iklan banner

Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda Punyai

Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda Punyai Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda PunyaiProses rekrutmen karyawan tidak bisa Anda abaikan begitu saja, alasannya yaitu karyawan yang Anda rekrut tersebut akan kuat terhadap kinerja perusahaan. Di awal perjuangan boleh saja Anda merasa seluruh aspek dari perjuangan Anda bisa Anda kelola secara personal. Tetapi dalam batas tertentu, acara perjuangan Anda akan berkembang dan semakin kompleks. Di ketika inilah penting untuk Anda melaksanakan proses seleksi karyawan. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas mengenai salah satu aspek atau tips rekrutmen karyawan, yakni menyusun deskripsi kerja.


Apa bahu-membahu deskripsi kerja? Deskripsi kerja yaitu citra akan kiprah dan kewajiban karyawan dalam perusahaan. Apa saja yang harus mereka rampungkan tiap harinya, sasaran bulanan mereka dan titik pencapaian yang perlu mereka dapatkan di tamat periode.


Di sini juga perlu Anda sertakan, apa yang akan mereka dapatkan dengan pekerjaan mereka, apa yang Anda bisa janjikan dengan pencapaian yang berhasil mereka dapatkan dan apa eksekusi yang akan mereka dapatkan ketika mereka gagal atau melanggar peraturan perusahaan. Deskripsi kerja kadang disamakan dengan perjanjian kerja. Karena secara umum memang berisi perihal kewajiban dan hak dari karyawan dan Anda selaku pengguna tenaga mereka.


Sayangnya banyak perusahaan yang menentukan mengabaikan urusan penyusunan deskripsi kerja di awal ketika mereka melaksanakan rekrutmen karyawan. Sehingga setiap karyawan hanya akan mendapatkan citra pekerjaan mereka secara verbal dan garis besar, tanpa benar-benar memahami titik pencapaian yang Anda harapkan dan batasan yang perlu mereka patuhi.


Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyusun deskripsi kerja sebagai bab dari tips rekrutmen karyawan yang sukses. Dan untuk itu kami akan bagikan beberapa alasan fundamental sekaligus manfaat kenapa penyusunan deskripsi kerja menjadi salah satu bab penting tips rekrutmen karyawan.


7 Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda Punyai



  1. Memastikan kiprah karyawan dalam perusahaan

    Dengan memahami dengan baik apa saja tugas, kewajiban dan hak mereka, karyawan juga akan memahami apa kiprah mereka bagi perusahaan. Ketika seorang karyawan memahami bahwa mereka mempunyai kiprah bagi perusahaan, mereka akan merasa menjadi lebih penting dan bekerja lebih efektif.

    Di sisi lain perusahaan akan memahami dengan baik kiprah karyawan alasannya yaitu kiprah mereka sudah diterjemahkan secara tertulis. Anda akan mengetahui apakah karyawan Anda memang memberi andil dalam keberhasilan perjuangan Anda dan akan menjadi materi pertimbanganselayak apa Anda seharusnya menandakan balas jasa Anda.

  2. Menunjukan impian dan target

    Karyawan yang sudah mengantungi deskripsi kerja akan memahami apa saja kiprah mereka. Tak hanya itu seharusnya mereka jadi mengetahui apa yang perusahaan harapkan dari mereka dalam menyelesaikan kiprah mereka. Deskripsi akan menjadi parameter titik keberhasilan dan kegagalan mereka, sekaligus menjadi titik sasaran mereka sehingga sanggup bekerja dengan lebih fokus dan efektif.

  3. Sebagai contoh penentuan kualifikasi

    Setiap posisi karyawan, bahu-membahu membutuhkan kualifikasi tertentu. Dengan deskripsi kerja Anda bisa mendaftar apa saja pekerjaan dan sasaran yang harus mereka lakukan dan dari sana Anda akan menerima citra personal yang ibarat apa yang sekiranya akan bisa menjalankan pekerjaan dan mencapai sasaran tersebut.

    Gambaran dalam deksripsi kerja ini akan memudahkan Anda dalam merumuskan metode rekrutmen, menunjukkan sistem pengetesan, wawancara dan penentuan keputusan dalam menjatuhkan pilihan.

  4. Sebagai dasar batasan hubungan kerja

    Ada hal-hal yang perlu Anda atur diluar aspek kiprah dan target, ibarat hal-hal terkait batasan hubungan antara perusahaan dan karyawan. Termasuk hal-hal terkait ketentuan kerja ibarat jam kerja, sistem lembur, sistem koordinasi, ruang lingkup, batasan wilayah dan sebagainya. Semua hal tersebut juga harus Anda perhatikan dalam proses rekrutmen karyawan.

  5. Untuk dasar evaluasi

    Bagi perusahaan deskripsi kerja terperinci akan menjadi contoh dasar apakah pekerjaan karyawan mereka sudah memenuhi harapan. Mereka bisa membandingkan hasil kerja mereka secara nyata dengan target-target yang sudah tercantum dalam deskripsi kerja dan menjadikannya dasar evaluasi.

  6. Penentuan bonus, hadiah dan hukuman

    Setelah penilaian terperinci Anda akan menunjukkan imbalan untuk setiap hasil yang dicapai. Biasanya di tamat periode Anda akan menunjukkan imbalan bonus atau hadiah kepada karyawan dengan pekerjaan terbaik, hasil kerja paling optimal dan memuaskan dengan pencapaian yang paling sesuai dengan sasaran Anda.

    Selain dukungan bonus, kadang dari hasil penilaian ini Anda juga bisa menunjukkan hukuman, hingga pada hal terkait kenaikan jabatan, pemutusan hubungan kerja, penutupan kontrak dan lain sebagainya.

  7. Menjadi tonggak untuk keharmonisan hubungan

    Ketika deskripsi kerja disepakati, artinya pihak karyawan sudah memahami dan mendapatkan setiap poin dalam deksripisi kerja. Artinya pula mereka oke menjalankan pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang telah Anda susun. Seharusnya dengan kesepakatan ini kedua pihak bisa bekerja dengan serasi dengan meminimalisir konflik di antara kedua pihak.


Ada banyak manfaat dalam menyusun deskripsi kerja sebagai bab penting tips rekrutmen karyawan. Kaprikornus kenapa Anda harus melewatkan dan mengabaikannya?


sumber gambar: talenetic.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Tips Rekrutmen Karyawan Yang Harus Anda Punyai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel