iklan banner

Urutan Dalam Meletakan Berkas Pada Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar


Sebelum saya memperlihatkan urutan peletakan posisi berkas atau dokumen lamaran yang ingin kalian isi.
saya ingin menjelaskan sedikit tentang,

kenapasih kita harus urutin berkas lamaran kerja kita ? 
kan yang penting lamaran berkas kita udah masuk didalam amplop coklat itu dan niscaya pihak perusahaan akan melihat satu persatu,jadi gausah kita urutin segala.

Jawabannya.
Iya memang pihak perusahaan atau HRD akan melihat satu persatu berkas kalian meskipun berkasnya isinya acak-acakan.

Namun apakah anggun jikalau kalian menaruh isi berkasnya secara berantakan ?
Emang yang butuh perkerjaan siapa ? 
Yang butuh uang siapa ?

kalian sebagai calon karyawan gres yang ingin melamar diperusahaan yang kalian tuju atau inginkan seharusnya lebih sopan lagi dalam bertingkah laris termasuk dalam hal menyerupai ini.


karna yang sebelum dilihat isi dari lamaran pekerjaan kalian yaitu bagaimana peletakan kalian dalam mengurutkan berkasnya.
rapih atau tidak. lecak atau tidak. kotor atau tidak. Ini juga termasuk nilai penting bagi kalian.

Untuk itu pada kali ini saya akan memperlihatkan bagaimana cara meletakkan posisi atau urutan berkas-berkas yang baik dan benar pada lamaran pekerjaan kalian.



baca juga : menulis lamaran kerja dengan benar

Urutannya adalah

1. FOTO
Foto ialah yang pertama pada dikala peletakan berkas atau dokumen.
foto ini sudah menjadi kebiasaan umum para pelamar kerja untuk menaruh nya dibagian paling depan.

karna foto ini sangat kecil dibandingkan dengan yang lainnya, oleh lantaran itu foto diletakan pada bab pertama biar pihakn perusahaan lebih gampang melihatnya.

2. KTP 
Ini juga menjadi salah satu yang sudah biasa dilakukan oleh para pelamar kerja.
Kartu Tanda Penduduk ini memang tidak abnormal lagi diharapkan dalam hal segi apapun.

Kaprikornus jikalau kalian belum mempunyai KTP padahal kalian sudah berumur, segeralah bikin KTP ini biar kita diakui oleh negara kita sendiri

3. NPWP
Lembaran ini sama bentuknya menyerupai KTP, ini juga yang akan diletakan bersamaan dengan KTP.
Namun jikalau kalian belum mempunyai ini tidak usah khawatir. karna tidak semua PT mengharuskan kalian untuk memperlihatkan berkas NPWP ini.

4. Lamaran Pekerjaan
Lamaran ini harus menjadi yang paling terlihat sehabis 3 berkas kecil diatas itu.
karna pada kertas lamaran kerja ini berisi ihwal apa yang ingin kalian berikan pada perusahaan tersebut menyerupai CV, SKCK, KK, AKTE dan yang lainnya.

5. Daftar Riwayat Hidup
CV ini juga penting diisi pada dikala peletakan lamaran pekerjaan.
lantaran CV ini berisi ihwal Riwayat Hidup kalian selama kalian tinggal di bumi ini mulai dari Identitas, Pendidikan, dan Pengalaman kalian.

6. Ijazah 
Ijazah ini berkas yang penting sebagai bukti bahwa kalian sudah lulus dalam berpendidikan.

7. SKHUN/Transkip nilai.
Ini juga bukti lainnya yang ini berisikan nilai kalian semasa kalian sekolah.
Tapi jangan khawatir jikalau kalian mempunyai nilai yang kecil/kurang. karna tidak semua perusahaan melihat nilai kalian

8. SKCK
Surat ini penting kalian miliki pada dikala ingin melamar pekerjaan.
karna ini salah satu bukti kalian tidak mempunyai catatan kriminalitas apapun yang menyangkut dengan pihak yang berwajib (polisi).

9. Kartu Tanda Pencari Kerja ( Kartu Kuning )
Kertas ini jadi syarat penting pada dikala melamar pekerjaan. jikalau tidak ada surat ini maka kemungkinan besar lamaran kita akan diabaikan oleh pihak perusahaan.

10. Surat Keterangan Sehat Dokter
Surat ini sebagai bukti bahwa kalian dalam keadaan sehat. karna perusahaan tidak ingin mempunyai karyawan yang mempunyai penyakit.
Kaprikornus kalian harus mempunyai surat dokter ini biar terlihat sehat oleh HRD nanti.

11. Sertifikat paklaring kerja
sertifikat ini tidak wajib dicantumkan jikalau kalian belum mempunyai pengalaman kerja apalagi tidak ada sertifikatnya.
untuk kalian yang masih Fresh Graduate kalian sanggup mengganti paklaring kerja ini dengan akta Praktik Kerja Industri atau PKL.

12. Sertifikat Pendukung
Ini tidak terlalu penting, tapi jikalau kalian mempunyai akta pendukung menyerupai dikala berorganisasi, mengikuti lomba, silahkan dicantumkan.

Kaprikornus jikalau disingkat urutannya ialah :

  • Pas Foto 
  • KTP
  • NPWP
  • Lamaran Pekerjaan
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Ijazah
  • SKHUN/Transkip Nilai
  • SKCK
  • Kartu Kuning
  • Surat Dokter
  • Sertifikat Paklaring
  • Sertifikat Pendukung

Penting : Dalam peletakan Foto. KTP, dan NPWP sebaiknya disatukan dibagian atas sebelah kiri.
Berikan clip bersamaan dengan kertas lamaran pekerjaan kalian biar tidak jatuh kebawah.
Jangan di steples pada bab tersebut
Jangan memakai plastik pada foto tersebut. biarkan saja terbuka

Contoh Gambar :


baca juga : cara menjawab soal tes aritmatika dengan baik dan benar

Mungkin itu saja yang sanggup saya berikan kepada kalian. Ini hanya saran dari saya saja, apabila kalian merasa tidak cocok dengan apa yang saya berikan dan jelaskan silahkan kalian mencari acuan lainnya.

Silahkan komentar apa saja yang sesuai dengan yang kalian fikirkan, biar sanggup saya perbaiki jikalau ada keasalahan.

baca juga : teladan soal psikotes analog ekspresi dan jawabannya
Sumber http://tipsipit.blogspot.com

0 Response to "Urutan Dalam Meletakan Berkas Pada Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel