dengan posisi Anda dikala ini. Sebab diluar sana masih banyak orang yang nganggur nyari kerja tapi gak dapet-dapet.

Coba pahami itu. Pahami bahwa Anda ialah orang yang beruntung. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani.

6. Untuk Sementara Jangan Lembur, Manfaatkan Weekend untuk Bersantai

Ilustrasi menghilangkan kejenuhan dalam bekerja 11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Mengambil lembur sesekali memang tidak masalah. Namun, ketika pikiran Anda sedang jenuh dan badan sudah benar-benar capek, maka hindarilah bekerja lembur. Jangan memaksakan diri.

Gunakan weekend Anda sebagai kesempatan untuk bersantai. Jika memang butuh liburan, maka lakukan perjalanan ke daerah wisata alam yang menyejukkan.

Tapi bila ingin di rumah, ya di rumah saja. Anda sanggup nonton film bareng pasangan dan anak-anak. Terdengar cukup mengasyikkan, bukan?

7. Coba Saling Sharing dengan Kolega Anda

Ketika pikiran terasa penat dan jenuh dalam bekerja, coba deh sesekali ngobrol dengan kolega Anda di kantor. Anda sanggup sharing dengan mereka wacana bagaimana cara mengatasi kejenuhan atau wacana persoalan lainnya.

Kumpul dan bercanda bersama rekan-rekan kerja itu penting lho! Selain melatih jiwa bersosialisasi Anda, juga bikin pikiran rileks. Ini lebih baik daripada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

8. Ingat Tujuan dan Rencana Masa Depan

Trik selanjutnya untuk menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yakni dengan mengingat tujuan utama Anda. Yakni visi dan misi dalam bekerja.

Untuk apa Anda bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Mengajak orang renta umroh? Nabung buat menikah? Atau lainnya?

Coba ingat-ingat kembali tujuan Anda tersebut. Dengan begitu Anda akan termotivasi kembali.

9. Jangan Dijadikan Beban, Nikmatilah

Jika Anda menjalani pekerjaan hanya lantaran kewajiban tanpa didasari keikhlasan di hati, maka efeknya Anda jadi merasa berat melaksanakan pekerjaan tersebut.

Seolah-olah pekerjaan itu ialah beban yang harus Anda tanggung. Tentunya perasaan tersebut enggak baik.

Jika Anda menganggap pekerjaan sebagai beban, bisa-bisa Anda gampang mengalami kejenuhan dan stres. Sebaliknya, bila Anda menjalani pekerjaan dengan santai maka rasa penat juga sanggup diminimalisasi.

Segala persoalan yang muncul di perkejaan Anda, menyerupai kiprah yang menumpuk, sebaiknya Anda nikmati saja. Anggaplah sebuah potongan untuk mencapai kesuksesan. Sebab sukses itu enggak sanggup didapatkan tanpa pengorbanan.

Baca juga: 10 Tips Agar Pekerjaan Anda Tidak Menjadi Beban

10. Jangan Abaikan Waktu Istirahat, Tidur Malam yang Cukup itu Penting!

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya dengan menjaga jam tidur malam. Usahakan Anda jangan terlalu sering begadang sekalipun untuk urusan kerja.

Sebab kebiasaan itu nggak sehat. Selain bikin pikiran semakin stres, begadang juga menciptakan badan terasa lemas. Oleh karenanya, jagalah waktu tidur Anda dengan baik.

Tidur malam antara 5-8 jam itu sudah cukup dan sanggup membantu pikiran fresh kembali. Yang penting, jangan tidur terlalu larut ya! Minimal jam 10.00 atau 11.00 malam sudah siap-siap untuk tidur. Jangan hingga di atas jam 12.00 malam.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Insomnia (Susah Tidur Malam) Tanpa Obat

11. Jika Perlu, Anda sanggup Cari Pekerjaan Lain Sesuai Passion

Jika memang Anda sudah tidak berpengaruh lagi menanggung beban di pekerjaan Anda, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk resign.

Hal ini sanggup Anda lakukan bila pekerjaan tersebut terlalu berat bagi Anda. Mungkin lantaran gajinya enggak layak, lingkungannya tidak sehat, atau pekerjaan itu enggak sesuai passion Anda.

Turuti saja apa kata hati Anda. Mintalah pendapat dari keluarga juga. Jika memang niat Anda sudah bundar maka lakukan saja! Jangan ragu. Yakinlah bahwa Anda sanggup mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Penutup

Kesimpulannya, cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yang paling utama yakni dengan beristirahat. Jangan paksakan pikiran Anda yang sudah jenuh. Tindakan itu tidak ada gunanya. Namun, justru merugikan!

Jadi mulai sekarang, administrasi waktu kerja Anda secara baik. Ingat kesehatan badan dan cintailah pekerjaanmu. Semoga sukses!


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "11 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan Dalam Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel